Palasik: Penganut Ilmu Setan Yang Suka Makan Kandungan

Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki beribu-ribu pulau tentunya memiliki segudang adat, kebiasaan keyakinan-keyakinan yang berbeda. Tidak hanya keyakinan mengenai ketuhanan, setiap wilayah di Indonesia memiliki keyakinan pada makhluk ghaib yang bermacam-macam juga. Mendengar hantu cantik jembatan ancol pasti terbesit Jakarta, jika mendengar  kata Leak sudah pasti yang terpikir adalah Pulau Bali. Nah kalau mendengar kata palsik atau pelesik kalian akan berpikir daerah mana? Benar sekali, sosok yang dikenal sangat menakutkan ini memang khas dengan daerah Minangkabau, Sumatera Barat.

Hati-hati Ya Bagi Ibu Hamil

Meskipun banyak yang meyakini bahwa pelesik adalah hantu, pada kenyataannya sosok ini adalah penampakan seseorang dengan ilmu hitam yang sangat tinggi. Mereka dapat melepaskan kepala beserta dengan organ dalamnya untuk mencari mangsa. Kekuatan hitam ini dipercaya memiliki tiga golongan dengan jenis mangsa yang berbeda, ada golongan pemangsa bayi hidup baik yang masih berada di dalam kandungan maupun yang sudah lahir, ada yang hanya menghisap darahnya dan ada pula yang senang memangsa bayi yang sudah meninggal. Sosok yang memangsa darah bayi maupun bayi yang masih hidup disebut dengan kuduang sedangkan yang sering memangsa bayi yang sudah meninggal disebut dengan pelesit bangkai. Dari kedua jenis yang ada, sosok kuduang menjadi sosok yang paling menakutkan bagi ibu hamil. Mereka akan selalu was-was dan khawatir jikalau sosok ini muncul dan merenggut anak dalam kandungannya.

Meskipun sangat menyeramkan, ada hal menarik dari sosok ilmu hitam ini. nyatanya, bagi siapa yang berhasil menangkap sosok ini bisa dipastikan akan mendapatkan kekayaan dengan mudah. Hal ini dikarenakan si empunya ilmu hitam tidak ingin banyak yang tau bahwa dia adalah pelesit sehingga rela melakukan apapun untuk orang yang mampu menangkapnya. Akan tetapi, menangkap sosok ini tidaklah mudah karena kekuatan ilmu hitamnya yang luar biasa.

Sosok ini biasanya akan mendatangi rumah-rumah yang akan menjadi targetnya. Untuk itu, menurut adat yang dipercaya bilang kepada pemilik ilmu hitam itu bahwa bayi yang ada adalah anaknya, cucunya atau keturunannya. Dengan demikian bayi tidak akan dimangsanya. Lantas bagaimana mengenali orang yang memiliki ilmu hitam ini? Orang yang menjadi pemangsa bayi ini memiliki ciri bahwa bawah hidungnya tidak berparit atau tidak ada lekukannya. Tetapi jika susah mengenali ciri ini, katakan hal tadi pada semua orang yang bertandang kerumah untuk melihat bayi.

Bayi yang dimangsa oleh orang dengan ilmu hitam ini biasanya tidak serta-merta meninggal dunia. Bayi ini mengalami sakit terlebih dahulu sebelum akhirnya meninggal dunia. Bayi yang terserang biasanya menunjukkan tanda-tanda yang tak biasa seperti ubun-ubun pada kepala bayi tampak cekung, suhu badan tinggi, lemas, tidak mau minum ASI, susah tidur, dan menangis terus-menerus serta sulit untuk bisa ditenangkan. Bayi yang memiliki tanda-tanda ini lama-kelamaan akan melemah dan meninggal dunia. Orang tua yang memiliki bayi dengan tanda-tanda ini sebaiknya waspada.

Kemungkinan besar ilmu hitam ini sulit untuk hilang karena konon ilmu ini bisa diturunkan ke anak cucu hingga keturunan ke tujuh. Para penganut ilmu hitam ini tidak diperkenankan untuk menikah dengan manusia biasa karena dapat mengakibatkan ilmu yang diturunkan ke anak cucunya tidak sekuat ilmu yang ia miliki. Selain itu, orang biasa yang enggan untuk menikah dengan orang palasik karena takut akan kekuatan hitam yang dimiliki.

Leave a Reply