Legenda Kawah Sikidang Dieng Yang Wajib Anda Ketahui

Anda tentu sudah sangat sering mendengar mengenai kawah sikidang. Bagi yang pernah ke wonosobo biasanya akan datang dan mampir untuk menikmati pemandangan di gunung prau. Disana terdapat kawah sikidang yang indah dengan pemandangan yang mampu memanjakan mata. Anda perlu untuk mengetahui mengenai legenda kawah sikidang yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat sekitar kawah tersebut. Dengan mengetahui mengenai legenda kawah maka pengalaman anda liburan di wonosobo akan semakin menyenangkan. Anda yang belum pernah datang langsung ke kawah sikidang juga akan semakin penasaran untuk melihat langsung bagaimana keindahan dan misteriusnya kawah tersebut.

Kawah sikidang terletak di lokasi wisata dieng. Anda yang berlibur ke dieng tentu saja akan mampir ke sekitar kawah tersebut untuk menikmati pemandangan yang indah. Namun ternyata dibalik kawah yang eksotis tersebut terdapat kisah yang melegenda dan menarik untuk diperbincangkan. Sebelum mengetahui legendanya, perlu anda ketahui jika kawah ini lokasinya cukup dekat dengan candi arjuna. Kawah ini memiliki karakter yang cukup unik dengan luas yang cukup lebar dan terdapat asap yang keluar dari tengah kawah. Ditengah kawah juga terlihat pergolakan samar-samar sehingga membuat kawah ini terlihat benar-benar masih aktif.

Legenda kawah sikidang

Menurut cerita, legenda dari kawah sikidang ini terjadi dari sebuah kisah sebelum pernikahan antara pangeran kidang garungan dan putri shinta dewi. Pada jaman dahulu, ada seorang putri yang sangat cantik jelita yang memiliki nama dewi sinta. Putri ini memang terkenal akan kecantikan wajahnya. Banyak sekali pangeran yang berusaha untuk melamar putri tersebut namun ada syarat yang cukup berat dari sang putri bagi siapapun yang ingin melamarnya. Syarat yang diminta oleh sang putri adalah pelamar harus sanggup memberikan harta benda yang banyak. Syarat tersebut membuat banyak pangeran tidak sanggup untuk memenuhinya sehingga banyak yang memutuskan untuk mundur.

Pada suatu ketika datanglah pangeran kidang garungan yang memang dikenal sangat kaya raya. Dia juga memiliki postur tubuh yang tinggi besar dengan kesaktian yang sangat hebat. Mendengar persyaratan yang diajukan oleh sang putri, pangeran ini kemudian memerintahkan utusan untuk menyampaikan kesanggupan memenuhi persyaratan dari sang putri. Akhirnya putri menyetujui lamaran dari pangeran tersebut. Ketika pangeran datang menemui putri tersebut, putri justru merasa sangat kaget karena ternyata pangeran tersebut bertubuh manusia namun memiliki kepala kijang atau kidang.

Sang putri akhirnya merasa sangat kecewa dan tidak menerima kenyataan tersebut. Akhirnya sang putri meminta syarat tambahan kepada pangeran. Dia meminta pangeran untuk membuatkan sumur yang sangat besar dalam waktu satu hari. Pangeran tersebut menyetujui persyaratan tambahan yang diajukan. Dengan kesaktiannya, sang pangeran menggali sumur dengan cepat. Namun putri merasa tidak terima jika harus menikah dengan manusia kidang. Akhirnya sang putri memutuskan mengubur pangeran yang senang menggali sumur. Dengan kekuatan yang dimiliki pengeran dia terus berusaha menggali sambil berusaha keluar dari timbunan. Hingga akhirnya sumur tersebut meledak dan menjadi kawah. Sebelum tewas, pangeran sempat mengutuk putri dan seluruh keturunannya memiliki rambut gembel. Hingga saat ini banyak anak dari sekitar wilayah dieng yang memiliki rambut gembel.

Kisah legenda kawah sikidang memang sangat menarik. Apalagi hingga saat ini memang masih ada kejadian yang unik dan sulit untuk dinalar yakni rambut gembel dari anak-anak di sekitar kawah tersebut. Anda boleh mempercayai legenda ini dan boleh juga tidak. Namun memang menurut kepercayaan, kawah tersebut terjadi karena bermula dari kisah tersebut.

Leave a Reply