Menggoyang Lidah Dengan Kuliner Khas Purwokerto

Punya rencana untuk mengunjungi Purwokerto? Kota yang terkenal dengan kota keripik, kota transit dan kota pendidikan ini ternyata memiliki banyak kuliner yang dijamin menggoyang lidah. Kuliner Purwokerto ini bahkan sudah sangat terkenal karena rasanya yang dijamin nikmat. Apa saja sih kuliner khas Purwokerto ini?

Delapan kuliner khas Purwokerto

  1. Mendoan

Kuliner Purwokerto yang berupa cemilan ini sangat terkenal, bahkan tidak hanya di daerah Purwokerto saja. Terbuat dari tempe yang mengandung protein nabati, tempe ini diiris tipis-tipis lalu dibalut dengan adonan tepung terigu dan digoreng dalam minyak panas. Lebih lengkap lagi kalau tempe mendoan ini disajikan dengan cocolan kecap, sambal ataupun potongan cabe rawit.

  1. Soto Khas Purwokerto, Soto Sukaraja

Beberapa kota di Indonesia memang memiliki soto khas mereka masing-masing. Begitu pula dengan Purwokerto, yang memiliki soto bernama soto Sukaraja. Soto ini berbeda dengan soto dari daerah lainnya karena menggunakan ketupat, bumbu kacang serta kerupuk yang berwarna-warni di atasnya. Dengan tambahan kaldu kental yang gurih dan manis, dijamin deh kamu bakal menambah satu porsi soto Sukarajaha ini lagi.

  1. Lumpia

Kalau di Semarang, lumpia dikenal sebagai makanan ringan. Sedangkan di Purwokerto, lumpia dikenal dengan lauk yang bisa dimakan bersama nasi. Lumpia Semarang dengan lumpia Purwokerto ini berbeda. Terutama dalam ukurannya. Ukuran lumpia purwokerto lebih besar, dan dinamakan lumpia bom. Panjangnya bisa mencapai 15-20 cm dengan diameter 4-6 cm. Isian dari lumpia ini juga tidak menggunakan rebung, tetapi menggunakan sayuran segar, daging, telur atau seafood.

  1. Soto Khas Purwokerto, Soto Sungeb

Kuliner Purwokerto berupa soto lainnya adalah soto sungeb. Soto ini juga sama dengan soto Sukaraja karena menggunakan ketupat. Isi dari soto sungeb ini adalah daging ayam, bihun, kerupuk mie kuning dan kerupuk merah.

  1. Gethuk goreng

Kuliner Purwokerto ini merupakan camilan yang cukup diminati masyarakat. Gethuk yang dibuat dari umbi-umbian ini biasanya diolah dengan cara direbus, di Purwkerto gethuk ini diolah dengan cara digoreng. Terbuat dari singkong ataupun ketela, kemudian makanan ini dicampur dengan gula jawa. Makanan khas ini sangat nikmat bila dimakan hangat-hangat sebagai pendamping minum kopi atau teh.

  1. Es campur Khas Purwokerto, Es Jorok

Tenang, ternyata es jorok ini cuma namanya aja yang jorok. Bukan bahannya ataupun penyajiannya yang jorok. Dinamakan es jorok karena memang tempat jualan es ini agak menjorok atau masuk ke dalam. Es campur ini terdiri dari kelapa muda, alpukat, cincau hitam, kolang-kaling, nanas dan mutiara. Seger dan enak deh pokoknya.

  1. Lanting

Makanan khas Purwokerto yang berbentuk angka 8 ini merupakan salah satu oleh-oleh favorit. Cemilan ini terbuat dari singkong dengan tambahan bumbu penyedap lainnya. Jadi terasa gurih. Cocok dimakan saat bersantai dan berkumpul keluarga.

  1. Keripik Tempe

Selain mendoan, ada satu lagi makanan khas Purwokerto yang terbuat dari tempe, yaitu keripik tempe. Keripik tempe ini terbuat dari potongan tempe yang sangat tipis, kemudian dibalut tepung dan digoreng hingga teksturnya sangat renyah. Makanan ini bisa dengan mudah anda temukan di toko yang menjual oleh-oleh.

  1. Bakmi

Bakmi Purwokerto ini berbeda dengan bakmi lainnya. Yang membedakannya adalah bakmi ini menggunakan mie lebar mirip dengan kwetiau. Dimasak dengan menggunakan bumbu di atas tungku yang menggunakan arang, menjadikan bakmi ini lebih harum aromanya. Bakmi ini bisa dipilih sesuai dengan selera anda, yaitu bakmi goreng, bakmi rebus ataupun bakmi versi nyemek. Versi nyemek ini yaitu bakmi goreng yang ditambahkan kuah.

Itulah kuliner Purwokerto yang harus kamu coba, karena dijamin lidah kamu akan bergoyang saking nikmatnya.

Leave a Reply