Makanan Khas Jayapura yang Tidak Ada di Tempat Lain

Tidak dapat dipungkiri di Indonesia yang memiliki 34 provinsi ini memiliki begitu banyak perbedaan dan ciri khas di setiap daerah. Tak terkecuali pada bidang kulinernya, di Indonesia terdapat begitu banyak ragam makanan khas yang tentunya berbeda-beda di setiap daerah. Salah satunya di Jayapura, kota yang terletak di Papua ini juga memiliki makanan khas yang tidak akan anda temukan keberadaannya di tempat lain. Bila anda penasaran simak saja informasi di bawah ini mengenai makanan khas Jayapura yang tidak akan anda temukan di tempat lain.

Meskipun tidak seterkenal kota lainnya seperti Bali dan Yogyakarta namun tentu saja kota Jayapura ini memiliki daya tarik tersendiri, kulinernya pun tergolong unik bila dibandingkan dengan kota-kota lain. Sehingga sangat sayang bila anda melewatkan untuk berwisata kuliner di kota Jayapura ketika berkunjung kesana. Bila anda seorang pencinta kuliner tentunya anda tidak akan melewatkan kuliner dari ibu kota propinsi yang terletak paling timur di Indonesia ini bukan?

Daftar Lima Makanan Khas Jayapura

  1. Papeda

Makanan khas kota Jayapura yang pertama adalah papeda, apakah anda masih merasa asing dengan papeda? Bila tidak, maka hal ini wajar saja karena memang pada dasarnya papeda ini sudah sangat terkenal di Indonesia dikarenakan banyak diliput oleh wartawan dari stasiun TV. Makanan ini berbentuk seperti jelly atau bisa juga dibilang seperti bubur yang dibuat dengan bahan dasar sagu. Papeda memiliki tekstur kenyal dan lengket seperti lem dan memiliki warna putih pudar. Rasa dari papeda ini tawar dan biasanya dimakan bersama dengan tongkol yang dibumbui kunyit.

  1. Sate Ulat Sagu

Makanan khas Jayapura yang selanjutnya adalah sate ulat sagu, makanan ini memang sedikit berbeda dan ekstrim karena bahan bakunya adalah ulat. Namun bukan ulat sembarangan, ulat yang digunakan adalah ulat yang berada di pohon sagu. Ciri-ciri dari ulat ini adalah berwarna putih, memiliki ukuran sekitar jempol orang dewasa dan diambil dari pohon sagu yang telah busuk. Orang Papua biasa memakan ulat sagu ini baik setelah matang ataupun sebelum dimasak alias masih mentah, biasanya makanan ini dijadikan sebagai camilan yang memiliki rasa gurih, kenyal dan enak. Bila anda menyukai hal-hal ekstrim mungkin anda bisa mencoba Sate Ulat Sagu ini, apakah anda berani?

  1. Ikan Bakar Manokwari

Makanan selanjutnya adalah Ikan Bakar Manokwari, makanan ini menggunakan bahan dasar ikan tongkol. Memiliki rasa lezat, gurih dan pedas karena makanan ini disiram dengan sambal di atasnya. Disebut sebagai Ikan Bakar Manokwari karena makanan ini merupakan salah satu makanan khas dari kota yang terletak paling timur di Indonesia ini. bila anda berkunjung ke Jayapura, belum lengkap rasanya bila anda belum mencicipi masakan ini dijamin anda tidak akan menyesal.

  1. Aunu Senebre

Selanjutnya ada Aunu Senebre yang mana makanan ini memiliki bahan baku berupa ikan teri nasi yang dicampur dengan irisan daun talas. Biasanya disantap dengan umbi-umbian ataupun papeda. Makanan ini memiliki rasa lezat, gurih dan tekstur yang sedikit kering. Makanan satu ini tentu saja tidak akan anda temukan di kota lain, jadi jangan ketinggalan untuk mencobanya ya!

  1. Ikan Bungkus

Makanan khas yang terakhir adalah ikan bungkus, makanan ini berbahan dasar ikan laut yang dibumbui rempah-rempah khas Papua yang kemudian dibungkus menggunakan daun talas. Kemudian dimasak dengan cara dibakar di atas api kecil hingga matang, bila dilihat-lihat makanan ini mirip dengan pepes namun tentu saja rempah-rempah dari makanan ini membedakannya dari pepes karena bumbunya merupakan khas Papua. Makanan ini memiliki rasa gurih dan sangat nikmat jadi jangan sampai melewatkannya ya!

Nah jadi itulah tadi beberapa makanan khas Jayapura yang tidak ada di tempat lain, bila anda sedang mengunjungi Jayapura jangan lupa untuk mencicipi makanan khas di atas ya!

Leave a Reply