Wisata Kuliner Sragen yang Patut Dicoba

Wisata kuliner menjadi suatu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur, apalagi ketika berlibur ke kota-kota yang memang terkenal akan makanan khasnya. Seperti halnya bila Anda berkunjung ke Sragen, Sragen merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang memiliki beragam makanan khas. Untuk itu bila Anda berkunjung ke Sragen jangan sampai melewatkan kuliner yang ditawarkan karena Anda tidak akan dapat menemukannya di kota-kota lainnya. Nah pada artikel ini akan dibahas mengenai wisata kuliner Sragen yang patut untuk Anda coba, bila Anda penasaran baca sampai habis ya!

Sragen terletak di sebelah timur Kota Surakarta yang berjarak kurang lebih 30 km, berbatasan dengan empat kabupaten yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali. Sehingga tidak mengherankan apabila kabupaten ini memiliki kuliner yang cukup beragam karena memang Kabupaten Sragen berbatasan dengan kabupaten lain yang tentunya memiliki ciri khas makanan tersendiri. Sebab itu beragamnya kuliner khas ini digunakan sebagai ladang keuntungan untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke Sragen. Berikut ini sudah dihimpun informasi tentang masakan khas Sragen yaitu sebagai berikut.

Wisata Kuliner Sragen yang Sayang Bila Dilewatkan

  1. Botok Mercon

Kuliner khas Sragen yang pertama adalah Botok Mercon, bagi Anda yang belum mengetahui Botok Mercon ini merupakan olahan ikan patin dengan bumbu-bumbu khas yang dikukus dengan daun pisang. Seperti namanya Botok Mercon ini memang memiliki cita rasa yang begitu pedas sehingga dijuluki mercon. Botok Mercon ini tentunya akan sangat memanjakan lidah Anda yang menyukai makanan pedas, tetapi bagi Anda yang antipati dengan makanan pedas sebaiknya tidak usah coba-coba. Makanan ini begitu laris sehingga tidak jarang pejabat-pejabat mampir untuk sekadar merasakan kepedasan dari Botok Mercon ini. Untuk dapat menikmati Botok Mercon Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena harga satu bungkus botok ini hanya sebesar Rp. 3.500 saja, sangat terjangkau bukan? Bila Anda tertarik untuk mencoba botok mercon ini Anda bisa datang ke Dusun Tenggak, Desa Nglombo, Kecamatan Sidoharjo dekat jembatan Nggawan.

  1. Sate Kelinci Pak Peng

Yang kedua ada Sate Kelinci Pak Peng yang menyajikan menu unik yaitu sate berbahan dasar kelinci. Apabila biasanya Anda makan sate kambing atau ayam disini Anda dapat mencoba merasakan pengalaman baru dengan masakan khas berupa sate kelinci. Sate kelinci ini diolah dengan bumbu-bumbu khas yang akan menghasilkan kelezatan khas yang tidak bisa Anda dapatkan di warung manapun. Sehingga bila Anda berkunjung ke Sragen jangan lupa untuk membeli sate kelinci di warung Pak Peng ini. Tetapi jangan kaget bila Anda harus mengantri panjang untuk dapat merasakan cita rasa dari sate kelinci ini karena memang antusiasme masyarakat akan Sate Kelinci Pak Peng sangat tinggi. Anda dapat datang langsung ke lokasi untuk membuktikan sendiri kelezatannya yang berlokasi di jalan arah Solo-Ngawi, Ngrampal sekitar 5 km dari Kota Sragen.

  1. Soto Girin

Kuliner Sragen berikutnya adalah Soto Girin yang bisa dikatakan sebagai kuliner paling fenomenal dan legendaris dari Kabupaten Sragen. Disebut sebagai kuliner legendaris karena kedai dari soto girin ini sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Walaupun begitu cita rasa dari soto ini masih belum memudar dan masih konsisten, dengan aroma dan bumbu khas yang dikeluarkan dari soto girin. Apalagi cara memasaknya masih mempertahankan cara tempo dulu yaitu menggunakan kuali dan arang sehingga wajar bila cita rasa dari soto girin ini tidak berubah sejak dulu. Ditambah dengan aroma khasnya yang akan membuat pengunjung akan kembali lagi untuk menikmati kelezatan soto girin khas Sragen. Untuk dapat menikmati soto ini Anda bisa datang langsung ke kedainya yang beralamat di Jalan Raya Sukowati No.448, Sragen Wetan.

Demikian beberapa kuliner Sragen yang patut Anda coba, disamping karena cita rasa khasnya Anda juga tidak akan bisa menemukannya di daerah lain. Untuk itu bila Anda sedang berkunjung ke Sragen jangan sampai melewatkan wisata kuliner di atas ya!

Leave a Reply