Misteri Candi Prambanan Beserta Legendanya

Candi Roro Jonggrang atau yang kita kenal sebagai Candi Prambanan merupakan candi agama Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini termasuk ke salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang menjadi salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Menjadi salah satu candi terindah dan termegah membuat candi ini menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Dibalik keindahan dan kemegahan Candi Prambanan tersimpan banyak misteri, legenda, dan cerita mistis lainnya yang pernah diangkat menjadi film yang mengisahkan tentang legenda Roro Jonggrang. Misteri-misteri tersebut akan dibahas berikut ini.

  1. Legenda Candi Prambanan

Pada zaman dahulu kala terdapat dua kerajaan di Jawa Tengah yaitu Kerajaan Pengging yang dikuasai oleh Prabu Damar Maya yang memiliki seorang putra bernama Bandung Bondowoso dan Kerajaan Baka yang dipimpin oleh raksasa pemakan manusia bernama Prabu Raka yang memiliki seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang.

Prabu Damar Raya mengutus putranya untuk menghentikan peperangan yang dimulai oleh Prabu Raka dan berhasil membunuhnya kemudian berlanjut untuk merebut Kerajaan Baka. Namun saat masuk ke dalam kerajaan ia melihat Roro Jonggrang dan langsung jatuh hati kepadanya.

Bandung Bondowoso pun melamar Roro Jonggrang namun ditolak karena ia telah membunuh ayahnya dan merebut kerajaannya. Bandung Bondowoso tidak menyerah dan akhirnya Roro Jonggrang menyetujuinya dengan syarat harus membuat sumur dan membangun 1000 candi dalam waktu semalam. Syarat tersebut disanggupi oleh Bandung Bondowoso.

Namun Roro Jonggrang tidak tinggal diam, ia selalu berusaha membuat Bandung Bondowoso gagal. Pada syarat pertama setelah sumur jadi, Roro Jonggrang menyuruh Bandung Bondowoso untuk masuk ke dalam sumur dan memeriksanya namun Roro Jonggrang malah menimbun Bandung Bondowoso dengan bebatuan dibantu oleh orang suruhannya. Bandung Bondowoso berhasil keluar dengan kesaktiannya dan marah namun berhasil dibujuk oleh Roro Jonggrang.

Dilanjutkan pada syarat kedua, Bandung Bondowoso sudah berhasil membangun sebanyak 999 candi yang dibantu oleh makhluk halus. Mendengar kabar tersebut Roro Jonggrang pun memerintahkan dayang-dayang istana untuk menumbuk padi agar ayam berkokok. Para makhluk halus mengira pagi telah tiba dan langsung bersembunyi karena takut, pembangunan candi terakhir pun gagal.

Bandung Bondowoso yang mengetahui bahwa ini adalah ulah Roro Jonggrang pun marah besar dan tidak memberi ampun lagi. Ia kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah batu yang sekarang menjadi patung arca terindah dan candi ke 1000.

  1. Mitos Gagal Menikah dan Putus Hubungan

Mitos ini berasal dari legenda tentang percintaan Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang yang telah diceritakan di atas. Dari kutukan Bandung Bondowoso yang mengubah Roro Jonggrang menjadi batu, dipercaya jika ada pasangan kekasih yang datang mengunjungi Candi Prambanan maka mereka akan putus dalam beberapa hari kemudian bahkan bisa sampai gagal menikah bagi yang sudah merencanakan pernikahan.

  1. Hewan Misterius

Candi Prambanan memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang bisa anda lihat saat berkunjung namun yang menjadi sorotan publik adalah hewan bernama kinara – kinari. Konon katanya hewan kinara – kinari ini memiliki wujud dengan badan menyerupai burung dengan kepala manusia. Masih dipertanyakan apakah hewan ini benar adanya karena bagaimana bisa ada hewan berbadan burung dan berkepala manusia.

  1. Cahaya Misterius di Arca Dewi Durga

Arca Dewi Durga terletak di candi utama yaitu Candi Siwa. Dewi Durga adalah istri Dewa Siwa. Pada malam hari tepatnya pada malam bulan purnama muncul cahaya misterius di arca Dewi Surga yang menurut kepercayaan bahwa jika cahaya tersebut menyinari mereka yang masih belum memiliki pasangan maka akan segera menemukan jodoh mereka.

 

 

 

Leave a Reply