Misteri Hantu Wanita Penunggu Kontrakan Tua Jogjakarta

Yogyakarta adalah kota yang berjuluk kota budaya karena di sana banyak sekali peninggalan sejarah, termasuk kraton jogjakarta yang sampai sekarang masih ada. Selain itu, kota Yogyakarta juga terkenal dengan kota pendidikan. Tak heran jika banyak sekali orang orang yang jauh dari luar daerah tak ingin membuang kesempatan untuk menuntut ilmu di kota tersebut. Saking banyaknya mahasiswa dari luar daerah yang menetap di jogja, tak heran jika banyak didirikan kost atau kontrakan yang disewakan khusus untuk para pelajar. Namun, nyatanya tidak semua kost atau kontrakan dapat memberikan kenyamanan. Bahkan, ada pula yang memberikan kesan mistis pada penghuninya.

Kontrakan yang dikenal berbau mistis di kota Yogya, salah satunya ada di daerah kota gede bantul jogjakarta. Dulunya, banyak para pelajar yang sering menjadikannya tempat kontrakan, sayangnya semua dari mereka akan memutuskan untuk pindah sebelum masa kontraknya selesai. Ada pula yang belum genap sebulan pun tetap memutuskan untuk angkat kaki. Ada apa sebenarnya dengan kontrakan yang ada di kota gede tersebut? Seseram apakah hingga para penyewa tidak betah untuk tinggal berlama lama di sana?

Saking mistisnya kontrakan tersebut, kini kontrakan hanyalah sebuah bangunan besar yang tidak berpenghuni. Tentu saja kesan rumah kosong yang horor pun sangat melekat pada rumah itu. Sekarang, jangankan ditantang untuk tinggal bahkan untuk memasuki atau melewati rumah pada malam hari pun masyarakat tidak akan ada yang berani melakukannya. Sekilas memang jika dilihat pada malam hari, kontrakan mistis itu tidak ada bedanya dengan rumah lain. Apalagi arsitektur belanda sangatlah kuat terlihat. Secara otomatis, rumah akan terlihat lebih gagah dibanding bangunan yang lainnya. Namun, jika petang sudah mulai merambah, suasana sunyi dan mistis akan terlihat di sana. Melihat dari luarnya saja sudah membuat bulu kuduk merinding. Apalagi harus memasuki atau meninggalinya.

Menurut masyarakat sekitar, jika hari sudah petang, penunggu rumah kontrakan itu akan duduk di teras depan rumah. Penunggu itu berwujud wanita berambut panjang. Ia akan terus duduk di pojokan teras hingga matahari muncul. Cerita tentang wanita penunggu itu pun sudah menjadi momok tersendiri bagi masyarakat sekitar. Itulah mengapa saat hari menjelang malam, tak ada yang berani mendekatinya. Sudah dapat dibayangkan jika kalian melihatnya, yang ada mata pun akan dibuat tak nyenyak waktu tidur. Belum lagi penghuni yang lain yang dapat dikatakan penunggu pendatang, seperti gendruwo dan sejenisnya sudah pasti betah nongkrong di rumah kosong tersebut.

Tentu yang namanya angker bukanlah tanpa sebab. Konon menurut cerita yang sudah banyak beredar, rumah kosong itu dulunya di tempati oleh suami istri. Sepasang suami istri itu dikenal sebagai pengusaha yang sukses. Tak heran jika bisnis yang dijalankannya terkadang membuat ia diincar banyak orang. Suatu ketika, sang suami pergi ke luar kota untuk urusan bisnisnya. Sang suami sudah berpesan pada sang istri bahwa jangan ia membukakan pintu untuk siapapun. Pesan suami bukan tanpa alasan. Hal itu ia lakukan karena ia sedang di bawah incaran para penjahat.

Dugaan suami ternyata benar adanya. Seusai ia pergi, ada 3 orang laki laki datang ke rumah. Pada awalnya sang istri tak mengindahkan tamu yang datang. Hingga pada akhirnya ia terpaksa membukakan pintu karena lupa akan pesan suaminya. Tamu mengatakan bahwa suaminya kecelakaan. Tentu saja sang istri panik. Saat ia membukakan pintu, tamu langsung masuk. Ia merampok seluruh isi rumah. Tak cukup itu, sebelum mereka pergi, mereka bahkan memperkosa sang istri pemilik rumah berkali kali dan mencekiknya hingga meninggal dunia. Semenjak itu, akibat kematian yang tak wajar, roh istri menjadi gentanyangan dan sering mengganggu mereka yang tinggal atau bahkan hanya lewat di depan rumahnya saja.

 

Leave a Reply