Serangga Misterius Asal Indonesia Yang Membuat Gempar Masyarakat Dunia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang tidak hanya memiliki belasan pulau yang berbeda, namun juga memiliki kekayaan flora dan fauna yang beraneka ragam. Ada banyak sekali flora dan fauna langka di dunia yang ternyata ada di Indonesia. Salah satu fauna atau hewan langka yang ada di Indonesia dan membuat gempar netizen dunia adalah serangga unik yang ditemukan secara tidak sengaja pada tahun lalu.

Berawal dari Posting Facebook

Kabar mengenai serangga unik yang ada di Indonesia tersebut berawal dari sebuah posting Facebook oleh akun bernama Gandik pada 19 Oktober 2017. Dalam berita tersebut ia menuliskan kalimat yang intinya baru melihat jenis kupu-kupu yang aneh sebagaimana di foto.

Hanya berselang beberapa hari saja, berita tersebut sudah dibagikan hingga 200 ribu dan disukai oleh 10 ribu netizen dan mendapatkan komentar lebih dari 40 ribu komentar. Cukup banyak netizen, yang ternyata tidak hanya berasal dari Indonesia, mengungkapkan komentar yang berbeda, mulai dari takjub, jijik, seram dan lainnya. Hal ini memang dikarenakan bentuk dari serangga tersebut cukup aneh dan memang tidak biasa.

Memiliki Tentakel

Serangga yang di share oleh akun bernama Gundik tersebut memang unik dan tidak biasa karena adanya semacam tentakel yang panjang dan berwarna abu-abu serta berbulu. Tentakel tersebut muncul di kanan dan kiri dubur sebanyak masing-masing dua buah sehingga totalnya ada empat buah. Selain itu, serangga tersebut memiliki warna orange dan memiliki enam kaki serta dua antena.

Merupakan Serangga Langka

Berita tentang serangga langka tersebut menyebar dengan sangat cepat ke seantero dunia. Gary Havel, seorang peneliti dari Departemen Entomologi dari Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian akhirnya memberikan tanggapan. Ia mengatakan bahwa serangga yang ditemukan tersebut merupakan sebuah ngengat dengan nama Creatonotos gangis.

Havel mengatakan hal tersebut yang dikirimkan dalam sebuah surat elektronik pada The Washington Post. Dalam suratnya ia menjelaskan bahwa Creatonotos gangis menggunakan tentakel kecil yang berjumlah empat tersebut untuk menarik pasangan.

Tidak hanya itu, Havel juga menjelaskan bahwa kelenjar tersebut berada di bagian perut dan berada di bagian yang kempes. Nah, menurut data base yang ada, Creatonotos gangis ini cukup sering ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan sebagian dari Australia.

Memiliki Fisik yang Unik

Serangga Creatonotos gangis memang memiliki fisik yang bisa dikatakan unik. Serangga ini memiliki forewings yaitu sepasang sayap depan berwarna cokelat dan memiliki garis gelap. Sedangkan hindwings dari serangga ini berada di belakang dengan warna yang agak cerah. Selain itu, Creatonotos gangis memiliki warna perut yang terkadang merah ataupun kuning.

Hal menarik lain dari Creatonotos gangis adalah serangga ini memiliki empat tentakel berbulu yang menjijikkan dinamakan reversibel core-mata. Masing-masing tentakel ini akan mengeluarkan bau yang berbeda yang fungsinya untuk menarik betina.

Tidak hanya itu, dalam tentakel tersebut akan memancarkan zat femonon. Zat ini adalah hormon berupa aroma yang dikeluarkan oleh jenis jantan. Fungsi hormon ini adalah untuk memikat serta daya tarik agar betina dari serangga ini menghampiri jantan untuk melakukan perkawinan. Havel juga mengungkapkan bahwa tentakel tersebut pada saat digelembungkan akan memiliki panjang hingga 4 cm dan terlihat begitu penuh.

Perlu diketahui bahwa Creatonotos gangis merupakan salah satu serangga yang langka. Meskipun secara populasi cukup banyak, namun serangga ini mengalami penurunan populasi setiap tahun dengan jumlah yang cukup lumayan.

Leave a Reply