Mengintip Surga Tersembunyi di Jawa Timur

Tidak dapat dipungkiri lagi bila Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam destinasi wisata, terutama pada wisata alamnya. Indonesia terdiri dari 34 propinsi yang tersebar dari Sabang hingga Merauke ini memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang dapat anda pertimbangkan untuk mengisi waktu liburan anda. Mulai dari wisata pantai, gunung, danau hingga air terjun semuanya tersedia di negara kepulauan ini. Bagi anda yang menyukai pantai dan sedang mencari pantai untuk dijadikan destinasi wisata berikutnya mungkin artikel ini akan bermanfaat bagi anda, karena artikel ini akan mengajak anda untuk mengintip keindahan Pantai Klayar yang merupakan surga tersembunyi di Jawa Timur.

Pantai Klayar Sebagai Surga Tersembunyi di Jawa Timur

Dikatakan sebagai surga tersembuyi karena Pantai Klayar ini akan menyajikan beragam keindahan yang mengagumkan untuk anda nikmati, pantai ini dapat menjadi obat untuk pikiran anda yang suntuk setelah melakukan beragam aktifitas. Dengan berkunjung ke pantai ini pikiran anda akan kembali segar dan badan anda akan kembali fit untuk kembali ke rutinitas anda. Pantai Klayar terletak di Desa Sendang. Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang berbatasan dengan Wonogiri Jawa Tengah. Untuk sampai ke Pantai Klayar ini setidaknya anda harus menempuh jarak sejauh 40 km ke arah barat dari Kota Pacitan.

Untuk sampai ke pantai ini memang memiliki akses jalan yang tidak begitu mudah karena anda harus melewati jalan berliku yang tidak stabil (naik turun) serta sulitnya transportasi untuk menuju ke lokasi. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke Pantai Klayar ini. Tetapi anda harus siaga dan ekstra hati-hati karena anda akan melewati medan jalan yang ekstrim dengan banyaknya tikungan tajam serta keadaan jalan yang sempit. Namun tidak perlu risau karena bagaimanapun lelahnya anda ketika di perjalanan akan dibayar lunas dengan keindahan yang dapat anda lihat di surga tersembunyi di Jatim ini.

Pantai ini akan menyuguhkan anda dengan hamparan pasir putih dan birunya laut dengan dihiasi karang-karang besar yang memukau. Surga tersembunyi di Jawa Timur ini memiliki fenomena alam yang jarang ditemukan di pantai-pantai lain yaitu adanya seruling samudra. Seruling samudra adalah sebutan dari air yang memancar diantara batu karang dengan ketinggian mencapai 10 sampai 15 meter. Selain memancarkan air, seruling samudra juga mengeluarkan suara nyaring seperti suara seruling. Tetapi anda hanya dapat menikmati pemandangan ini dari kejauhan sebab terdapat ombak besar yang terus menghantam karang sehingga akan berbahaya bila melihat dari dekat.

Selain itu terdapat juga fenomena lain yaitu karang yang menjulang tinggi setara dengan tinggi pohon kelapa. Karang ini merupakan spot terbaik untuk menikmati pemandangan Pantai Klayar secara keseluruhan, untuk menuju ke atas karang anda bisa menaiki tangga beton yang telah disediakan. Selain itu adapula tebing batu yang berbentuk Sphinx atau patung singa berkepala manusia yang berada di Mesir sana. Dan jangan lupakan pemandangan indah yang akan disuguhkan oleh pantai ini ketika matahari terbit dan terbenam, karena bila anda melihatnya anda tidak akan bisa menahan decak kekaguman.

Dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 anda sudah bisa menikmati keindahan surga tersembunyi di Jawa Timur ini, sangat terjangkau bukan? Jadi tidak perlu berpikir dua kali, ayo liburan ke Pantai Klayar!

Leave a Reply