Legenda Dibalik Keindahan Telaga Sarangan

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa yang menyimpan beragam keindahan didalamnya. Gunung Lawu jadi satu diantara banyaknya lokasi wisata disana. Bosan berlibur dengan naik gunung? Mungkin mengunjungi telaga Sarangan dapat jadi pilihan alternatif. Telaga indah ini berlokasi di kaki Gunung Lawu. Lokasi ini jadi lokasi favorit para wisatawan, tak jarang pula sebelum mendaki gunung Lawu banyak orang menyempatkan diri mengunjunginya. Menikmati keindahan alam yang asri serta air telaga yang tenang sangat pas dijadikan lokasi liburan.

Legenda Telaga Sarangan

Dibalik keindahan lokasi wisata favorit Jawa Timur ini ternyata ada sebuah kisah legenda didalamnya. Konon dahulu telaga ini merupakan lokasi datar yang sangat subur, dengan masyarakat aman dan damai. Disana tinggallah sepasang suami istri yang sudah tua. Kakek nenek tersebut hidup bahagia meski masih sederhana dan bekerja dengan bercocok tanam disekitar hutan. Suatu ketika kakek berniat menebang pohon di hutan. Setelah menemukan pohon yang akan ditebang, sang kakek menemukan sebutir telur disana.

Kakek membawa telur tersebut pulang dan tidak jadi menebang pohon. Sang nenek memasak telur tersebut kemudian mereka menyantap telur bersama. Kakek pun kembali ke hutan untuk menebang pohon. Akan tetapi kejadian aneh terjadi, tubuh sang kakek terasa sangat panas dan berubah menjadi seekor naga. Kejadian yang sama terjadi pada nenek, dia yang merasakan tubuhnya memanas segera menyusul kakek di hutan.

Sesampainya di hutan, nenek itu juga berubah menjadi naga. Keduanya merasakan tubuh yang panas seperti terbakar hingga mereka kedua naga tersebut berguling2 diatas tanah. Dari legenda yang berkembang kaki naga ini menjejak-jejak tanah dengan kuat hingga terbentuk cekungan besar. Hingga muncullah semburan air yang kuat hingga membentuk telaga Sarangan.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Liburan ke telaga? Ah Cuma liat air doang! Eits… stop berkata seperti itu jika kalian belum berkunjung ke telaga yang satu ini ya. Disana dijamin kalian tidak akan bosan, banyak aktivitas seru yang dijamin akan membuat liburan semakin berwarna. Menginjakkan kaki pertama kali disana mata akan langsung disambut dengan keindahan alam telaga diantara bukit-bukit hijau disekitarnya. Pointnya lagi pemandangan gagahnya gunung Lawu dari obyek wisata alam Jawa Timur terbaru ini keren banget loh.

Jika kalian berlibur bersama pasangan dan ingin memberikan kesan romantis, bisa banget nih menaiki kapal kayuh dan berjalan santai mengelilingi telaga. Ingin memacu adrenaline disana? Tersedia speedboat yang akan menemani perjalanan kalian berkeliling telaga. Enggan berurusan dengan air? Masih banyak alternatif lain seperti mengelilingi telaga dengan menaiki kuda, ada banyak kuda sewaan disana.

Ada cara lain lagi untuk menikmati keindahan gunung Lawu yang berkolaborasi dengan keindahan telaga, yaitu duduk lesehan ditepi telaga sembari menikmati kuliner khas Magetan Jawa Timur. Kuliner yang patut dicoba adalah sate kelinci, ataupun kuliner lainnya. Kawasan wisata ini memang dikembangkan jadi obyek wisata unggulan. Tak heran bila terdapat banyak penginapan disekitarnya, jadi bila kalian ingin menginap dan menikmati keindahan telaga malam hari, tidak perlu pusing lagi mencari tempat menginap.

Hmm sudah terbayang bukan keseruan berwisata ke Telaga Sarangan? Nah jika kalian tertarik, langsung saja menunju lokasinya yang berada di Magetan, Jawa Timur. Dari pusat kota Magetan berjarak 16 km, sedangkan dari Tawangmangu hanya berjarak 5 km saja, jadi lebih dekat dari Tawangmangu. Lokasi ini sangat tepat dijadikan lokasi liburan bersama keluarga ataupun menenangkan diri.

Leave a Reply