Valak, Sosok Hantu Nyata Pemimpin Neraka

Jika Indonesia mengenal hantu seperti pocong, genderuwo atupun kuntilanak, hantu kancah internasional yang baru saja menjadi sangat terkenal adalah valak. Ya benar, hantu yang biasa disebut valax, volac vali, ataupun valac ini merupakan sosok yang baru saja diangkat menjadi sebuah film oleh seorang produser bernama James Wan. Tak hanya sekali, produser ini mengangkat sosok mistis ini menjadi dua film sekaligus. Pertama sosok ini dikisahkan dalam film The Conjuring 2 sebagai setan pengganggu di rumah Enfield dan film kedua mengisahkan asal muasal valax dalam film The Nun. Dengan mengangkat sosok ini, kedua film berhasil menyihir penonton dengan rasa ketakutan.

Hantu Nyata?

Meskipun berhasil membuat penonton sulit untuk melupakan sosok valax setelah mereka menyaksikan kedua film yang diproduksi oleh James Wan. Nyatanya tidak banyak yang tahu bahwa sosok ini bukan sekedar sosok imajinasi dari sang produser. Sosok ini terinspirasi dari kisah seorang paranormal yang mengaku pernah bertemu dengan makhluk ghaib satu ini. Lorraine Warren adalah seorang wanita yang mengaku pernah di datangi dan diganggu oleh makhluk tersebut. Dia juga menceritakan bahwa sosok itu meciptakan pusaran angina hingga mengangkat tubuhnya menyatu dengan pusaratn tersebut. Hal ini menjadikan Warren sangat ketakutan dan tak lagi memiliki keinginan untuk bekerja sebagai paranormal.

Selain didasari pada kisah Warren, sosok volac dikisahkan dalam buku mantra abad 17 berjudul The Lesser Key of Solomon. Dalam buku ini diceritakan bahwa sosok menyeramkan ini merupakan pemimpin atau raja dari neraka yang memiliki tiga puluh pasukan setan. Sosok ini digambarkan sebagai anak kecil yang memilik sayap dan terbang menggunakan naga berkepala dua. Meskipun di kedua film sosok ini digambarkan berbeda dengan ilustrasi yang ada di buku, banyak yang berpendapat bahwa kedua makhluk yang dibicarakan adalah sosok yang sama.

Seperti makhluk mistis lainnya, sosok ini juga memiliki kekuatan yang dahsyat. Jika di film hanya dikisahkan dengan kemampuan menggerakkan benda yang ada di rumah, pada kenyataannya sosok ini mampu membuat pusaran angina yang dahsyat dan mengikutkan manusia berputar didalamnya seperti angina tornado. Selain itu, sosok ini juga dapat dijadikan sebagai informan untuk menemukan harta karun, tentu dengan imbalan yang sesuai layaknya kegiatan pesugihan di Indonesia.

Saking mistisnya sosok ini, saat pembuatan dan pemutaran film juga ada hal aneh yang dirasakan. James Wan sebagai sutradara dari kedua film yang mengisahkan sosok ini menceritakan bahwa sepulang dari ia menulis naskah, pintu mobilnya membuka dan menutup sendiri tanpa ada manusia yang melakukannya, lampunya juga berkedap kedip sendiri seperti yang ada di film. Selain itu, ia juga mengaku bahwa anjingnya terus-terusan menggonggong ke arah tempat dudug belakang padahal tidak ada siapapun di sana. Sering denger kan ya, kalau hewan memiliki ketajaman sendiri dengan makhluk halus? Jangan-jangan ini sosok yang di film.

Selain sang sutradara, para pemain film yang mengangkat cerita valak ini juga mengalami kejadian janggal yang menakutkan. Beberapa actor mengakui adanya cakaran pada tubuhnya tanpa mengetahui kapan cakaran muncul dan apa penyebabnya. Cukup serem ya? Tak berhenti di situ saja, kemistisan semakin dirasakan ketika ada penonton yang kemasukan setan atau kesurupan setelah menonton film tersebut. Ada juga penonton Indonesia yang melihat penampakan pada foto selfi saat dia menonton filmnya.

Leave a Reply