Naga Penunggu Goa Surcolo Bantul Yogyakarta Yang Melegenda

Cerita misteri datang dari sebuah pedukuhan di Pundong Bantul Yogyakarta, tepatnya di pedukuhan Ngreco. Di pedukuhan tersebut terdapat sebuah goa yang cukup terkenal apalagi banyaknya cerita yang beredar mengenai kisah mistisnya. Goa Surcolo namanya, dimana goa ini terbilang sebagai peninggalan purbakala yang memiliki nilai sejarah yang kuat. Tentunya karena lokasi ini sudah berbau sejarah tentunya usianya sudah cukup tua, hal tersebut lah yang menjadikan goa Surcolo ini memiliki aura ghaib yang begitu kental.

Cerita Ghaib dari Goa Surcolo

Gua surcolo ini juga dikenal dengan sebutan Gua Sunan mas. Gua ini juga ada kaitannya dengan petilasan seorang pertapa Sunan Mas. Nama lain dari dari Sunan Mas adalah Sunan Mangkurat II yang merupakan raja Mataram hadiningrat zaman Kartosura. Dan ternyata Gua Sunan Mas tersebut menyimpan misteri keraton gaib naga raja dan ritual pesugihan.

Berdasarkan asal-usul Goa Surcolo ini dibuat oleh seorang pemuda yang bernama Joko Umar yang memiliki kesaktian. Joko Umar ini membantu pangeran dan abdi dalem yang kesusahan menggali tanah yang begitu keras saat terjadi peristiwa geger Trunojoyo pada tahun 1674 yaitu pada saat runtuhnya Keraton Mataram Hadiningrat. Joko umar membuatkan goa tersebut hanya dengan menggunakan batok kelapa untuk mengeruk tanah. Namun dengan kesaktiannya, Joko Umar bisa membuat ruangan atau goa sedalam 6 meter.

Terlepas dari asal-usul Goa Surcolo tersebut, kondisi Goa Surcolo ini memang terlihat cukup wingit atau angker. Goa tersebut diapit oleh pohon randu alas raksasa yang telah berusia 350 an tahun dan Pohon kepoh yang usianya telah 250 tahun. Menurut Rutijo (38) pengurus Gua Surcolo mengatakan bahwa perkiraan usia kedua pohon tersebut berasal dari keterangan Sultan HB X ketika berkunjung ke kawasan Surcolo. Kemudian di bawahnya juga terdapat sendang putri dan sendang lawang yang keluar airnya cukup jernih. Lokasi hutan Surcolo tersebut juga merupakan kawasan hutan di utara laut selatan yang dikenal sebagai parangtritis.

Kompleks Goa Surcolo memang wingit. Dimana banyak yang membenarkan bahwa terdapat peristiwa ganjil yang sampai sekarang masih sering terjadi. Disekitar goa juga terdapat beberapa arca yang letaknya di sendang timur. Banyak sumber yang mengatakan arca tersebut berasal dari zaman keraton Mataram Plered. Wujud arca ini terdapat beberapa jenis, namun yang paling besar adalah arca berbentuk naga. Bentuk arca yang berupa naga tersebut cukup berkaitan dengan penghuni Goa Surcolo, pasalnya berdasarkan beberapa sumber terdapat penampakan berupa naga. Hal tersebut memang banyak di ketahui warga, pasalnya Goa surcolo ini sebenarnya merupakan istana kasat mata. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat keberadaan keraton ghaib yang begitu megah. Bagi orang yang merupakan pelaku tirakat yang membawa sesaji lengkap dapat melihat goa Surcolo berubah menjadi istana berhiaskan emas.

Karena dianggap sebagai keraton ghaib, banyak orang yang mencari pesugihan di goa Surcolo. Peristiwa tersebut sudah lama berlangsung sejak tahun 1990 an. Orang yang mencari pesugihan tersebut berasal dari luar kota, orang-orang wilayah luar Yogyakarta. Kedatangan orang-orang tersebut berusaha mencari berkah untuk mendapatkan pesugihan, dengan cara membawa pulang tuyul yang dijadikan peliharaan. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan serangkaian upacara khusus. Menurut penuturan warga setempat, ada juga orang-orang yang datang untuk mencari berkah kekayaan dari penunggu Goa Surcolo yang memiliki wujud seperti seekor naga dengan mahkota raja.

Leave a Reply