Mitos Kejatuhan Cicak Yang Kadang Diluar Nalar

Di Indonesia, kita sudah akrab dan mengenal dengan berbagai mitos yang berkembang. Mitos sendiri merupakan kepercayaan terhadap hal takhayul sebab akibat jika kita melakukan sesuatu. Salah satunya adalah mitos kejatuhan cicak. Mitos ini memiliki petanda bahwa akan tertimpa sial bagi yang mengalami. Jika dilihat secara logika, yang sial justru adalah cicak yang tidak hati-hati. Namun ternyata mitos ini berkembang dan memiliki arti masing-masing jika cicak jatuh di bagian tubuh.

Mitos kejatuhan cicak di bagian tubuh tertentu

  1. Mitos kejatuhan cicak di kepala

Ada yang meyakini bahwa mitos kejatuhan cicak di kepala bahwa rezeki akan seret atau bakal sulit memperoleh rezeki. Selain itu, ada juga yang meyakini bahwa ini adalah pertanda bahwa kalau akan ada anggota keluarga yang akan wafat. Bisa juga merupakan petanda akan mengalami musibah seperti misalnya kecelakaan.

  1. Mitos kejatuhan cicak di tangan

Kejatuhan cicak pada bagian tangan diyakini merupakan petanda pekerjaan yang dilakukan akan sia-sia dan tidak mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Bisa juga sebagai pertanda bahwa rezeki kamu akan tertunda. Selain itu, ada yang percaya bahwa kamu akan kehilangan pegangan hidup. Dalam hal ini kehilangan pendamping hidup. Tapi jika kamu memang mengalami kejatohan cicak seperti itu, teruslah berpikir positif dan harus bekerja lebih sungguh-sungguh.

  1. Mitos kejatuhan cicak di kaki

Mitos kejatuhan cicak di kaki ini berarti akan mendapatkan kesialan dalam perjalanan yang akan kamu tuju. Misalnya terpeleset di jalan, kecelakaan mobil atau motor dan sebagainya. Atau bisa juga bermakna perjalanan yang kamu lakukan tidak sesuai dengan keinginan kamu. Misalnya ingin ke rumah teman, tetapi setelah sampai disana temanmu tidak ada di rumah.

  1. Mitos kejatuhan cicak di pundak

Kejatuhan cicak di pundak berarti kesialan pada keluarga atau beberapa orang yang kamu sayangi. Bisa juga berarti akan kehilangan pekerjaan sekarang. Arti lainnya adalah kamu akan mendapat cobaan hidup dengan beban yang berat. Ambil sisi positifnya dan teruslah berpikir positif. Karena kamu telah menyiapkan mental menghadapi hal yang buruk.

  1. Mitos kejatuhan cicak di paha

Mitos ini memiliki makna kamu akan memperoleh masalah di jalan. Bila kejatuhannya di paha kanan, tandanya kamu akan mendapat masalah dari rekan kerja. Sedangkan jika jatuhnya di paha kiri, kamu akan mendapatkan masalah dari orang asing.

  1. Mitos kejatuhan kotoran cicak

Pertanda bahwa akan mendapatkan penyakit.

Cara menangkal atau mengatasi kesialan dari kejatuhan cicak, caranya adalah dengan menangkap cicak itu lalu dibunuh. Setelah dibunuh dan diludahi, niatkan agar kesialan yang akan menimpa kita terbawa bersama dengan cicak yang mati itu. Kelihatannya memang kejam, namun dalam agama Islam kita memang dianjurkan untuk membunuh cicak.

Selain mitos kejatuhan cicak, juga ada mitos mengenai asal suara cicak. Yaitu sebagai berikut:

  • Bunyi cicak dari timur: pekerjaan akan gagal atau sia-sia.
  • Bunyi cicak dari tenggara: mengalami hal yang sedang-sedang saja atau seimbang dalam hal kebahagiaan dan kesedihan.
  • Bunyi cicak dari selatan: bertemu dengan seseorang yang dikenal lama.
  • Bunyi cicak dari barat daya: mendapat kesialan yang besar.
  • Bunyi cicak dari barat: mendapat rezeki yang baik.
  • Bunyi cicak dari barat laut: menderita sakit atau terkena penyakit.
  • Bunyi cicak dari utara: mendapat kebaikan atau kebahagiaan.
  • Bunyi cicak dari timur laut: mendapat cobaan yang berat, kemungkinan kematian.
  • Bunyi cicak persis di tengah atas: rezeki yang dinanti akan datang atau mimpinya terkabul.
  • Bunyi cicak ketika sedang membicarakan sesuatu: yang dibicarakan adalah kebenaran.

Sekian mitos kejatuhan cicak dan masih banyak lagi mitos yang ada di Indonesia.

Leave a Reply