Misteri Jembatan Cincin Di Jatinagor Sumedang

Jembatan cincin merupakan peninggalan pada jaman Hindia Belanda, banyak bangunan yang merupakan peninggalan sejarah yang akhirnya tidak terawat dengan baik salah satunya jembatan ini, jembatan cincin dulunya merupakan rel kereta pengangkut barang atau hasil dari perkebunan dari Jatinangor ke Bandung yang digunakan Belanda, jembatan ini merupakan jembatan penghubung desa Cikuda dengan desa Cisaladah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Jembatan ini dibangun tahun 1918 oleh Staat Spoorwagen Verenidge Spoorwegbedrijf yang merupakan perusahaan kereta api milik pemerintahan Belanda.

Pembangunan ini awalnya tidak disetujui masyarakat sekitar namun karena rasa takut pada colonial Belanda mereka akhirnya menyetujui pembangunan jembatan tersebut dengan perjanjian tidak mengganggu pemakaman yang ada dibawah jembatan salah satunya makam Mbah Jambrong yang merupakan sesepuh atau ulama disana.

Jembatan cincin ini kini menjadi jalan untuk pejalan kaki yang menghubungkan kedua desa tersebut, namun apakah kamu tahu banyak sekali cerita mistis mengenai jembatan cincin ini? Banyak kisah yang diceritakan mahasiswa yang sering melewati jembatan tersebut dan di amini oleh masyarakat sekitar.

Hantu-hantu yang bergentayangan di jembatan ini bermacam-macam dari yang jahat hingga hantu yang baik dan ketika itu pernah datang paranormal yang mengatakan hantu yang baik itu merupakan hantu yang menjaga jembatan tersebut dan juga ia merupakan sesepuh yang memang makamnya tepat berada di bawah jembatan tersebut. Juga hantu yang jahat sering disebut oleh masyarakat dengan sebutan si kunti merah yang artinya dia si raja kuntilanak yang memang bersifat jahat. Banyak kejadian yang terjadi pada orang-orang yang melewati jembatan itu, tidak hanya malam siang bolong jika ada orang yang melamun melewati jembatan itu selalu ada penampakan yang muncul dari perempuan yang tiba-tiba melompat dari jembatan hingga suara perempuan meminta tolong, banyak kejadian yang terjadi adalah pada siang dan malam ketika seseorang melewati jembatan itu dan orang tersebut sedang melamun kejadiannya adalah ada seorang perempuan yang tiba-tiba melompat sontak orang yang melamun akan langsung berusaha menolong dan berusaha memegang tangan si perempuan tersebut namun nasib apes akan datang karena jika kita sudah melihat kebawah jembatan dari belakang tubuh kita akan ada yang mendorong dengan kencang dan otomatis kita akan terjatuh kebawah jembatan, sudah banyak korban memang dijembatan ini yang terjatuh bahkan sampai meninggal dunia.

Ada juga ketika malam hari sering terdapat penampakan yang terjadi seperti penampakan kuntilanak merah yang memang hanya terlihat jubah merah mengapung di tengah-tengah jembatan menuju pemakaman di sebrang jembatan. Bahkan yang melewati jembatan itu harus komat-kamit berdoa karena kadang ketika berjalan biasapun sering tiba-tiba muncul tangisan minta tolong atau perempuan yang tertawa bahkan yang menakutkannya sering terjadi angin kencang yang menyambar tubuh orang yang melewati jembatan tersebut.

Jembatan Cincin ini memang sangat mistis bagi setiap orang yang pernah melewatinya, dari penampakan yang sering muncul yaitu si kunti merah, atau suara-suara aneh yang menjerumuskan si pejalan kaki, karena suara-suara ini dapat mengagetkan pejalan kaki yang sontak ketika mendengar suara tersebut terkaget-kaget dan Karena panik malah melompat ke pinggir jembatan, yang sangat disayangkan juga banyak sekali korban berjatuhan di jembatan ini dari yang tiba-tiba melompat kebawah jembatan, yang terdorong tubuhnya oleh angin dan oleh makhluk halus juga si kunti yang menakutkan. Meskipun begitu sesepuh atau si mbah jambrong yang menjadi penunggu dibawah jembatan ini berpesan agar tidak takut pada makhluk jahat itu, dan selalu berdoa dan jangan melamun ketika melewati jembatan cincin ini.

Leave a Reply