Home > Mistis > Mitos Gunung Merapi Yang Penuh Misteri

Mitos Gunung Merapi Yang Penuh Misteri

Gunung merapi tak hanya terkenal sebagai gunung paling aktif di indonesia. Tetapi juga terkenal sebagai gunung yang memiliki kisah misteri yang banyak sekali. Sejak meletus pada tahun 2010, gunung merapi sedang proses pemulihan untuk menjadi tempat yang kembali subur. Buat orang di sekitar merapi atau pernah mendaki ke gunung merapi, mungkin pernah mengalami hal-hal aneh disini. Bahkan sudah ada beberapa film yang menceritakan tentang kemistisan gunung merapi. Berikut ini mitos gunung merapi yang perlu anda ketahui.

Pasar brubah

Sebelum anda mendaki ke puncak gunung merapi, akan melihat tumpukan batuan yang banyak sekali. Warga sekitar menyebutnya sebagai pasar burbah. Tempat ini sangat angker. Pasar bubrah terkenal sebagai pasarnya makhluk halus penghuni gunung merapi. Batu-batu itu digunakan sebagai warung, tempat duduk dan lainnya oleh mereka. Buat pendaki yang melewati tempat ini, diwajibkan untuk bersikap sopan santun. Jika salah, mereka bisa saja penculik para pendaki dan membuatnya hilang begitu saja. Jika melewati daerah ini pada malam hari, akan terdengar seperti suasana pasar yang ramai.

Kerajaan makhluk halus di gunung merapi

Banyak orang yang percaya, kalau gunung merapi merupakan kerajaan bagi makhluk halus. Di puncak gunungnya terdapat sebuah kerajaan seperti kerajaan mataram di zaman dulu kala. Kehidupannya hampir sama dengan kehidupan masyarakat pada umumnya. Ada pemimpin dan masyarakat. Ditempati oleh dua orang yaitu empu permadi dan empu rana. Kehidupan pemerintah yang mengurusi semua hal tentang gunung merapi. Kyai petruk salah satu prajurit mereka, sering terlihat ketika gunung merapi akan meletus.

Bunker menangis

Mitos gunung merapi selanjutnya berada di bunker menangis. Di daerah gunung merapi memang dibangun beberapa bunker yang berada di bawah tanah. Bunker ini digunakan ketika gunung meletus. Pada ledakan tahun 2010 kemarin, bunker ini digunakan oleh dua orang relawan yang berlindung dari keganasan wedhus gembel. Tapi ternyata mereka malah terpanggang didalam bunker, karena panas wedhus gembel yang sangat panas. Sekarang ketika anda berkunjung ke bunker ini, seperti terdengar suara tangisan dan orang minta tolong. Suasana disini memang sangat seram.

Puncak garuda

Bulan mei tahun lalu, ada berita seorang pendaki bernama eri yunanto jatuh terpeleset ke kawah gunung merapi. Dia sedang berfoto di puncak garuda. Tebing batu ini tinggi dan menjulang. Puncak garuda ini dulunya sempat menghilang ketika gunung merapi meletus pada tahun 2010. Batuan yang digunakan eri untuk berfoto mirip dengan puncak garuda yang sudah menghilang. Ini menjadi keanehan bagi sebagian orang. Eri tewas karena jatuh ke kawah gunung merapi setelah berfoto di atas puncak garuda.

Masih banyak sekali tempat angker di gunung merapi. Hampir semua tempatnya memiliki misteri tersendiri. Misalnya gunung wutoh yang menjadi pintu gerbang utama untuk menuju ke keraton merapi. Disini juga tinggal seorang makhluk halus bernama nyai gadung melati.ada yang namanya hutan gamelan, hutan patuk alap-alap,hutan blumbang dan masih banyak lainnya. Setiap tempat memiliki misteri tersendiri. Anda bisa melihat sisa-sisa letusan gunung merapi, dengan mengikuti lava tour. Anda juga bisa mendaki ke puncak gunungnya. Pada saat mendaki selalu hati-hati dan jaga tata krama. Semua alam pasti ada penghuninya, kita harus menghargai semua penghuni di gunung merapi termasuk penghuni tak kasat mata. Sekian artikel tentang mitos gunung merapi. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *