Obyek Wisata Jawa Timur Bagi Pendaki Sejati

Dewasa ini kegiatan mendaki gunung memang sudah marak dilakukan, tidak seperti zaman dahulu yang masih sedikit peminatnya. Sekarang kegiatan mendaki sudah menjadi tren, bahkan sudah terdapat komunitas dan berbagai sarana yang disediakan. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki banyak pegunungan yang bisa didaki, contohnya saja Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Rinjani, Gunung Semeru dan masih banyak gunung-gunung lainnya. Semua gunung tersebut memiliki keindahannya masing-masing yang sayang bila dilewatkan nah pada artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu obyek wisata Jawa Timur yaitu Gunung Semeru.

Gunung Semeru adalah salah satu gunung yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang saat ini telah menjadi salah satu obyek wisata di Jawa Timur yang begitu populer. Hal ini tidak lain dan tidak bukan dikarenakan keindahan yang disuguhkan oleh Gunung Semeru ini, seperti halnya danau-danau, flora dan fauna endemik dan kawah. Apalagi Gunung Semeru ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan juga menjadi gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani membuat para pendaki semakin tertarik dan tertantang untuk mendaki gunung ini.

Keindahan Gunung Semeru Sebagai Obyek Wisata Jawa Timur

Secara administratif Gunung Semeru berada di dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang dengan tinggi 3.676 meter dari permukaan laut. Puncak Gunung Semeru ini disebut Puncak Mahameru yang memiliki keindahan seperti Anda sedang di atas awan. Bila ingin mendaki salah satu gunung yang menjadi obyek wisata Jawa Timur ini Anda bisa melalui rute termudah yaitu melalui Tumpang di Kabupaten Malang. Tetapi jika ingin mendaki gunung ini pastikan Anda sedang dalam keadaan badan yang fit sebab rute pendakian dari gunung ini tidaklah mudah. Selain itu jangan lupa juga untuk melengkapi perlengkapan mendaki Anda karena pada pada Puncak Mahameru suhunya bisa sangat dingin. Berikut beberapa obyek keindahan yang bisa Anda lihat di Gunung Semeru, yaitu:

  1. Kawah Jonggring Saloko

Ketika sudah berhasil mendaki gunung ini maka kelelahan Anda akan dibayar lunas dengan menikmati keindahan Kawah Jonggring Saloko yang berada di puncak gunung ini. Kawah yang memiliki kubah dengan ketinggian 3.744 m di sebelah selatan gunung. Saat di puncak gunung ini Anda akan merasakan sensasi berdiri di antara gumpalan-gumpalan awan yang mempesona.

  1. Watu Rejeng

Gunung ini juga menyajikan keindahan yang dapat memanjakan mata Anda dengan hamparan hutan cemara dan pinus, batu terjal, lereng bukit yang ditumbuhi flora khas yaitu edelweis, lembah-lembah dan bukit yang akan menemani Anda di sepanjang perjalanan.

  1. Ranu Kumbolo

Di tempat ini Anda akan disuguhkan pemAndangan menyegarkan dengan adanya ranu atau danau yang indah dengan pemAndangan di sekitarnya. Anda dapat menyaksikan barisan dan gugusan bukit yang mengelilingi danau ini yang tentu saja sangat sayang bila dilewatkan. Selain itu bila Anda ingin bermalam dan mendirikan tenda di sekitar Ranu Kumbolo ini maka Anda akan dapat melihat gugusan bintang yang mengagumkan, atau bisa juga berburu milky way di tempat ini.

  1. Oro-oro Ombo

Kemudian Anda juga akan dimanjakan dengan hamparan bukit dipenuhi padang rumput yang luas, tempat ini begitu indah dan sangat photoable.

Nah itulah dia beberapa obyek keindahan di Gunung Semeru sebagai destinasi wisata di Jawa Timur. Jadi ketika trekking Anda akan disuguh dengan berbagai macam keindahan alam yang tentunya menjadi pengalaman yang berharga bagi Anda. Semoga informasi mengenai obyek wisata Jawa Timur ini dapat bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply