Tempat Yang Dipercaya Sebagai Pintu Gerbang Kerajaan Nyi Roro Kidul

Nyi Roro Kidul merupakan kisah legenda paling popular di Indonesia. hampir semua orang mengenalnya, bahkan sudah sering dijadikan cerita di sebuah film. Nyi roro kidul merupakan ratu penguasa laut kidul yang memiliki paras cantik. di setiap tempat memiliki cerita yang berbeda-beda tentang ratu nyi roro kidul. Berbagai mitos tersebar di masyarakat dan tersebar dari mulut ke mulut. Berikut ini beberapa tempat yang dipercaya sebagai pintu gerbang kerajaan Nyi roro kidul.

Pantai Parangtritis

Dari dulu pantai parangtritis terkenal sebagai pintu gerbangnya kerajaan nyi roro kidul. Destinasi wisata popular di jogjakarta ini memiliki banyak mitos tentang nyi roro kidul. Seperti dilarang memakai baju warna hijau. Karena warna hijau merupakan warna kesukaan nyi roro kidul dan bisa ditarik ke sitananya untuk dijadikan pelayanan.  Pantai parangtritis juga dijadikan tempat ritual persembahan pada malam 1 suro. Hal ini membuat suasana di pantai ini semakin mistis.

Pantai Parangkusumo

Pantai parangkusumo terletak di bantul yogyakarta, pantai ini juga terkenal sebagai pintu gerbang kerajaan nyi roro kidul. Pantai ini lokasinya tidak begitu jauh dari pantai parangtritis. Di tradisi jawa,banyak orang yang percaya bahwa tempat ini memiliki pintu gerbang ke keraton gaib. Ada beberapa orang yang pernah melihatnya. Apalagi ada beberapa orang yang hilang di pantai ini dan tidak bisa ditemukan.

Hotel Inna Samudera

Hotel inna samudera terletak di pelabuhan ratu banten. Hotel ini dibangun oleh presiden Ir.soekarno tahun 1962. Di hotel ini konon katanya, ada kamar yang dikhususkan untuk nyi roro kidul. Kamar bernomor 308 memiliki dekorasi yang berbeda dengan kamar lainnya. selain itu tidak semua tamu bisa menggunakan kamar ini. didalamnya terdapat barang yang berhubungan dengan nyi roro kidul. Seperti baju warna hijau, kembang tujuh rupa, kosmetik, dupa, kemenyan dan lainnya. orang yang bermeditasi disini, bisa bertemu dengan nyi roro kidul.

Pantai Pelabuhan Ratu

Selain di hotelnya, di pantainya juga terdapat gerbang menuju ke kerajaan nyi roro kidul. Dari atas hotel inna, anda bisa melihat pantai pelabuhan ratu. Ombak pantai ini besar seperti pantai parangtritis yogyakarta. Banyak cerita mistis yang terjadi di pantai ini. yang selalu dikaitkan dengan nyi roro kidul. Benar atau tidaknya, kita memang tidak pernah tahu. Karena hanya orang tertentu saja yang mampu melihat gerbang tersebut.

Pantai Parang Kursi Banyuwangi

Selain di yogyakarta dan banten, di banyuwangi juga terdapat pantai yang dipercaya sebagai pintu gerbang kerajaan nyi roro kidul. Lokasinya di dusun ringinagung 56, kecamatan pesanggrahan, banyuwangi. Di pantai ini terdapat bebauan karang yang titngginya mencapai 20 meter. Bentuknya seperti kursi. Dan dipercaya sebagai singgahsana penguasa laut pantai selatan, Nyi roro kidul.

Dari semua tempat diatas, yogyakarta termasuk kota yang paling lekat dengan nyi roro kidul.  Konon katanya dulu Sultan membuat konsep tata ruang DIY berhubungan dengan penguasa laut kidul. Di yogyakarta terdapat garis imajiner, yang menghubungkan gunung merapi, keraton dan laut selatan.  Di taman sari, terdapat lubang yang bisa langsung terhubung ke laut selatan.

Benar atau tidaknya tentang pintu gerbang kerajaan nyi  roro kidul tidak pernah diketahui dengan pasti. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihatnya. Nyi roro kidul sering dijadikan tempat pesugihan bagi sebagai orang. ada juga yang menyembahnya untuk suatu kekuasaan lainnya,

Leave a Reply