Misteri Palung Mariana Yang Misterius Tempat Terdalam di Bumi

Bumi memiliki tempat paling dalam yang disebut dengan Palung Mariana. Palung Mariana merupakan palung terdalam sampai ke kerak Bumi yang terletak di dasar Barat Laut Samudra Pasifik. Palung ini memiliki kedalaman hingga 10.911 meter atau 35.798 kaki di bawah permukaan laut. Palung Mariana bahkan lebih tinggi daripada Gunung Everest yang merupakan gunung dengan puncak tertinggi dunia, tinggi palung ini memiliki tinggi 35 kali dari tinggi Menara Eiffel.

Palung Mariana pertama kali ditemukan pada tahun 1875 oleh HMS Challenger yang merupakan sebuah kapal angkatan laut Britania. Setelah penemuan pertama tersebut, pada tahun 1951 HMS Challenger II mulai meneliti palung ini. Digunakan gema suara untuk mengukur kedalaman laut ini dan stopwatch untuk mengukur kecepatan mesin gema suara. Berikut terdapat beberapa fakta misterius mengenai tempat terdalam di Bumi.

  1. Terbentuk Sejak 180 Tahun yang Lalu

Menurut penelitian, Palung Mariana terbentuk karena adanya benturan antara Lempeng Pasifik dan Lempeng Filipina. Benturan ini menyebabkan adanya lapisan yang jatuh ke mantel bumi yang kemudian membentuk Palung Mariana dengan kedalaman hingga 11 km, lebar 64 meter dan membentang sepanjang 2550 km.

  1. Memiliki Tekanan yang Sangat Tinggi

Dengan kedalaman yang dimiliki oleh Palung Mariana, tekanan laut yang dihasilkan menjadi sangat tinggi karena semakin dalam laut maka akan semakin kuat tekanan airnya. Palung Mariana memiliki tekanan air mencapai sekitar 703 kilogram per meter persegi atau 1000 kali lebih kuat daripada tekanan air di dasar lautan lain. Tekanan ini bisa diilustrasikan seperti berat jika anda ditumpuk oleh 50 unit pesawat jet atau 1600 ekor gajah Afrika. Maka itu jangan pernah mencoba menyelam ke dasar Palung Mariana tanpa alat bantu maupun pelindung.

  1. Zona Misterius

Palung Mariana terbagi menjadi 4 zona yaitu zona litoral dan zona bathyal merupakan permukaan laut hingga kedalaman 3 km ke bawah, zona abisal dengan kedalaman mencapai 6km dan zona handal dengan kedalaman di atas 6 km. Jika anda menyelam di Palung Mariana hingga mencapai zona abisal tanpa alat bantu maka anda bisa saja meninggal. Namun anehnya dengan kedalaman ini masih banyak hewan aneh dan tumbuhan yang hidup di dasar laut.

  1. Terdapat 3 Orang yang Berhasil Menyelam ke Dasar Laut

Sebelumnya HMS Challenger yang menemukan Palung Mariana hanya meneliti sampai ke dasar dengan menggunakan bantuan alat namun pada 23 Januari 1960 terdapat 2 orang bernama Don Walsh dan Jacques Puccard yang berhasil menyelam sampai ke kedalaman 10.911 meter dengan menggunakan kapal kecil bernama Triest.

Don Walsh adalah letnan Angkatan Laut AS dan anggota kapal selam. Menurut Walsh dan Jacques, mereka tidak melihat apapun di dasar lautan karena sangat gelap dan mengerikan. Kemudian pada 25 Maret 2012, James Cameron, seorang sutradara terkenal berhasil menyelam dengan kapal torpedo mini, The Deepsea Challenger.

  1. Tempat Makhluk Mengerikan

Banyak sekali makhluk aneh dan mengerikan yang hidup di Palung Mariana namun hanya beberapa yang pernah ditemukan berbeda dengan hewan-hewan di permukaan laut. Ditemukan Ikan Seadevil yaitu ikan yang bisa mengeluarkan cahaya dari antenanya dan hiu hantu yang panjangnya mencapai 6 meter. Ada juga makhluk aneh seperti amoeba raksasa, udang tanpa cangkang, teripang kerdil, dan ubur-ubur dengan kepala yang bersinar.

  1. Suara Mengerikan

Pada tahun 2015 para ilmuwan melakukan penelitian dengan menempatkan alat perekam suara di dasar Palung Mariana dan mendapatkan penemuan yang mengerikan bahwa pernah terjadi gempa bumi berskala 5.0 SR, ada juga suara angin topan dan badai yang sangat bising.

Leave a Reply