Misteri Jembatan Setan Merbabu yang Menantang Sekaligus Menyeramkan

Misteri jembatan setan merbabu- Gunung merbabu adalah salah satu gunung yang dipilih sebagai tempat pendakian bagi mereka yang suka mendaki gunung. Jika dilihat, gunung tersebut nampak gagah dan seakan-akan meminta para pencintanya untuk tak bosan melewatinya pada saat pendakian. Sebagai gunung yang dikatakan menantang, tak heran jika gunung merbabu tidak pernah sepi dari para pendaki. Namun, dibalik pesona yang ditawarkan oleh Merbabu, merbabu menyimpan sebuah misteri yang bisa dijadikan sebagai ajang uji nyali bagi para pendakinya.

Seperti gunung lainnya, merbabu juga menyimpan cerita yang sudah menjadi hal yang nyata di mata pendakinya. Di gunung Merbabu ada salah satu spot pendakian yang dikenal cukup angker dan tempat tersebut dinamakan jalan setan. Mendengar namanya saja, mungkin Anda akan dibuat merinding dan membayangkan bagaimana menyeramkannya jembatan tersebut. Jika memang benar sesuai dengan namanya, maka jembatan itu benar-benar menyeramkan karena dihuni oleh berbagai makhluk halus penunggu gunung merbabu.

Jembatan setan pada kenyataannya adalah sebuah jembatan yang wujudnya tebing dan di bawah tebing ada jurang yang sangat dalam. Untuk dapat melewatinya dengan selamat, pendaki dituntut untuk tetap focus dan berkonsentrasi. Ketika pendaki salah dalam menapakkan langkahnya, tebing yang curam itu bisa saja membuat nyawa pendaki melayang kapan saja. Sebenarnya, jembatan di merbabu itu dikenal dengan jembatan setan karena rute jalannya yang sangat sempit tetapi begitu licin. Dengan rute yang seperti itu, pendaki tentunya benar-benar mempertaruhkan nyawa karena jika tergelincir, mereka bisa masuk jurang dan sulit untuk ditemukan.

Pandangan akan jembatan setan di Merbabu akan sedikit berbeda ketika kita mendengar cerita dari pendaki yang kebetulan indigo atau dapat melihat makhluk halus. Dalam penglihatan pendaki yang indigo tersebut jembatan setan bukan semata-mata jembatan yang terbuat dari tebing terjal dan bawahnya jurang. Akan tetapi jembatan tersebut adalah tempat bermain makhluk-makhluk penunggu Gunung merbabu yang wujudnya seperti anak kecil. Konon katanya, anak kecil yang kasat mata itu tempat tinggalnya di dasar jurang tetapi mereka sangatlah sering bermain di sekitar tebing dan berusaha mengganggu para pendaki yang melintasi.

Meski tidak terlihat makhluk kecil di sekitar jembatan itu akan berusaha menggoda para pendaki yang tingkat konsentrasinya kurang. Yang namanya mendaki gunung pastinya melelahkan dan banyak dari mereka yang kurang focus dalam pendakian. Kurang konsentrasi itulah yang nantinya bisa membawa petaka bagi para pendaki karena makhluk kecil itu akan menggoda pendaki dengan membujuknya untuk melewati jalan yang ditunjukkan. Padahal, jalan yang ditunjukkan oleh makhluk kecil tersebut akan membuat si pendaki terpisah dengan teman-temannya dan dinyatakan tersesat. Beruntung jika pendaki tersesat masih dapat ditemukan tetapi kemungkinan terburuknya mereka bisa saja ditemukan jasadnya saja.

Maka dari itu, setiap melewati jembatan setan, para pendaki terkadang dibuat berdesir karena bukan hanya soal medan yang menantang, tetapi terlebih tentang nyawa yang dipertaruhkan. Oleh karena itu, demi keamanan selama pendakian, para pendaki haruslah benar-benar berkonsentrasi penuh pada saat melewati jembatan setan. Jikalau memang lelah melanda, lebih baik istirahat sejenak sebelum meneruskan perjalanan menuju jembatan setan karena pada saat lelah pendaki akan mudah digoda oleh makhluk halus dan terkadang ada pula yang bisa melihatnya dan terayu bujuk manis si kecil penunggu merbabu. Meski mitos tentang jembatan setan cukup menyeramkan, tetapi bagi pendaki yang bermental, itu tidak akan menjadi masalah dan sudah merupakan resiko dari pendakian. Sekian.

 

Leave a Reply