Wisata Alam Malang: Pantai Balekambang, Pesona, dan Aktivitas Wisata yang Patut Dinanti

Wilayah Nusantara Indonesia sungguh memiliki wisata alam yang tidak ada habisnya, baik itu yang sudah diresmikan atau bahkan belum terjamah sekalipun. Wisata alam Malang contohnya, memiliki Pantai Balekambang yang bahkan dikenal sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur. Tentu saja, ada alasan dibalik sebutan ini. Jika anda mulai tertarik dengan pantai satu ini, alangkah baiknya bila kita membicarakannya lebih jauh dalam kesempatan ini. Pantai Balekambang merupakan wisata alam yang patut dinanti. Oleh karenanya, patut adanya bagi kita mempertimbangkan pantai ini sebagai salah satu destinasi wisata kita bila berkesempatan pergi ke Jawa TImur, lebih tepatnya ke Malang.

Indahnya Pantai Balekambang Untuk Dinikmati

Hal pertama yang tentunya banyak orang nantikan dari destinasi wisata tidak lain adalah pesona keindahan yang ditawarkan. Bagaimana dengan Pantai Balekambang sehingga pantai ini bisa disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur? Terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang, pantai ini memiliki hamparan laut yang luas sejauh mata memandang. Selain itu, airnya yang jernih membuat destinasi wisata Malang ini semakin indah tak terkira. Ditambah dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar dan pantai berkarang, pantai ini menjadi pilihan yang tepat untuk rileks dan menghindar sejenak dari kebisingan dan kesibukan hidup di kota.

Tentu saja, hal ini mungkin adanya terjadi karena pantai ini memiliki suasana yang tenang dan udara sejuk yang khas ditemukan hanya di pantai. Selain itu, pantai ini juga menyuguhkan pesona 3 pulau kecil yang berada di sekitar pantai dan semuanya terhubung dengan jembatan. Tiga pantai tersebut adalah Pulau Anoman, Pulau Ismoyo, dan Pulau Wisanggeni. Bahkan di Pulau Ismoyo terdapat Pura Amarta Jati, tempat di mana umat Hindu beribadah dan melakukan prosesi upacara. Oleh karena itulah, destinasi wisata alam Malang ini kerap kali disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur karena kemiripannya dengan Tanah Lot and Pura-nya di Pulau Bali. Bukankah tempat ini menarik?

Aktivitas Yang Dilakukan di Pantai Balekambang

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, tentu saja. Pertama-tama, anda bisa bermain dengan air laut di bibir pantai asalkan tidak ada larangan akan gelombang ombak yang besar. Bermain dengan ombak memang menyenangkan, tetapi ada kesenangan tersendiri yang bisa dinanti bila air sedang surut. Pantai Balekambang adalah destinasi wisata alam indah di Kota Malang. Ketika air surut, anda dapat melihat indahnya karang laut, ikan hias, dan biota laut lainnya di dalam air. Jangan lupakan momen-momen tertentu di mana tradisi-tradisi adat masyarakat sekitar masih dilakukan, seperti upacara Suroan dan Jalanida Puja.

Upacara-upacara tersebut layak untuk disaksikan. Kemudian ketika matahari mulai terbenam, pesona senja hari di pantai ini semakin memukau dengan semburat sinar matahari dan siluet pura-pura yang ada. Tentu saja, anda berkesempatan untuk mencoba sport pantai seperti flying fox di wahana outbond jika anda memiliki keberanian dengan ketinggian. Selain menghabiskan waktu untuk bermain, anda juga bisa menikmati seafood di pantai, dengan membeli seafood di pasar terdekat dan membakarnya sendiri di pantai atau mengunjungi resto dan warung makan yang berjejer di tepi pantai. Pilihan apapun yang anda pilih, wisata alam Malang di pantai ini sungguh patut untuk dinanti.

Leave a Reply