Misteri Lubang Hitam yang Belum Terpecahkan

Sebagian besar dari anda pasti sudah mengetahui berbagai fenomena yang terjadi di Bumi baik fenomena yang bisa dijelaskan oleh ilmu sains ataupun yang sampai sekarang masih menjadi perdebatan. Tahukah anda bahwa di luar angkasa juga terdapat berbagai fenomena yang terjadi bahkan menyimpan banyak misteri yang sampai sekarang masih belum terpecahkan, salah satunya adalah lubang hitam atau dikenal dengan istilah ‘Black Hole’ oleh para ilmuwan.

Apa itu Black Hole?

Black hole atau lubang hitam adalah lubang dengan gravitasi paling kuat di luar angkasa yang membutuhkan massa yang sangat besar untuk membuat lubang tersebut. Terdapat permukaan di sekitar lubang hitam yang dinamakan Horizon Peristiwa. Objek permukaan inilah yang mengerikan karena dapat menghisap benda apapun yang berada di sekitarnya dan dipastikan tidak akan bisa kembali lagi. Masih belum ditemukan di mana benda yang terhisap tersebut berakhir, apakah masuk ke dunia lain di dalam lubang ataukah benda-benda tersebut musnah selamanya.

Teori Black Hole

Menurut beberapa teori astronomi bahwa lubang hitam bisa saja berukuran sangat kecil namun bisa juga berukuran sangat besar. Teori mengenai lubang hitam pertama kali dikemukakan oleh John Michell dan Pierre Simon Laplace pada abad ke-18. Teori tersebut kemudian dikembangkan oleh ilmuwan asal Jerman bernama Karl Schwarzschild pada tahun 1916 dengan menggabungkannya terhadap teori relativitas milik Albert Einstein yang kemudian dipopulerkan oleh Stephen Hawking.

Teori Terbentuknya Black Hole

Terdapat sebuah bintang di luar angkasa yang memiliki tingkat energi radiasi yang sangat tinggi dan gaya gravitasi yang seimbang. Namun ketika bintang tersebut kehabisan simpanan bahan bakarnya maka secara teori tingkat radiasinya melemah sehingga tidak sebanding dengan gaya gravitasinya. Karena inilah bintang tersebut mengalami ledakan yang sangat dahsyat yang dikenal dengan ledakan supernova. Para ilmuwan meyakini bahwa lubang hitam terbentuk akibat ledakan tersebut.

Misteri Di Dalam Black Hole

Sampai saat ini para ilmuwan astronomi masih belum bisa memastikan ada apa dibalik lubang hitam namun menurut beberapa teori yang telah dikemukakan bahwa pusat lubang hitam merupakan ruang waktu yang disebut dengan singularitas. Dari teori tersebut ada yang mengatakan bahwa isi dari lubang hitam adalah dunia lain dengan waktu yang sangat lambat dibandingkan dengan waktu yang berjalan di Bumi.

Bahkan ada pula yang mengatakan kita bisa melihat isi Bumi dan orang-orang di sana namun mereka akan menua duluan yang kemudian situasi sekitar akan meredup menjadi gelap yang menyebabkan manusia di dalamnya akan lenyap karena perlambatan ruang dan waktu.

Apa yang Akan Terjadi Jika Manusia Terhisap ke Dalam Black Hole?

Ahli astronomi membuat teori apabila ada manusia yang terhisap ke dalamnya maka manusia tersebut akan menjadi seperti partikel-partikel kecil yang berputar karena gaya gravitasi yang sangat kuat. Anggota tubuhnya akan tertarik dan mengalami peregangan yang memanjang seperti karet yang sangat elastis.

Namun ada teori yang mengatakan manusia tidak akan bisa bertahan dan akan langsung musnah sebelum sampai ke dalam lubang hitam. Itu semua hanyalah teori karena orang-orang masih bertanya bagaimana peneliti melakukan penelitian karena benda apapun yang mendekati lubang hitam akan selalu dihisap ke dalam.

Misteri Black Hole Lainnya yang Masih Belum Terpecahkan

     Lubang hitam yang satu dapat bertabrakan dengan lubang hitam lainnya kemudian bergabung menjadi lubang hitam dengan bentuk dan ukuran yang lebih besar.

     Lubang hitam juga memiliki waktu hidup yang berbeda-beda. Bisa terbentuk dan mati atau runtuh sendiri pada waktu tertentu.

     Lubang hitam juga memancarkan radiasi yang diberi nama Radiasi Hawking serta memancarkan energi.

     Sangat banyak lubang hitam yang ditemukan di luar angkasa dengan ukuran yang berbeda-beda.

     Lubang hitam memiliki tekanan, suhu, kerapatan, dan gravitasi yang tak terhingga.

     Lubang hitam bisa berputar dengan sumbu rotasi dan kecepatan tertentu.

     Beberapa lubang hitam memiliki massa yang berbeda-beda bahkan ada yang memiliki massa lebih besar daripada Matahari.

 

 

Leave a Reply