Pulau Umang Nan Eksotik di Barat Pulau Jawa

Hampir menjadi keharusan untuk melakukan piknik pasca melakoni hari-hari penat dengan pekerjaan. Rekreasi tentunya dapat menumbuh kembangkan semangat baru sebagai cadangan kekuatan supaya bisa beraktifitas lebih produktif. Masalahnya adalah kemana akan pergi? Kalau bicara Indonesia, pastinya tidak akan ada habisnya untuk diulik. Namun, salah satu destinasi wisata Pulau Umang akan membuat Anda langsung packing dan segera memesan tiket.

Pulau ini berada di barat pulau Jawa ini tepatnya berlokasi di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Destinasi ini sangat cocok bagi masyarakat Jakarta yang ngiler dengan keindahan pantai dan air putih berair kebiruan. Jika menggunakan transportasi darat, jarak Jakarta dan area wisata ini hanya 183 Km atau setara dengan 6 jam. Rutenya sendiri sangat mudah dijangkau. Dari Tol Jakarta, Merak, Anda bisa keluar di pintu Serang Timur di Km 71. Memasuki jalan Pandeglang dan memasuki area yang secara berurutan Labuan, Taragong, Citeurup, Cigeulis, Cibalium, Cimanggu, Kecamatan Sumur.

Awal Perjalanan

Selain rute ke Gugusan Pulau Umang tersebut, Anda juga bisa mengambil rute yang hampir sama, namun keluar di Pintu Cilegon Barat. Dari sana, langsung saja mengikuti rute Anyer, Carita, Labuan, Taragong, Citeurup, Cigeulis, Cibalum, Cimanggu, dan Kecamatan Sumur. Dari kecamatan ini, para pelancong diwajibkan untuk menyusuri Pantai Sumur yang letaknya hampir 1 Km dan membeli tiket penyebrangan. Untuk sekali perjalanan, pelancong diminta Rp 100.000,- per orang. Penyebrangan pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Di kondisi air laut yang tenang, perjalanan hanya memakan waktu 10 menit hingga 15 menit. Akses jalan menuju area tersebut pun sudah baik dengan aspal yang lumayan mulus. Akan tetapi, kewaspadaan harus tetap ditingkatkan karena jalanan berkelok dan naik-turun.

Selama perjalanan menuju Pulau Umang, pelancong langsung disambut dengan keindahan air laut bergradasi hijau muda dan tua. Belum lagi, garis pantai putih cemerlang membatasi pulau dengan luas 5 hektar ini. Setibanya di sana, para pelancong tidak pernah menahan diri tanpa menceburkan diri. Aktifitas yang ditawarkan di area ini pun selalu berkutat dengan wisata bahari. Sebut saja snorkeling, banana boat, sun bathing, memancing, jetski, atau bersuka ria di pinggir pantai. Saran utama, snorkeling selalu menjadi pilihan utama yang wajib dijajal. Gugusan terumbu dan kumpulan ikan selalu menjadi daya tarik tersendiri.

Menikamati sunset bersama di Resort

Kalau ingin berswafoto bersama ikan-ikan, pastikan membawa roti atau segumpal nasi supaya ikan mengerumuni dan Anda akan mendapatkan hasil jepretan terbaik. Salah satu moment terbaik adalah sunset Pulau Umang yang menawan. Anda bisa menikmatinya di gazebo pinggiran pantai dan memesan beberapa sajian atau minuman. Secangkir teh hangat dan seafood akan menambahkan sensasi menenangkan. Menu yang disajikan pun terbilang menawan baik dari cara sajian dan memasaknya.

Pulau Umang mempunyai menu favorit yang dicintai para pelancong. Biasanya, mereka jatuh hati pada tepung cumi saus kecap manis atau ikan pari panggang. Keduanya menjadi pelengkap melihat keindahan semesta yang mulai meredup. Selain itu, oleh-oleh di pulau ini pun menjadi buah tangan yang menarik untuk dibawa pulang, seperti gantungan kunci dari karang. Meskipun pulau ini terbilang imut, namun fasilitas yang ditawarkan berbanding terbalik dengan ukurannya. Terdapat resort dan cottege yang siap melayani Anda dengan harga yang miring. Belum lagi, ada jasa pemandu wisata dan paket tour yang akan memudahkan Anda untuk mengekplorasi area tersebut.

Leave a Reply