Inilah 6 Makanan Unik Betawi Legendaris yang Wajib Kamu Cipipi

Berbicara mengenai makanan unik, Ibu Kota merupakan salah satu tempat yang menyimpan segudang makanan unik yang wajib untuk dijajal. Makanan unik betawi sangat beragam dan akan mampu memanjakan lidah kamu semuanya. Bagi pecinta kuliner wajib hukumnya untuk mencoba makanan unik khas Ibu Kota. Dengan cinta makanan unik khas daerah berarti kita turut serta dalam upaya melestarikan warisan nusantara.

Nah bagi kamu semuanya yang ingin mencicipi sajian lezat nan unik khas Betawi maka informasi kali ini akan sangat bermanfaat bagi kamu semuanya. Pasalnya, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas 6 makanan unik betawi yang wajib kamu coba, langsung saja yuk cuss ke ulasan berikut ini.

6 makanan unik Betawi yang wajib kamu cicipi

  1. Kerak Telor

Kamu semua tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kerak telor, yups benar sekali sobat makanan ini merupakan salah satu makanan betawi yang khas dan legendaris. Makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, telur bebek atau ayam, ebi kering serta beberapa bumbu halus lainnya ini memang selalu berhasil memikat lidah penikmatnya. Nah bagi kamu yang sedang berburu makanan unik khas betawi maka wajib hukumnya untuk mencoba makanan yang satu ini.

  1. Geplak Betawi

Mendengar namanya saja sudah unik ya sobat, yups bener sekali Geplak namanya, makanan yang mirip tape dengan tekstur lembut ini memiliki cita rasa yang unik juga lho sobat. Rasanya yang manis namun juga ada asamnya ini memang selalu membuat orang penasaran untuk mencicipinya. Geplak betawi biasanya digunakan sebagai sajian dalam acara pernikahan. Namun bagi kamu semua pecinta kuliner tidak perlu menunggu ada orang nikah baru mencoba, kamu bisa membelinya ketika berkunjung ke Ibu kota. pokoknya wajib deh dicobain.

  1. Dodol Betawi

Dodol bukan hanya berasal dari Garut aja lho sobat, ternyata ibu kota juga memiliki makanan khas berupa dodol Betawi. Meskipun warnanya kurang menarik namun makanan satu ini juga wajib kamu coba. Namun untuk mendapatkannya kamu harus menunggu momen tertentu seperti bulan Ramadhan, Idhul Adha, Idul Fitri maupun saat perayaan besar lainnya di Betawi.

  1. Asinan Betawi

Asinan Betawi merupakan salah satu jenis makanan yang terkenal di seluruh penjuru tanah air. Berbeda dengan asinan khas Bogor yang menggunakan buah sebagai bahan dasarnya, asinan khas Betawi menggunakan sayuran sebagai bahan dasarnya. Nah kamu semua yang sedang berencana untuk mengunjungi ibu kota jangan lewatkan sajian kuliner satu ini.

  1. Bir Pletok

Mendengar nama minuman satu ini mungkin kalian semua akan memandangnya negative, eits tunggu dulu meskipun ini bir namun minuman satu ini sama sekali tidak memabukkan. Minuman satu ini biasanya dikonsumsi oleh masyarakat pada malam hari sebagai penghangat. Disamping membuat hangat minuman satu ini juga menyegarkan sehingga selain tubuh kita hangat tenggorokan kita juga ikut segar kembali. Namun minuman satu ini sekarang sudah mulai langka sehingga kamu harus sabar ketika mencarinya.

  1. Kembang Goyang

Namanya unik “Kembang Goyang”. Makanan satu merupakan jenis makanan ringan khas betawi yang berbentuk seperti bunga dan dibuatnya dengan cara digoyang makanya disebut dengan kembang goyang. Rasanya yang manis memang akan selalu memikat lidah yang mencicipinya. Nah kamu yang sedang berkunjung ke Ibu kota jangan lupa untuk membeli makanan satu ini sebagai oleh-oleh, saat ini kembang goyang sudah banyak pilihan rasanya jadi semakin membuat kamu ingin mencicipi semuanya.

Nah sobat itulah 6 makanan unik Betawi yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke Ibu kota, sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga membantu sobat semuanya. selamat mencicipi dan salam kuliner Nusantara.

Leave a Reply