Misteri Okiku: Boneka Asal Jepang yang Rambutnya Terus Tumbuh

Pernahkah Anda mendengar tentang boneka Okiku? Ya, Okiku adalah nama boneka misterius yang ada di sebuah kuil yang berada di Iwamizawa, Jepang. Boneka ini dianggap sebagai boneka hantu dan ada kisah misteri yang menaungi boneka ini. Padahal, Okiku sudah ada di kuil tersebut sejak satu abad yang lalu.

Fakta menyeramkan dari boneka ini adalah Okiku dianggap sebagai boneka hantu dan masyarakat di Hokkaido, Jepang sangat menakuti boneka yang satu ini. Ya, masyarakat akan merasa ketakutan ketika melihat boneka yang ada di kuil tersebut.

Bagaimana mereka tidak ketakutan, boneka yang memiliki bentuk seperti seorang gadis dengan warna rambut hitam dan baju merah tersebut seolah-olah hidup. Menurut kesaksian sebagian orang, Okiku memiliki rambut yang terus tumbuh setiap hari layaknya manusia.

Beberapa kalangan langsung menyimpulkan bahwa Okiku mirip dengan Annabelle. Ya, Okiku dianggap sebagai boneka hidup yang memiliki sebuah aura misterius yang begitu menyeramkan.

Okiku dan Pemilik yang Menyayanginya

Beredar kisah tentang Okiku dengan pemiliknya yang sangat menyayanginya. Kisah tersebut menceritakan bahwa Okiku adalah boneka yang dimiliki oleh seorang anak kecil berusia 3 tahun. Nama anak tersebut adalah Kikuko.

Seperti anak-anak lainnya yang suka bermain dengan boneka, Kikuko pun juga demikian. Ketika itu tahun 1918, kakak Kikuko membelikan boneka untuknya sebagai hadiah. Ia merasa sangat senang dan selalu membawanya ke mana pun ia pergi untuk bermain.

Kikuko sudah menganggap Okiku sebagai salah satu teman terbaiknya. Lebih dari itu, boneka tersebut seolah seperti adik sendiri yang sangat ia sayangi. Akan tetapi, suatu saat, Kikuko sakit keras. Ia menderita flu yang ternyata tidak seperti yang dibayangkan pada awalnya.

Flu yang terlalu berat itu membuat kesehatan Kikuko drop dan sangat menurun hingga akhirnya ia meninggal dunia. Sepeninggal Kikuko, boneka Okiku akhirnya dititipkan ke kuil sebagai kenang-kenangan karena pihak keluarga sangat terpukul atas kematiannya dan boneka tersebut selalu mengingatkan pada kehadiran Kikuko.

Rambut yang Memanjang

Sekilas, boneka Okiku tampak sebagaimana boneka pada umumnya. Boneka tersebut lucu dan cantik dengan wajah khas anak-anak. Oleh karena keunikan itulah Kikuko sangat menyukai Okiku dan mengajaknya bermain kapan pun.

Namun, ketika boneka tersebut diserahkan pada pihak kuil, keanehan mulai muncul. Dulu, ketika pertama kali dibawa ke kuil, rambut boneka tersebut hanya sebatas rahangnya saja. Setelah beberapa waktu, rambut Okiku ternyata terus tumbuh sebagaimana rambut pada anak manusia.

Pihak kuil mengaku bahwa mereka sempat memotong rambut Okiku. Akan tetapi, rambut Okiku ternyata juga terus tumbuh. Tidak hanya rambut, beberapa kalangan juga percaya bahwa gigi Okiku juga turut tumbuh.

Keanehan ini membuat para pengurus kuil merasa heran sekaligus merasakan ada hal yang tidak beres dengan boneka tersebut. Akan tetapi, alih-alih membuangnya, pihak kuil tetap merawat boneka tersebut sebagai salah satu ucapan terima kasih atas pemberian yang dilakukan oleh keluarga Kikuko.

Banyak kasak-kusuk yang muncul mengenai boneka Okiku yang misterius tersebut. Cukup banyak yang beranggapan dan mengatakan jika Okiku kemasukan arwah pemiliknya sehingga rambut serta giginya tetap tumbuh sebagaimana anak manusia pada umumnya.

Namun, pihak kuil belum memutuskan apapun mengenai hal ini. Penelitian juga sudah dilakukan namun belum menjawab teka-teki mengenai rambut Okiku yang tumbuh. Meskipun demikian, Okiku menjadi salah satu inspirasi beberapa karya novel, film dan drama tradisional khas Jepang hingga saat ini.

Leave a Reply