Makanan Unik Dari Sumatera Yang Harus Anda Coba

Seperti pada umumnya, setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing. Dalam hal ini tidak hanya wisata alamnya saja, atau budaya yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Yang tidak pernah kita lewatkan ketika mengunjungi sebuah daerah pasti makanan yang menjadi khas daerah tersebut. Kemana saja tempat yang kita kunjungi, sangat wajib rasanya untuk mencoba makanan disana. Atau kita akan merasa kurang afdol ketika melewatkannya. Jika makanan khas jawa sudah sangat sering kita coba, maka sepertinya anda perlu mencoba makanan unik yang ada di luar jawa. Dengan kreasi rasa yang tentu berbeda dengan makanan khas jawa. Misalnya makanan khas yang ada di Sumatera.

Bagi anda penyuka kuliner, mungkin masakan dari Sumatera yang sangat familiar adalah masakan padang yang sering ditemukan di warung-warung padang pinggir jalan. Banyak menu dan lauk yang disediakan disana dengan sambalnya dan lalapan berupa daun singkong yang menjadi ciri khas masakan padang tersebut. Masakan padang ini tentu hanya merupakan salah satu dari banyak masakan khas yang ada di Sumatera. Masih banyak makanan khas lainnya yang mungkin belum pernah sama sekali kita coba , atau masih asing untuk kita. Bagaimana jika kita intip makanan unik dari Sumatera? Agar kamu tidak melewatkannya ketika mengunjungi Sumatera.

Apa Saja Makanan Unik dari Sumatera?

Lamang

Makanan Unik dari Sumatera yang pertama adalah Lamang. Lamang adalah makanan yang menggunakan ketan putih sebagai bahan utamanya, kemudian diolah bersama santan kelapa, daun pandan dan juga garam. Yang menjadikan masakan ini unik adalah cara memasaknya yang menggunakan ruas bambu muda yang dilapisi daun pisang. Olahan dari ketan putih tadi dengan santan kelapa, daun pandan dan juga garam dimasukan ke dalam ruas bambu tersebut untuk dibakar. Kemudian setelah itu biasanya masakan ini disajikan dengan tapai atau tape dalam sebutan jawa. Tingkat kematangan dari masakan khas Sumatera ini dapat dilihat dari warna ruas bambu yang berubah kekuningan dan gelap.

Kaupuak Sanjai

Makanan lainnya yang bisa kita temui di Sumatera adalah Karupuak Sanjai. Proses pembuatannya dan juga bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Karupuak Sanjai ini cukup sederhana. Makanan khas dari Sumatera ini terbuat dari singkong yang sudah diparut kemudian dibumbui dengan garam dan dibentuk adonan, setelah itu adonan tersebut digoreng. Karupuak atau kerupuk sanjai ini cocok sebagai camilan pendamping masakan apapun karena rasanya yang gurih serta renyah. Terdapat sebutan dan penyajian yang berbeda-beda untuk makanan ini di daerah lain. Seperti kerupuk singkong, lempeng dan lain sebagainya. Makanan unik dari Sumatera ini bisa jadi referensi untuk oleh-oleh ketika anda berkunjung ke sana.

Tidak hanya lamang dan juga karupuak sanjai saja yang menjadi makanan unik dari Sumatera yang patut untuk kita coba. Namun ketika anda berkunjung ke sana, anda bisa menemukan makanan khas Sumatera lainnya. Mungkin ada beberapa makanan yang nyaris sama dengan makanan di Jawa yang hanya berbeda penamaannya saja. Namun sebutan unik inilah yang juga menjadi daya tarik pengunjung untuk merasa penasaran dan mencobanya. Jadi, gunakan waktu berlibur anda untuk menyempatkan berkunjung ke Pulau Sumatera ini. Dijamin anda tidak akan menyesal karena banyak sekali makanan-makanan unik lainnya yang bisa anda nikmati di sana dengan cita rasa yang tidak mungkin di ragukan lagi. Bagi anda penyuka kuliner, sangat menyenangkan bukan untuk mencoba makanan-makanan baru dengan rasa yang unik untuk lidah anda.

Leave a Reply