Makanan unik Lampung Yang Wajib Dicoba saat berkunjung

Kota Lampung memang populer untuk para pecinta makanannya. Hampir semua makanan yang ada di kota Lampung ini selalu menjadi makanan favorit dan wajib untuk dinikmati saat berkunjung di kota yang berada di Pulau Sumatera dan menjadi salah satu pintu gerbang utama. Bagi sebagian masyarakat di daerah Sumatera, makanan yang mereka masak dan santap setiap harinya memang dipengaruhi oleh beberapa daerah yang ada di sekitarnya seperti Sumatera Barat, sumatera Selatan dan juga Palembang. Makanan unik Lampung ini muncul dengan berbagai macam rasa yang sangat menarik untuk dicicipi.

Daftar makanan unik di Kota Lampung

  1. Seruit

Makanan unik di Kota Lampung yang pertama yaitu Seruit. Makanan yang satu ini mirip dengan ikan bakar tetapi cara menikmati makanan khas kota Lampung ini sangatlah berbeda dari ikan bakar pada umumnya. Walaupun memang ikan yang akan dibakar bisa dari berbagai jenis ikan tetapi pendamping yang wajib ada menjadi salah satu hal yang unik yang tidak bisa ditemukan di kota lain. Saat menyantap seruit biasanya akan disajikan dengan tempoyak yang berasal dari durian yang sudah diawetkan dan juga dihaluskan. Cocolan ikan pada tempoyak ini sangat menggugah selera disertai dengan berbagai macam lalapan.

  1. Geguduh

Selain seruit yang menjadi kuliner unik saat disantap, ada juga makanan unik Lampung yang banyak dicari oleh para wisatawan asing maupun lokal. Geguduh yang merupakan makanan khas kota Lampung ini juga memberikan sensasi unik di lidah penikmatnya. Panganan dari pisang ini dihaluskan dengan dicampur terigu yang kemudian di goreng. Makanan ini tidak bisa ditemui di kota lain karena resep yang diturunkan pun sudah berbeda. Biasanya penggunaan pisangnya pun adalah pisang pilihan yaitu pisang kepok. Tekstur dari pisang kepok ini sangat cocok dengan rasa manis yang sangat menggoda saat berada di mulut. Tidak hanya itu saja, makanan yang satu ini juga diselingi dengan air sekapur sirih dan juga daun pandan saat menyantapnya.

  1. Gabing

Saat melihat batang kelapa muda pastinya kita tidak bisa membayangkan bahwa bahan tersebut ternyata bisa dibuat makanan. Yups, Gabing merupakan salah satu makanan khas kota lampung yang berasal dari batang kelapa muda yang direbus sampai lunak dan diberi bumbu khas Lampung. Panganan yang satu ini sangat mengena dihati karena memang citarasanya sangat unik. Untuk menyantapnya biasanya ditambah dengan daging dan juga jamur.

  1. Umbu

Nama makanan unik di kota Lampung memang sangat unik sesuai dengan masakan yang disajikan. Sama halnya dengan Umbu yang terkenal uniknya karena memang makanan yang satu ini terbuat dari rotan muda. Seperti yang kita ketahui bahwa rotan sendiri adalah bahan dasar pembuatan furnitur yang sudah banyak dipasarkan di berbagai daerah di Indonesia bahkan juga sudah sampai ke luar negeri. Faktanya menunjukkan bahwa rotan muda ternyata juga bisa dijadikan makanan yang hanya ditemukan di daerah Lampung.

Itu baru beberapa daftar makanan unik Lampung yang sangat populer dan patut dicoba saat berkunjung. Anda tidak akan kecewa dengan hidangan yang disajikan di salah satu kota di Pulau Sumatera ini.

Leave a Reply