Merekam Jejak Misteri Alas Roban Banyuwangi

Alas Roban Banyuwangi adalah sebuah jalur yang cukup ternama di daerah Pulau Jawa. Seperti namanya, ketika Anda melintasi alas roban, Anda hanya akan melihat hutan-hutan di sepanjang jalan. Saking banyaknya pohon yang berada pada jalur tersebut, alas roban sangatlah mencekam bagi mereka yang baru pertama kali melewatinya. Hawanya yang dingin serta suasananya yang sepi membuat pengendara yang melintas ingin sekali segera melewati alas tersebut. Apa sebenarnya menjadikan alas roban begitu mencekam?

Pernahkah Anda mendengar misteri alas roban banyuwangi? Mungkin bagi Anda yang belum pernah melintas akan mengatakan bahwa hal tersebut diluar nalar. Tetapi bagi pengendara yang sudah pernah melintasinya, kebanyakan dari mereka pastinya akan mengiyakan apa yang menjadi mitos masyarakat tersebut. Menurut cerita yang beredar, keangkeran yang ada di alas roban bermula sejak zaman belanda. Pada zaman itu, penduduk Indonesia dipaksa untuk membangun jalan dengan peralatan sederhana. Tentu saja pekerjaan yang melelahkan tersebut akhirnya memakan banyak korban karena mereka bekerja tanpa adanya gaji atau makan dan minum.

Bukan hanya saja mayat para pekerja Indonesia saja yang menjadikan alas roban menjadi tempat yang seram. Bahkan menurut cerita penduduk setempat, alas roban juga sering kali dijadikan sebagai tempat pembuangan mayat. Mayat-mayat sejak zaman belanda itu anehnya akan langsung menghilang dan tidak ada satupun yang dapat ditemukan. Bahkan sampai sekarang, alas roban dipercaya sebagai tempat pembuangan mayat dan mayatnya itu tidak akan pernah ditemukan meski Anda mengerahkan banyak massa. Yang tertinggal hanyalah suara-suara yang seringkali didengar oleh pengendara yang melintas pada malam hari.

Ada pula yang mengatakan, jika ingin selamat, alangkah baiknya pengendara menghindari alas roban pada malam hari. Pada malam hari dipercaya para pengganggu alas roban akan berkeliaran dan seringkali jika pengendara kurang beruntung, mereka akan melihat penampakan. Atau bahkan, ada beberapa diantaranya yang disasarkan jalannya sehingga mereka tidak tahu jalan apa yang ditempuhnya. Makanya, penduduk sekitar memilih jalan aman, ketika hari mulai gelap, mereka sebisa mungkin tidak akan melewati alas roban agar tidak merasakan kemistisannya.

Bukan hanya misteri soal hantu alas roban saja. Tetapi alas roban yang terkenal sebagai jalur yang mistis juga sering memakan banyak korban jiwa. Kecelakaan biasanya disebabkan oleh jalan alas roban yang rutenya berkelok-kelok. Tentu saja bagi pengendara yang belum pernah melewatinya, mereka akan merasa bingung. Apalagi jika mereka mengendarainya dengan kecepatan tinggi. Tentu saja rute sulit dan kecepatan tinggi adalah penyebab sering terjadinya kecelakaan di alas roban.

Saking kerapnya terjadi kecelakaan, arwah arwah korban LAKA tersebut juga dipercaya masih berkeliaran di sekitar alas roban. Hal itu pula yang menyebabkan melintasi alas roban pada malam hari akan menjadi satu tantangan tersendiri. Ada pula yang mengatakan bahwa kecelakaan yang terjadi di alas roban, ada hubungannya dengan sejarah alas roban tersendiri. arwah arwah gentayangan sejak zaman belanda itu sering kali muncul untuk mengganggu para pengendara. Jika ketakutan sudah ada dalam benak mereka, mereka pastinya tidak akan focus dan akhirnya kecelakaan di alas roban tidak akan terelakkan lagi. Oleh karena itu, bagi pengendara yang masih belum memiliki besar, sebaiknya menghindari melintasi alas roban pada malam hari. apabila memang harus melewatinya, tetaplah focus saat berkendara. Jangan langsung menciut ketika mendengar suara-suara yang tidak tahu dari mana datangnya. Hanya keyakinan dan berpasrah pada Tuhanlah yang menjadikan pengendara selamat dari alas roban dan segala misteri yang ada di dalamnya.

Leave a Reply