Wisata Kuliner Membakar Lidah di Serang

Ketika mendengar kata Banten, biasanya otak kita akan langsung mengintegrasikannya dengan kata lain yaitu Serang. Hal itu wajar saja terjadi karena memang pada hakikatnya Kota Serang merupakan salah satu kota kecil di wilayah Provinsi Banten. Kota Serang ini berbatasan dengan beberapa daerah lain yaitu Tangerang dan Cilegon. Saat anda berkunjung ke Banten, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Serang juga karena disini anda akan dimanjakan dengan berbagai macam kuliner khas. Dan berita baik bagi anda pencinta makanan pedas sebab di kota ini anda akan menemukan berbagai macam makanan pedas khas Serang yang sayang bila dilewatkan.

Di Serang kebanyakan makanannya memang memiliki rasa masam dan pedas, selain itu banyak menggunakan bahan dasar dari sayur mayur serta ikan. Sehingga bisa dibanyangkan sendiri bila di kota ini memiliki beragam jenis makanan yang siap memanjakan lidah anda. Dan seperti yang telah disinggung di atas bahwa kota ini cenderung memiliki cita rasa khas yaitu pedas, sehingga tidak mengherankan bila disini anda dapat menjumpai berbagai macam olahan makanan yang memiliki rasa pedas yang menggetarkan lidah. Nah berikut ini beberapa makanan pedas dari Serang yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba ketika anda berkunjung ke Kota Serang.

Daftar Makanan Pedas Khas Serang yang Dapat Membakar Lidah

  1. Ayam Bakar Bekakak

Menu Ayam Bakar Bekakak khas Serang ini merupakan salah satu menu andalan yang sangat sayang bila dilewatkan. Ayam Bakar Bekakak merupakan olahan ayam dengan bumbu dan rempah-rempah khas yang menjadikan cita rasa dari ayam ini begitu berbeda dan tentu saja mengena di lidah. Ayam bakar ini memiliki rasa pedas dan asam yang begitu khas sehingga berbeda dengan ayam bakar kebanyakan yang memiliki cita rasa manis kecap. Beberapa rumah makan yang menyediakan menu ini yaitu Rumah Makan Damai di daerah Cimuncang dan Kedai milik Bu Juhariah di Jalan K.H. TB. Khotib Nomor 86 Kedalingan.

  1. Rabeg

Kuliner pedas khas Serang berikutnya adalah Rabeg, bagi anda yang berdomisili diluar Serang tentunya akan merasa asing dengan makanan ini. Tetapi sekali anda merasakan tentu saja akan ketagihan, apalagi bagi anda yang menyukai olahan daging kambing. Karena Rabeg ini merupakan olahan daging kambing atau jeroan kambing yang serupa dengan semur dengan dibumbui pedas. Memiliki rasa campuran antara gurih dan pedas yang sangat pas dan menghasilkan rasa yang begitu lezat. Rabeg ini akan lebih nikmat bila dinikmati ketika masih hangat karena kelezatannya menjadi berlipat-lipat.

  1. Sambal Burog

Makanan yang satu ini cukup berbeda dengan kedua makanan di atas, karena makanan itu tidak terbuat dari daging. Seperti namanya yaitu Sambal Burog tentu saja masakan ini memiliki rasa yang pedas dan sedikit asam. Dimana pedasnya cabai, asam jawa dan bumbu-bumbu lainnya yang dicampur dengan kulit melinjo atau kulit tengkil berwarna merah sebagai bahan utamanya.

  1. Godog Uyah Asem

Berikutnya ada Godog Uyah Asem yang merupakan makanan semacam gulai yang berisi daging sapi, babat atau usus dan memiliki kuah yang mempunyai rasa asam, asin dan pedas. Makanan pedas khas Serang yang satu ini biasanya dijadikan lauk untuk nasi uduk dan dilengkapi dengan emping. Makanan ini bisa anda temukan di kedai daerah Magersari atau warung kaki lima di sekitar Pasar Lama.

Nah itulah beberapa makanan pedas khas Serang yang patut untuk anda coba, semoga informasi ini dapat membantu dan menginspirasi anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply