Home > Mistis > Mitos Tentang Pohon Beringin Yang Masih di Percaya Masyarakat Modern

Mitos Tentang Pohon Beringin Yang Masih di Percaya Masyarakat Modern

 Jika berbicara mengenai hal-hal yang mistis, Indonesia termasuk Negara yang kaya akan hal-hal tersebut. Banyak hal atau tempat yang mungkin sebenarnya tempat tersebut hanyalah tempat biasa namun banyak masyarakat Indonesia yang mengaitkan hal tersebut dengan hal-hal yang ghaib. Beberapa hal yang sering dianggap mistis oleh masyarakat Indonesia ialah misalkan rumah yang lama yang tidak ada penghuninya kemudian dianggap sebagai rumah angker yang mana rumah tersebut kemudian dipakai oleh hantu sebagai tempat tinggal mereka. Hal tersebut belum tentu kebenarannya namun kebanyakan masyarakat Indonesia mempercayai bahwa setiap rumah yang kosong atau tidak berpenghuni dalam waktu yang lama akan ditinggali oleh hantu. Hal tersebut juga kejadian dengan pohon beringin. Yuph, pohon yang besar nan teduh ini sering dikaitkan dengan hal-hal yang mistis. Salah satu mitos yang mana belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya ialah bahwa pohon ini merupakan rumah bagi hantu. Apa saja Mitos pohon beringin lain yang dipercayai oleh kebanyakan masyarakat Indonesia? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Tidak Boleh ditebang

Mitos pohon beringin pertama yang banyak dipercaya oleh orang ialah bahwa pohon beringin itu tidak boleh ditebang. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan bagi orang awam mengapa pohon tersebut tidak boleh ditebang. Banyak orang percaya bahwa bagi siapapun yang menebang pohon ini maka dia akan tertimpa dengan kesialan. Hal tersebut ternyata sudah menjadi hal yang dipercaya oleh banyak orang sehingga banyak orang yang tidak berani ketik mereka disuruh untuk menebang pohon beringin ini. selain itu, pohon beringin ini juga menjadi symbol dari salah satu partai yang Berjaya ketika orde baru.

Rumah Genderuwo

Selain tidak boleh ditebang, mitos selanjutnya kaitannya dengan pohon beringin ialah bahwa pohon ini dipercaya merupakan rumah hantu genderuwo. Pohon ini memang sangat dikenal dengan suasana mistik. Maka tak heran jika banyak orang yang takut ketika melewati pohon ini terlebih ketika malam menjelma. Pohon ini dipercaya sebagai rumah hantu genderuwo dan cukup banyak orang yang menceritakan bahwa pohon ini disinggahi oleh hantu genderuwo meskipun hal tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya. Namun demikian, masih banyak orang yang tidak berani melewati pohon ini karena takut dan masih mempercayai bahwa pohon tersebut disinggahi oleh genderuwo.

Tidak Boleh Kencing di sekitar pohon beringin

Selain dipercaya bahwa pohon beringin merupakan rumah genderuwo, mitos kaitannya dengan pohon beringin selanjutnya yang bisa anda ketahui ialah bahwa banyak orang yang dilarang untuk kencing di pohon beringin ini. tidak boleh kencing di pohon beringin dan juga pohon-pohon yang lain tentunya memang hal yang baik dilakukan. Namun demikian, belum diketahui alasan secara pasti mengapa banyak orang yang percaya bahwa tidak boleh kencing di sekitar pohon tersebut. Ada mitos bahwa pohon beringin tersebut merupakan tempat tinggal makhluk halus yang mana ketika pohon tersebut dikencingi tentunya yang punya rumah akan marah akan hal tersebut. Ada yang mempercayai bahwa ketika ada yang kencing di pohon beringin mereka akan terkena penyakit sawan atau penyakit gangguan jin.

Itulah beberapa Mitos pohon beringin yang sampai saat ini masih dipercayai di tengah-tengah masyarakat modern ini. sebagai orang yang diberikan akal dan iman oleh Tuhan, sudah seharusnya kita tidak langsung mempercayai dan juga tidak langsung menolak kaitannya dengan hal-hal yang masih belum bisa dibuktikan begitu juga dengan mitos-mitos pohon beringin ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *