Misteri Telepon untuk “Mantri” di Tengah Malam

“Mantri” adalah sebutan bagi orang yang ahli dalam bidang kesehatan. Pekerjaannya mirip seperti dokter atau bidan yaitu mengobati pasien. Bedanya, mereka tidak bekerja di rumah sakit atau klinik. Tetapi, mantri akan lebih sering datang ke rumah untuk menemui pasiennya. Anda hanya perlu memanggil atau menelponnya, pastilah sang mantri akan segera datang ke rumah kapanpun. Mungkin Anda yang tinggal di kota masih asing mendengar istilah tersebut, tetapi bagi masyarakat desa, Mantri adalah penolong ketika mereka jatuh sakit.

Cerita kali ini juga menceritakan seorang mantri. Sudah biasa jika mantri tiba-tiba mendapat telepon dan harus segera menuju ke rumah pasiennya. Bukankah hal tersebut sudah menjadi tugasnya sehari-hari. Lalu apa yang menarik dari cerita seorang mantri? Mengapa disebut memiliki cerita mistis?  Kejadian mantri yang menyimpan sebuah cerita mistis ini terjadi di kawasan Temanggung Jawa Tengah, tepatnya di daerah Kledung.

Sehabis magrib, Mantri yang rumahnya ada di Parakan Temanggung tiba-tiba mendengar teleponnya berdering. Pak Mantri pun segera mengangkatnya. Siapa tahu ada hal darurat yang harus segera ia tangani. Dan benar, ketika ia mengangkat telepon, di seberang sana terdengar suara seorang perempuan yang memintanya datang segera ke rumahnya. Mantri pun langsung menanyakan alamat si perempuan dan perempuan menjawab, rumahnya berada di daerah Kledung. Langsung saja, sehabis menutup telepon dari pasiennya, pak Mantri pun segera menancap gas motornya dan menuju ke rumah perempuan tersebut. Tentunya, ia pun tidak ada perasaan curiga sedikitpun.

Sekitar setengah jam pak Mantri harus menempuh perjalanan untuk bisa sampai ke rumah pasien yang menelponnya tadi. Sampai di daerah yang disebutkan si perempuan, pak Mantri pun sedikit bingung. Ia ingin bertanya kepada orang-orang yang ada di sekitar jalan yang ia lalui. Sayang, tak ada satupun orang yang lewat karena kebetulan orang-orang sedang sibuk sholat magrib di rumah atau di masjid. Akhirnya, setelah beberapa saat, pak mantri pun menemukan alamat yang dicarinya. Ia segera memarkir motor di depan rumah, mengetuk pintu, masuk dan langsung memeriksa pasiennya. Setelah selesai, ia pun langsung pamit pulang karena takut kemalaman.

Ketika sudah menaiki motornya, pak Mantri pun merasa ada sedikit janggal. Mengapa jalan yang dilaluinya sungguh sepi padahal magrib sudah berlalu dari tadi. Meskipun kawasan Kledung itu sepi, tetapi seharusnya masih ada satu dua orang yang berlalu lalang. Pada saat itu, tak sengaja pak Mantri menoleh ke belakang ke arah rumah yang baru saja di datanginya. Alangkah kagetnya karena rumah si perempuan tiba-tiba menghilang dan berubah menjadi area pemakaman. Seperti masih tak percaya, Mantri pun kembali memastikan dan kini ia percaya bahwa area yang didatanginya memang kuburan.

Akhirnya, pak Mantripun mengendarai motornya dengan cepat karena ia sangat ketakutan. Ia masih tak percaya akan apa yang baru saja dialaminya. Sampailah di persimpangan, Mantri melihat jalan raya sudah tak sesepi lagi. Pada saat itu, Mantri memberanikan diri bertanya pada orang yang kebetulan lewat. Dan tak disangka, orang tersebut mengatakan bahwa alamat yang ditanyakan pak Mantri adalah kawasan pekuburan. Daerah tersebut dikenal angker dan konon katanya ada kuntilanak yang tinggal di Pohon Beringin besar di pemakaman tersebut. Mendengar jawaban tersebut, Mantri semakin dibuat yakin. Semenjak itu, Mantripun sangat berhati hati. Ia selalu menolak ketika pasien menelpon dan memintanya untuk datang di malam hari.

Leave a Reply