Wisata Sejarah Monumen Jogja Kembali yang Unik dan Menarik

Jogja memang istimewa. Julukan tersebut memanglah sangat tepat sekali untuk sebuah provinsi yang kaya akan budaya. Di daerah yang dipimpin oleh seorang raja ini memang terkenal dengan banyaknya berbagai seni budaya tradisonal yang masih eksis sampai saat ini. Oleh karena hal ini, maka tidaklah mengherankan jika banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang mengunjungi provinsi yang istimewa. Selain kaya akan budaya, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisatawan bernuansa alam sampai bernuansa sejarah. Salah satunya adalah wisata monument Jogja kembali.

Mengenal Obyek Wisata Monumen Jogja Kembali

Monument jogja kembali merupakan sebuah tempat yang sangat terkenal di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan yang satu ini memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi bangsa Indonesia. Bangunan bersejarah ini adalah sebuah bukti perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah yang ingin kembali menguasai negara tercinta ini. Monumen Jogja kembali mengingat kepada bangsa Indonesia tentang peristiwa serangan umum 1 Maret 1949 yang terjadi di Yogyakarta.

Di era kemerdekaan ini, monumen bersejarah yang berada di Yogyakarta ini menjadi salah satu obyek wisata yang menarik. Monumen jogja kembali atau lebih dikenal dengan istilah monjali menjadi sebuah tempat rekreasi yang menarik di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. obyek wisata bersejarah ini berada di Jalan Ringroad Utara No. 15, RW 21, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada Obyek wisata Monumen Jogja Kembali ini, para pengunjung dapat mempelajari dan menghayati perjuangan para pahlawan dalam merebut wilayah Yogyakarta dari tangan penjajah Belanda.

Ketika para wisatawan mengunjungi monumen yang terletak di Kabupaten Sleman ini, maka mereka dapat menyaksikan napak tilas perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah dari wilayah Yogyakarta. di dalam bangunan monumen yang berbentuk kerucut ini terdapat museum yang menyimpan benda-benda bersejarah pada waktu serangan umum 1 Maret 1949. Selain itu, terdapat pula gambar dan patung-patung yang mengisahkan perjuangan para pahlawan dalam merebut kembali Kota Yogyakarta dari tangan Belanda.

Selain bangunan museum, pada wisata monumen jogja kembali ini juga terdapat sebuah taman yang sangat menarik. Taman wisata Monumen jogja kembali ini sering disebut dengan nama taman pelangi. Pada taman ini, disediakan berbagai macam wahana permainan yang sangat menarik. di tempat ini, para wisatawan dapat menaiki berbagai wahana yang telah disediakan atau hanya duduk santai pada kursi-kursi taman yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Pada obyek wisata bersejarah di Yogyakarta ini telah terdapat berbagai fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Pada lokasi rekreasi, para pengunjung dapat dengan mudah menjumpai berbagai toko atau warung penyedia makanan dan minuman. Selain itu, terdapat pula toilet, musholla, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Dengan adanya sarana dan prasarana pendukung tersebut, maka para wisatawan merasa nyaman saat berkunjung ke wisata monjali yang terkenal ini.

Untuk lokasinya, obyek wisata monumen jogja kembali ini sangat mudah untuk dijangkau. Hal ini disebabkan bangunan bersejarah tersebut tempat berada disamping jalan Ringroad utara yang sangat ramai. Selaan ramai, jalur ringroad utara ini juga dilalui oleh berbagai moda transportasi, dengan demikian, maka para wisatawan dapat dengan mudah menjangkau lokasi obyek wisata monjali di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain lokasi yang mudah dijangkau, harga tiket dari obyek wisata monumen jogja kembali pun tergolong cukup murah. Para wisatawan hanya perlu membayar retribusi masuk sebesar 10 ribu rupiah. Dengan membayar tiket masuk tersebut, pengunjung dapat menikmati pesona wisata bersejarah yang menarik dan unik di Yogyakarta.

Leave a Reply