Misteri dan Mitos Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang selalu ramai dengan wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Gunung ini terletak di Jawa Barat, Indonesia. Selain keindahan alamnya yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, masyarakat sekitar percaya bahwa Gunung Tangkuban Perahu penuh dengan hal-hal mistis yang dikaitkan dengan legenda sangkuriang. Berikut akan dibahas misteri-misteri di Gunung Tangkuban Perahu.

  1. Tanjakan Maut

Jika anda ingin mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu pasti akan selalu melewati tanjakan maut. Tanjakan ini sudah sering memakan banyak korban jiwa. Menurut warga setempat, tanjakan ini memang sangat angker sehingga menyebabkan banyak kecelakaan. Konon katanya rentetan kecelakaan ini karena ulah supir angkot bernama Emen yang meninggal akibat kecelakaan yang merupakan kecelakaan pertama kali di tanjakan ini. Setelah itu banyak kecelakaan yang terjadi sehingga tanjakan ini juga disebut sebagai Tanjakan Emen.

  1. Wanita Misterius

Menurut penuturan seseorang, ada wanita yang terlihat gelisah dan meminta bantuannya untuk mencari selendang. Namun setelah beberapa jam mencari selendang yang belum ditemukan, wanita tersebut tiba-tiba menghilang begitu saja. Konon banyak para pengunjung yang juga mengalami kejadian serupa.

Penduduk setempat percaya bahwa wanita tersebut adalah penunggu yang ada di Gunung Tangkuban Perahu ataupun Dayang Sumbi yang mengganggu para pendaki dan pengunjung yang datang ke gunung tersebut.

  1. Goa Cikahuripan

Goa Cikahuripan yang terdapat di Gunung Tangkuban Perahu dipercaya sebagai tempat persemayaman Dayang Sumbi semasa hidupnya. Masyarakat percaya bahwa roh Dayang Sumbi masih ada di sana sampai saat ini. Mereka juga terkadang mendatangi goa tersebut dan meminta bantuan kepada Dayang Sumbi agar aktivitas vulkanik gunung tidak membahayakan mereka.

  1. Rintihan Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu kerap menjadi perbincangan karena legendanya tentang Sangkuriang yang menyukai ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Namun Sangkuriang gagal membuat perahu sebagai syarat dari Dayang Sumbi sehingga ia marah dan menendang perahu yang belum selesai tersebut sehingga terbalik dan membentuk Gunung Tangkuban Perahu. Masyarakat percaya bahwa rintihan yang terdengar dari gunung merupakan suara Dayang Sumbi.

  1. Surga Tersembunyi

Terdapat air terjun bernama Curug Cimuja yang memiliki keindahan yang luar biasa sehingga menarik para wisatawan untuk melihat air terjun ini, membuat air terjun ini disebut sebagai surga tersembunyi karena keindahannya. Awalnya, tempat ini dijadikan sebagai tempat untuk bersemedi yang dilakukan di malam hari.

  1. Manusia Berpakaian Hitam

Cerita ini didapat dari pengunjung yang akan menuruni gunung pada malam hari menggunakan sepeda motor. Mereka melihat seseorang berpakaian serba hitam datang mendekati mereka diikuti suara lolongan anjing. Namun orang tersebut menghilang secara tiba-tiba sebelum tiba. Mereka pun buru-buru menuruni gunung namun selalu mendapat gangguan dari makhluk gaib di gunung sehingga mereka selalu berdoa dan membunyikan klakson motor.

  1. Pemandian Keramat

Terdapat mata air dari puncak Gunung Tangkuban Perahu yang dipercaya sebagai tempat pemandian yang sering digunakan oleh Dayang Sumbi. Konon Dayang Sumbi selalu mandi di sana semasa hidupnya. Banyak juga yang percaya bahwa air tersebut bisa mengobati berbagai macam penyakit maka tak jarang orang meminum langsung airnya tanpa dimasak terlebih dahulu.

  1. Keberadaan Jin yang Membantu Sangkuriang

Konon menurut legenda ada jin yang membantu Sangkuriang untuk menyelesaikan perahu yang akan dibuatnya sebelum matahari terbit. Kabarnya para pasukan Sangkuriang ini masih ada dan menjadi penunggu di Gunung Tangkuban Perahu. Beberapa pengunjung mengaku pernah melihat sosok makhluk raksasa yang tinggi dan besar di sekitar gunung.

09

Leave a Reply