Home > Mistis > Mitos Mengenai Makhluk Gaib Penjaga Pulau Jawa

Mitos Mengenai Makhluk Gaib Penjaga Pulau Jawa

Setiap daerah atau kepulauan selalu memiliki kisah sejarahnya masing-masing. Terutama untuk hal-hal yang menjadi mitos atau kepercayaan warga setempat. Hal-hal gaib merupakan salah satu cerita mistis yang dimiliki oleh setiap daerah atau tempat. Setiap tempat selalu memiliki ceritanya masing-masing yang menjadi keyakinan masyarakatnya. Seperti halnya pulau Jawa. Pulau Jawa menyimpan banyak sejarah dan mitos yang sangat dipercaya oleh masyarakat Jawa. Dalam hal-hal gaib ada banyak kisah atau bahkan sering dianggap sebagai peringatan yang dipercaya dan tidak boleh disangkal oleh masyarakat Jawa. Contohnya saja mengenai Makhluk gaib penjaga Pulau Jawa.

Makhluk gaib merupakan hal mistis yang diyakini benar-benar ada. Meski keberadaan mereka sama sekali tidak kita ketahui. Namun tidak jarang yang benar-benar mempercayainya atau bahkan pernah mengalaminya. Pulau Jawa merupakan salah satu kepulauan yang masih sangat dekat dengan cerita-cerita mistis atau masyarakatnya yang masih sangat meyakini adanya hal mistis yang menjaga Pulau Jawa. Kebudayaannya yang sangat kental membuat masyarakat Jawa masih sangat mengutamakan kepercayaan kepercayaan dari orang-orang Jawa terdahulu. Menurut orang Jawa ada mitos-mitos yang tidak boleh dilanggar, karena jika dilanggar maka diyakini bahwa hal tersebut dapat membawa bencana.

Kisah Makhluk Gaib Penjaga Pulau Jawa

Penjaga Pantai Selatan Pulau Jawa

Pantai selatan merupakan salah satu tempat di Pulau Jawa yang konon dihuni oleh ratu Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul merupakan makhluk gaib penjaga Pulau Jawa yang ada di pantai selatan. Pantai selatan ini diyakini sering memakan korban yang dianggap sebagai tumbal untuk dijadikan budak Nyi Roro Kidul. Ketika mengunjungi Pantai Selatan ini, ada pantangan-pantangan yang tidak boleh dilanggar karena katanya jika dilanggar akan menyebabkan korban. Seperti mitos yang mengatakan bahwa saat anda berkunjung ke Pantai Selatan ini anda dilarang memakai baju dengan warna-warna tertentu yang diyakini bahwa warna itu akan menarik perhatian Nyi Roro Kidul. Sehingga anda bisa dibawa ke alamnya dan menjadi budak Ratu Kidul.

Penghuni Gunung Merapi

Gunung merapi ini memiliki kepercayaan mengenai pasar bubrah, yang konon dipercaya sebagai pasarnya makhluk-makhluk gaib atau jin. Watu gubug di gunung merbabu diyakini sebagai pintu gerbang untuk masuk ke kerajaan gaib. Di puncak gunung terdapat lapangan luas, yang katanya seringkali terdengar suara kaki kuda atau bahkan ada yang melihat istana. Mitos ini sangat dipercaya oleh masyarakat, terutama bagi para pendaki gunung tentu sudah sangat familiar dengan ini. Setiap tahun Kraton Yogyakarta mengadakan upacara untuk menghormati Eyang Sapu Jagad atau makhluk penunggu Pulau Jawa yang ada di Gunung Merapi.

Gunung Tidar Magelang

Gunung tidar merupakan salah satu mitos yang sangat dikenal dikalangan masyarakat Jawa. Bahkan sudah menjadi pembicaraan yang luas. Gunung tidar ini dipercaya sebagai paku Tanah Jawa. Di puncak gunung tidar ini terdapat lapangan yang ditengahnya tugu, tugu inilah yang dipercaya sebagai paku Tanah Jawa yang apabila paku tersebut dicabut maka Tanah Jawa akan mengalami bencana.Gunung tidar ini juga dahulu dikenal sebagai tempat yang angker, konon katanya siapapun yang datang dipastikan mati.Sampai sekarang, gunung tidar seringkali dijadikan tempat untuk melakukan ritual atau sekedar untuk ziarah. Hal ini karena dipuncak gunung Tidar terdapat makam.

Pulau Jawa ternyata memiliki banyak mitos yang hingga kini masih sangat diyakini dan dipercaya oleh masyarakat setempat. Pada dasarnya semua tempat pasti memiliki hal-hal gaib yang menjadi cerita sejarahnya. Makhluk gaib penjaga Pulau Jawa diyakini memang ada ditempat-tempat tertentu yang ada di Pulau Jawa. Itulah sebabnya ketika berkunjung ke tempat-tempat seperti gunung tidar, gunung merapi atau pantai selatan kita tidak boleh sembrono. Apalagi melanggar pantangan-pantangan yang menjadi kepercayaan masyarakat setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *