Sungai Terindah di Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Penyejuk Jiwa

Indonesia merupakan negara yang terkenal akan keberagamannya, seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki begitu banyak suku dan budaya yang tersebar luas dari Sabang hingga Merauke. Namun bukan hanya suku dan budaya, lebih dari itu Indonesia juga mempunyai begitu banyak sumber daya alam dan keanekaragaman hayati. Sungai, gunung, pantai dan laut yang membentang luas menambah khasanah alam Indonesia. Hal ini menyebabkan Indonesia mempunyai beragam destinasi wisata alam.

Dari sekian banyak destinasi wisata alam di Indonesia, sungai dapat menjadi alternatif bagi anda yang penat terhadap rutinitas dan menginginkan liburan untuk menyegarkan tubuh. Sungai yang indah sebagai destinasi wisata menawarkan pemandangan hijau nan asri yang menyejukkan mata, membuat tubuh anda rileks dan kembali segar. Selain itu, sungai merupakan destinasi wisata yang tepat bagi anda penyuka kegiatan yang memacu adrenalin seperti arung jeram atau rafting, river tubing dan river boarding. Apakah anda tertarik untuk berwisata di sungai terindah di Indonesia? Berikut adalah daftar Sungai Terindah di Indonesia yang dapat ada kunjungi :

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini menyandang predikat sebagai sungai terpanjang di Kalimantan dan juga di Indonesia dengan panjang mencapai 1.141 km. Anda dapat melihat dan menikmati secara langsung keindahan Sungai Kapuas menggunakan kapal wisata yang ada di sekitar taman. Kapal tersebut akan membawa anda mengarungi keindahan Kota Pontianak.

Sungai Mahakam

Sungai terindah di Indonesia berikutnya adalah sungai Mahakam yang merupakan sungai terbesar yang ada di Kalimantan Timur dengan panjang sekitar 920 km. Wilayah yang dilintasi oleh sungai ini adalah Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Pontianak. Keindahan yang disajikan begitu menakjubkan terutama ketika matahari tengah berpulang ke peraduannya.

Sungai Musi

Pemandangan sungai yang indah juga terdapat di Sungai Musi, sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan. Dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera dengan panjang 750 km. Di atas sungai ini berdiri dengan megah jembatan yang menjadi ikon Kota Palembang yaitu Jembatan Ampera. Adanya jembatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan agar berkunjung karena pemandangan Jembatan Ampera bermandikan lampu menjadi pemandangan yang akan memanjakan mata anda. Di bawah jembatan terdapat kapal dan speedboat dengan lampu kecil gemerlap yang memberikan kesan hidup. Ditambah dengan keberadaan River Side atau restoran apung di tepi sungai yang menjadi tempat paling nikmat untuk melihat pemandangan indah di Sungai Musi yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

Sungai Maron

Lokasi sungai indah selanjutnya berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sungai Maron ini kerap disandingkan dengan Sungai Amazon yang berada di Spanyol karena kemiripan pesonanya. Sungai ini diapit oleh pepohonan lebat yang asri dan hijau. Dengan kedalaman sekitar 20 meter dan panjang sekitar 3,5 km anda membutuhkan waktu 45 sampai 60 menit untuk menyusuri sungai ini hingga hilir sungai yaitu Pantai Ngiriboyo. Dengan membayar biaya masuk sebesar Rp.2000 dan biaya menyewa kapal anda dapat menikmati pemandangan indah yang disajikan tanpa harus jauh-jauh ke Spanyol.

Sungai Bawah Tanah Goa Pindul

Goa Pindul yang berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul mempunyai sungai bawah tanah yang tak kalah indah. Anda dapat merasakan berenang di air yang jernih sambil bermandikan cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah gua. Selain itu Goa Pindul juga terkenal karena cave tubingnya. Cave tubing merupakan kegiatan menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai.

Nah beberapa sungai di atas merupakan sungai terindah di Indonesia yang dapat anda pertimbangkan sebagai destinasi wisata anda, selamat mencoba!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *