Mengenal Lebih Dekat Kawah Ijen

Apakah anda ingin menghabiskan waktu liburan anda? Yuph, waktu liburan semakin mendekat dan tentunya banyak hal yang bisa anda lakukan dan salah satu hal yang bisa anda lakukan ialah menghabiskan waktu liburan anda dengan mengunjungi tempat-tempat yang menarik. Jika berbicara mengenai tempat-tempat yang menarik, ada banyak tempat-tempat yang menarik yang bisa anda kunjungi di Indonesia dan salah satu tempat atau lokasi yang bisa anda kunjungi ialah kawah Ijen.

Tempat wisata ini memang menyajikan tempat wisata alam yang menarik dan tentunya cukup juga memacu adrenalin anda. Hal tersebut karena untuk mencapai wisata kawah tersebut anda memang harus melakukan pendakian terlebih dahulu ke gunung Ijen. Selain itu, jika anda ingin menaiki gunung Ijen tersebut, anda juga harus menyiapkan beberapa hal yang anda persiapkan selain kesehatan anda yang juga harus benar-benar fit. Berikut ini ialah tips yang bisa anda persiapkan ketika anda ingin mendaki gunung Ijen yang diadaptasi dari blog Indonesiatripcanvas.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Mendaki

Jika anda ingin mendaki gunung ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan juga harus anda persiapkan. Selain badan yang fit dan juga kesehatan yang sehat, ada beberapa hal yang bisa anda persiapkan sebelum anda memutuskan untuk mendaki gunung Ijen ini.

Perlengkapan pertama yang bisa anda persiapkan ialah Obor (obor tangan atau lampu depan). Kami memilih lampu depan untuk tetap bebas dari tangan kami), walaupun saya mengambil keduanya, kalau-kalau baterai habis pada malam hari. Selain itu, anda juga harus membawa sarung tangan. Sarung tangan (dingin di atas sana, tapi mereka bahkan melayanimu dengan baik saat menyusuri kawah dan harus berpegangan pada batu tajam). Selain perlengkapan tersebut, perlengkapan lainnya yang bisa anda persiapkan ialah Masker gas, yang Anda butuhkan sebagai perlindungan terhadap awan padat dari gas beracun seperti belerang dioksida. Anda tidak bisa lama tinggal di gas tanpa topeng. Semuanya tergantung angin jika Anda akan menghadapi banyak gas beracun pada hari pendakian Anda.

Selain itu, perlengkapan lain yang bisa anda persiapkan ketika anda akan mendaki kawah Ijen ialah masker pelindung normal. Beberapa masker pelindung normal, kalau-kalau Anda tidak suka bernapas dengan bau belerang dan itu mengganggu Anda. Beberapa orang memakainya di jalan menuju tepi kawah, sementara yang lain merasa sama sekali tidak perlu menggunakannya pada tahap awal. Saya adalah salah satu dari mereka yang tidak membutuhkannya sejak dini, tapi sangat bervariasi dari orang ke orang. Pergilah dengan apa yang membuat Anda nyaman. Tidak ada saran yang cocok untuk semua.

Perlengkapan selanjutnya yang bisa anda persiapkan ketika anda ingin mendaki gunung Ijen ialah membawa pakaian hangat. Pakaian hangat memang perlu dibutuhkan ketika anda akan mengunjungi kawah Ijen. Sekarang, jangan berharap layanan “toko pakaian musim dingin bekas” dari panduan Anda, tapi kami sangat beruntung karena Pierrick begitu baik untuk datang dengan tas “ajaib” yang penuh dengan jaket hangat, jumper, dll. Ayo Hadapilah, yang datang ke Bali atau tinggal di sana dan memiliki pakaian polar di koper mereka. Jadi, kebanyakan dari kita sangat senang bisa menggali ke dalam tas dan akhirnya saya pakai 4 lapis baju, karena memang benar-benar kedinginan di malam hari.

Leave a Reply