Masakan Unik Khas Jawa Tengah yang Nikmat di Lidah

Jawa tengah termasuk salah satu provinsi dengan wilayah yang cukup luas di Pulau Jawa. Provinsi yang wilayahnya berada di tengah-tengah Pulau Jawa tersebut beribukota di Semarang. Selain terkenal dengan provinsi yang memiliki daerah kekuasaan yang luas, Jawa tengah juga memiliki masakan kuliner yang enak. Keenakan masakan asli dari Jawa tengah tersebut telah dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan di provinsi yang ibukotanya Semarang ini memiliki masakan unik di Jawa Tengah yang memikat para pecinta masakan daerah.

Masakan Khas Jawa Tengah Yang Unik

Indonesia adalah sebuah negara yang sangat terkenal dengan berbagai masakan khas yang enak dan unik. Hampir disetiap wilayah negara dengan lambang burung garuda ini memiliki sebuah menu masakan kuliner unik yang menjadi ciri khas daerah tersebut. sebuah menu hidangan khas suatu daerah tertentu juga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi warganya.

Salah satu daerah yang terkenal dengan masakan Kulinernya yang enak yaitu Jawa Tengah. Di daerah ini terdapat berbagai macam masakan unik jawa Tengah dengan rasa yang nikmat di lidah. Menu hidangan khas dari daerah Jawa tengah tersebut selain bercitarasa unik, bentuk dan cara penyajiannya pun juga tergolong menarik. Bahkan hidangan khas salah satu provinsi dengan wilayah yang luas di Pulau Jawa terkesan unik dan aneh. Berikut ini jenis kuliner Khas Jawa Tengah yang unik dengan rasa yang lezat.

  1. Nasi Gandul

Nasi termasuk sebuah hidangan yang tidak asing lagi bagu masyarakat Indonesia. Hampir setiap hari seseorang yang tinggal di Negara Indonesia ini mengkonsumsi makanan pokok tersebut. bagi warga yang tinggal di daerah Tengah, terdapat sebuah hidangan kuliner nikmat dengan menu utamanya nasi. Oleh warga yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini hidangan kuliner tersebut sering disebut dengan nama nasi gandul. Yang unik dari kuliner kasa Jawa Tengah ini yaitu dalam penyajiannya menggunakan alas daun pisang. Selain itu, dalam proses pengolahan nasi ini juga ditambahkan pandan wangi, sehingga aroma makan nasi gandul ini begitu menggoda.

  1. Rondo Royal

Bagi anda warga Jawa tengah pasti sudah akrab dengan masakan bernama rondo royal. Hidangan dengan nama yang unik ini berbahan dasar tape yang kemudian digoreng. Untuk rasanya, masakan yang berasal dari Jepara ini terbukti sangat nikmat. dengan rasa yang enak ini, maka tidaklah mengherankan jika banyak orang yang menyukai kuliner khas Jawa Tengah tersebut.

  1. Gethuk Warna

Hidangan unik khas Jawa Tengah berikutnya yaitu gethuk warna. Gethuk ini merupakan makanan yang dibuat dari singkong. Rasanya dari makanan ini pun begitu nikmat di lidah. Di wilayah Jawa Tengah terdapat sebuah gethuk yang unik. Oleh masyarakat makan ini diberi nama gethuk warna. Hal yang menarik dari hidangan ini yaitu terdapat pada warnanya. Dalam penyajiannya, masakan kuliner berbahan dasar singkong tersebut diberi warna-warna yang menarik. Dengan pemberian warna tersebut, maka kuliner ini terkesan unik dan menarik.

  1. Brekecek

Brekecek merupakan salah satu masakan unik di Jawa Tengah. Makanan ini berasal dari daerah Cilacap. Hidangan bernama brekecek ini terbuat dari bahan utama ikan patahak yang dicampur dengan berbagai macam bumbu. Olahan khas Jawa Tengah bernama brekecek ini memiliki citarasa rasa yang nikmat. dengan rasa yang enak ini, maka tidak ada salahnya bagi sobat pecinta kuliner untuk mencicipi makan dari Jawa tengah ini.

Leave a Reply