Tempat Hunting Di Bandung Timur Terbaik

Sesuai dengan kalimat yang pernah diungkapkan Pak Ridwan Kamil, “Tuhan menciptakan Bandung saat tersenyum”. Rupa-rupanya, hal tersebut bukan hanya sekedar isapan jempol belaka. Pak Walikota tersebut sadar betul bahwa Bandung kota yang benar-benar nyaman plus instagramable banget. Bukan hanya dipusat kota terkenal kaya dan teduh dengan panorama taman modern plus berbudaya. Tapi juga tempat hunting di bandung timur patut diperhitungkan.

Hunting Wisata Alam

Tempat hunting kece di bandung timur pertama adalah Curug Batu Templek. Sesuai dengan namanya, penduduk lokal menamainya karena bebatuan di curug tersebut seakan tertempel pada dinding air terjun. Kemduian air mengalir dari sela-sela batu. Meskipun para pakar menyepakati bahwa bebatuan tersebut muncul akibat fenomena cekungan Bandung yang khas. Alhasil, daratan menjadi lebih rendah dan air mengikuti daya grafitasi melalui sela. Panorama nan semakin indah manakala warna bebatuan tersebut seperti batu bata bernuansa gelap klasik. Hal yang paling banyak dilakukan oleh pelancong ialah bersepeda santai. Sebelum mencapai area tersebut, para wisatawan bakalan disambut pemandangan alam indah nan asri. Terlebih, lokasi tersebut sangat bersahabat kepada pendaki. Pemerintah kota telah membuat akses jalan menjadi lebih mudah, sehingga bersepeda maupun jalan kaki terasa lebih menyenangkan. Wisata konsep demikian sangat cocok bagi mereka yang tidak mempunyai banyak waktu, namun menginginkan sensai pendakian.

Hunting Panorama

Wisata alam buat hunting di bandung timur yang kedua adalah sumber mata air di Oray Topa. Sumber ini dipercayai tidak pernah kering bahkan di musim air sekalipun. Konon, air tetap digunakan oleh warga guna kebutuhan sehari-hari juga mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Hal ini dipercayai karena kesegaran air yang masih murni tanpa polutan. Kisah yang tersebar tentunya tidak terlepas dari daya serap pepohonan di lokasi tersebut yang menjaga sirkulasi air tetap dan terus bersumber.

Lokasi hunting bandung timur ini berada di pegunungan Manglayang dengan ketinggian 700 mdpl. Selain itu, lokasi ini juga menjadi tempat konsentrasi perkemahan. Sisi positifnya, jalan sudah teraspal dan MCK sangat mumpuni. Meskipun demikian, jalan menuju lokasi lumayan jauh guna mempertahankan makna perkemahan. Kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah bersepeda ala olah raga ekstrem, seperti sepeda gunung, off-road, atau motocross. Nuansa hutan pinus dan cemara juga menjadi nilai tersendiri.

Hunting Batu Kuda

Areanya sangat dekat dengan kota Bandung apabila mengambil akses dari Cibiru. Bahkan kita bisa menggunakan Angkutan Umum dari bandung kota. Dari Bundaran Cibiru, jarak tempuh hanya 7 KM. Meskipun lumayan dekat, namun akses jalan di sana tidak terlalu lebar.

Di belakang nama Batu Kuda ternyata tidak lepas dari mitos yang mengiringinya. Dikatakan, seorang kuda Semprani atau Sembrani dari Gunung Kidul mampu terbang dengan cepat. Sayangnya, ia terperosok di gunung Manglayang saat melintasinya. Karena lama ia terjebak pada gubangan itu. Lambat laun seperi bertapa, Kuda tersebut berubah menjadi batu. Untuk memasukinya, pelancong biasanya dikenai tariff Rp 3.000,- atau Rp 5.000,- jika ingin camping.

Hunting Kisah Sejarah Kuno

Tempat hunting di bandung timur lainnya juga terkenal dengan Situs Ciung Wanara. Area ini tepatnya berada di Karangkamulyan, Cijeungjing, Ciamis. Tidak berbeda jauh dengan area hunting di atas, tempat ini juga menawarkan panorama alam nan asri. Lokasi  Sesuai dengan namanya, situs ini dipercaya sebagai tinggalan dari Ciung Wanara. Ia berhubungan dengan Kerajaan Galuh.

Leave a Reply