Home > Mistis > Teror Sundel Bolong Yang Mengerikan

Teror Sundel Bolong Yang Mengerikan

Di Indonesia mitos mengenai hantu selalu menjadi perbincangan yang menarik sekaligus menegangkan di masyarakat untuk kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Terdapat banyak macam hantu wanita yang seram di nusantara dan kita ketahui ceritanya dari orang tua atau nenek dan kakek kita sewaktu kecil dulu. Meskipun cerita mengenai hantu tersebut terkadang hanya fiktif atau sekedar untuk membuat takut anak kecil agar tidak keluar malam dan segera tidur, namun tetap saja cerita hantu melekat pada budaya Indonesia. Hantu yang sudah sering kita kenal karena menyeramkan dan sudah sering dibuat film di tanah air kita diantaranya Sundel bolong.

Hantu penebar teror yaitu sundel bolong konon dikisahkan tinggal di pohon beringin. Mitos sundel bolong umumnya digambarkan oleh masyarakat sebagai seorang wanita cantik dengan rambut panjang yang mengenakan gaun putih namun punggungnya berlubang menganga sehingga ketika hantu tersebut menampakkan diri kepada manusia organ tubuh bagian dalamnya juga terlihat. Punggung berlubang ini yang membuat sundel bolong tampak mengerikan hingga terkenal di kalangan masyarakat.

Sundel bolong menurut cerita yang menyebar luas di masyarakat adalah penampakan dari arwah penasaran seorang wanita yang kehilangan nyawanya setelah diperkosa kemudian hamil. Di dalam kuburnya, wanita tersebut melahirkan bayinya melalui punggung. Namun sangat naas kondisi bayi yang dilahirkan oleh wanita tersebut sudah mati. Keadaan tragis tersebut yang menyebabkan punggung wanita itu berlubang. Karena wanita tersebut melhirkan bayinya dalam kubuh dan sudah keadaan mati, hal ini menyebabkan timbulnya mitos di masyarakat bahwa sundel bolong suka menculik anak kecil atau bayi sebagai pengganti bayinya yang mati.

Kisah Teror Sundel Bolong

Karena peyebab kematian wanita tersebut dianggap tidak wajar yaitu diperkosa kemudian dibunuh, membuat arwah wanita tersebut penasaran sehingga gentayangan dan membuat teror untuk membalaskan dendamnya kepada para pelaku yang turut andil dalam kasus pemerkosaan dan juga pembunuhannya. Hal tersebut yang membuat teror sundel bolong terkenal di masyarakat sekitar. Sundel bolong membuat teror dengan menampakkan diri kepada orang yang malam hari melewati tempat sepi. Karena wujudnya sebagai seorang wanita cantik, terkadang sundel bolong menarik perhatian laki-laki yang mata keranjang untuk menggodanya setelah itu sundel bolong menampakkan punggungnya yang berlubang untuk membuat takut laki-laki tersebut.

Ada beberapa cerita yang tersiar mengenai teror sundel bolong salah satunya kisah  seorang laki-laki yang bekerja sebagai tukang ojek di Yogyakarta ketika dalam perjalanan kembali ke pangkalan setelah mengantar penumpangnya. Di tengah berjalan, tukang ojek tersebut melihat wanita cantik dengan rambut panjang dan mengenakan gaun putih. Karena profesinya sebagai tukang ojek, ia meawarkan wanita tersebut untuk menggunakan jasa ojeknya. Ketika di tengah perjalanan wanita tersebut meminta turun dan ketika akan menagih uang untuk jasa ojeknya, tukang ojek tersebut mengarahkan pandangannya kepada wanita tersebut namun wanita itu posisinya membelakangi tukang ojek. Tukang ojek tersebut sangat kaget ketika melihat punggung wanita penumpangnya yang berlubang. Karena panik dan ketakutan tukang ojek tersebut langsung pergi mengendarai motornya.

Dipercaya bahwa teror sundel bolong akan berhenti setelah arwahnya tenang dengan melakukan pembalasan dendam kepada pelaku yang memperkosanya. Cerita mengenai sundel bolong yang meneror masyarakat bukan digunakan hanya sekedar untuk menakuti anak kecil agar lekas tidur namun harus kita jadikan pelajaran agar kita tidak melakukan hal yang menyimpang dari norma seperti memperkosa dan menghilangkan nyawa orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *