Objek Wisata Gunungkidul Yang Terbaik: Kalisuci

Yogyakarta menjadi primadona wisatawan untuk melancong baru-baru ini. Hal ini dikarenakan di berbagai sudut Yogyakarta, kini telah dibuka berbagai tempat wisata baru yang tentunya sangat bagus dan menarik. Selain pemandangan, games dan petualangan di tempat wisata tersebut juga tergolong menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu daya tarik games dan petualangan yang paling banyak di minati di Yogyakarta adalah cave tubing kalisuci. Kalisuci merupakan objek wisata gunungkidul yang sangat menantang dan menarik. Tempat ini merupakan wisata goa namun jangan salah, anda akan menikmati cara baru dalam menjelajahi gua ini.

Lokasi Wisata Kalisuci

Sebelum kita berbicara banyak tentang kerennya wisata gunungkidul ini, pertama tentunya kita harus tahu dulu letaknya. Lokasi tempat ini memang cukup jauh dari kota Yogyakarta karena berada di Desa Pancarejo, Semanu, Gunungkidul. Dari kota Yogyakarta, mungkin anda bisa mencapai tempat ini dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dengan lalu lintas yang lancar. Tempat ini jauh dari hiruk pikuk kota dan sangat menyegarkan udaranya. Karena itu, sangat cocok menjadi tujuan wisatawan yang bosan dengan suasana kota dan ingin mendapatkan sentuhan baru dalam suasana kehidupannya.

Cave Tubing Kalisuci

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daya tarik utama dari tempat ini adalah cave tubingnya. Tidak banyak wisata di Indonesia yang memiliki corak petualangan seperti ini. Cave tubing merupakan proses susur goa yang dilakukan dengan menggunakan ban dan tentunya, kita akan mengapung mengikuti aliran sungai tempat ini. Anda akan merasakan sensasi baru dalam petualangan anda menyusuri gua. Dalam perjalanannya, anda akan ditemani oleh pemandu yang akan membantu anda menyusuri gua dan memberikan arahan tentunya. Wisata unik seperti ini memang sering menjadi corak objek wisata gunungkidul.

Ada sedikit tips untuk anda yang bermain ke tempat ini tentunya. Pertama, pastikan anda tidak takut pada air atau kedalaman, serta bisa berenang. Sungai yang akan anda susuri adalah sungai yang dalam dan terletak di tengah gua. Walaupun sebenarnya alat pengaman sudah diberikan dengan maksimal seperti jaket pelampung, namun bagi para penikmat wisata yang sering panik, hal itu bisa mengurangi kenikmatan jalan-jalan di tempat ini. Selain itu, anda juga sebaiknya tidak memiliki pobia pada ruang sempit karena beberapa bagian goa ini juga ada yang sempit.

Untuk anda para penikmat wisata petualangan, tentu saja harga tiket wisata gunungkidul ini memang cenderung terjangkau. Tempat wisata ini dikelola oleh pokdarwis atau kelompok masyarakat sadar wisata. Jadi pengembangan dari tempat ini berdasarkan dana inisiatif dari warga setempat. Untuk menikmati cave tubing ini, anda hanya perlu membayar 70.000 per orang dan tentunya untuk penyusuran, minimal 5 orang sudah terkumpul dalam satu kloter penyusuran. Bagi anda penikmat wisata petualangan, harga tersebut tentu tidak akan banyak karena sensasi yang akan anda dapat tentunya sangat mengesankan.

Jika anda ingin mengunjungi Yogyakarta, pastikan objek wisata gunungkidul ini menjadi salah satu daftar yang harus anda kunjungi. Petualangan dan kesan yang akan anda dapat tentunya akan membuat orang lain iri. Pengalaman menyusuri gua dengan keindahan batuan dan tentunya sensasi yang berbeda memberikan cerita yang sangat menyenangkan untuk kita ceritakan pada saudara dan cerita di hari tua tentunya. Untuk mengunjungi tempat ini juga, anda sebaiknya menggunakan motor karena lebih praktis dan bisa menghindari efek macet karena di akhir pekan jalur ke wisata daerah gunungkidul biasanya macet.

Leave a Reply