5 Makanan Khas Kota Bandung yang Wajib Anda Coba

Kota bandung merupakan salah satu kota yang paling banyak diminati para pelancong karena segi wisata dan juga keanekaragaman kuliner yang membuat pengunjung rindu saat mereka kembali. Oleh karena itu, jika anda sedang mengunjungi kota kembang ini, maka anda harus mencoba Makanan khas kota Bandung yang tidak bisa anda jumpai di kota-kota lainnya. Makanan ini cukup unik dan memiliki cita rasa yang unik pula sehingga anda akan rindu untuk datang lagi saat berada di Bandung. Makanan-makanan ini bisa berupa jajanan khas ataupun masakan khas yang ada di Bandung sehingga anda wajib mencobanya saat anda sedang mampir ataupun berwisata di kota Bandung dan sekitarnya.

5 Daftar makanan khas yang unik di Bandung

Berikut ini ada 5 daftar makanan khas Bandung yang wajib anda coba saat mengunjungi kota Bandung karena cita rasanya yang unik dan sangat khas warga Bandung.

  1. Bandros

Makanan khas pertama yang ada dibanding dan wajib anda coba adalah bandros. Jajanan atau makanan khas Bandung yang satu ini merupakan makanan unik yang berbahan tepung terigu dan diadoni dengan santan kelapa. Setelah itu, di masak diatas percetakan cekung. Setelah itu, diberi taburan kelapa parut. Jajanan ini paling enak dimakan selagi hangat. Untuk harga, jajanan ini hanya Rp 3000 untuk 5 bandros.

  1. Nasi Tutug Oncom

Kuliner selanjutnya yang wajib anda coba di Bandung adalah Tutug Oncom. Makanan ini merupakan salah satu makanan paling enak karena nasinya diolah dengan cara dibakar bersamaan dengan bumbu oncom. Setelah itu diberi sedikit tepung tapioca. Makanan ini akan lebih enak dan sedap jika ditemani dengan sambal dan kerupuk dan ditambah dengan sedikit sayuran.

  1. Peuyeum

Sedangkan Makanan khas kota Bandung yang selanjutnya adalah Peuyeum. Makanan ini memang sudah populer dan menjadi buah tangan para wisatawan yang datang ke Jawa Barat. Makanan ini memang mirip dengan tape. Perbedaan dari keduanya adalah peuyeum lebih kering dibandingkan dengan tape karena cara pembuatannya yang juga cukup berbeda. Dalam penyajiannya, kamu bisa menggunakan peuyeum dengan toping keju atau coklat yang akan menambah cita rasa peuyeum yang unik tersebut.

  1. Gepuk

Jajanan yang satu ini merupakan jajanan khas Bandung, Jawa Barat yang terbuat dari daging Sapi namun terasa sedikit manis dan sangat gurih. Cara pembuatan makanan ini adalah dengan mengiris daging sapi searah dengan serat daging dan direbus dengan air sampai setengah matang. Kemudian dipukul sampai lembut dan daging yang sudah empuk ini kemudian direndam kedalam bumbu yang sudah dicampur dengan santan. Setelah itu direbus kembali. Makanan ini sangat enak dan khas sekali dan akan membuat anda ketagihan saat mengunjungi kota Bandung.

  1. Colenak

Sedangkan makanan terakhir yang wajib anda coba adalah Colenak. Makanan ini memiliki kepanjangan dari Cocol Enak. Jajan yang satu ini merupakan makanan revolusi dari peuyeum yang memiliki cita rasa unik. untuk membuatnya, colenak merupakan pueyuem yang dibakar diatas arang kemudian diguyur dengan cairan gula merah yang kental dan diberi parutan kelapa.

Demikianlah, 5 Makanan khas kota Bandung yang wajib anda coba. Makanan tersebut sulit anda temukan dikota-kota lain selain di bandung ataupun di daerah Jawa Barat sehingga saat anda berkunjung di kota Bandung ataupun sekitarnya ada baiknya jika anda mencicipi masakan ataupun jajanan-jananan tersebut diatas bersama teman ataupun keluarga anda. Harganyapun sangat terjangkau di kantong anda.

Leave a Reply