Kumpulan Cerita Mistis Di Kota Blitar

Blitar adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Timur. Blitar merupakan kota tempat Bung Karno dimakamkan. Gunung Kelud yang indah juga berdiri diatas Kota Blitar. Dibalik keunikan dan keindahan kota Blitar, Blitar mempunyai cerita misteri nyata yang tersimpan di dalamnya. Apa sajakah tempat yang menyimpan cerita misteri nyata di Kota Blitar? Simak ulasannya berikut ini.

Legenda Sinden Nguri

Jembatan kereta api Nguri adalah jembatan yang dilalui kereta api di Blitar. Proses pembangunan jembatan kereta api Nguri menyimpan cerita misteri nyata di dalamnya. Menurut cerita masyarakat setempat, saat proses pembangunan jembatan, pernah ada sinden yang dijadikan tumbal untuk kelancaran proses pembangunan jembatan. Baru-baru ini ada siswa SMP di Blitar yang bunuh diri di Jembatan Nguri. Hingga kini motif siswa SMP yang bunuh diri itu belum diketahui. Namun, sebelum siswa SMP itu melakukan bunuh diri, siswa SMP itu menunjukkan sikap yang tidak biasa. Siswa tersebut jadi suka menari dan menyanyi. Namun, suara yang dikeluarkan lebih menyerupai sinden, tidak seperti suara siswa SMP kebanyakan. Siswa SMP itu juga mengatakan bahwa ia selalu ingin lewat jembatan nguri, karena banyak orang main gamelan dan banyak orang menari disana. Perubahan sikap lain yang dialami oleh siswa SMP itu adalah sikapnya yang seperti perempuan, ia sering pergi keluar dan pulang hampir dini hari, sering menyanyi lagu dangdut. Orang tua korban sempat menceritakan bahwa mereka menemukan bedak dan lipstik di tas sekolah anaknya. Sebelum bunuh diri, siswa SMP itu berlari menuju jembatan Nguri yang berjarak 1 km hanya dalam tempo 5 menit. Banyaknya keanehan yang terjadi dalam peristiwa bunuh diri ini membuat beberapa warga setempat mengaitkan motif bunuh diri siswa SMP dengan legenda Sinden Nguri.

Misteri Mata Air Tak Pernah Surut di Candi Penataran

Candi Penataran terletak di Blitar Jawa Timur. Di lingkungan Candi Penataran, ada cerita misteri nyata yaitu mata air yang tak pernah surut disana. Sekalipun musim di Indonesia sedang kemarau, air yang ada di mata air itu tak pernah surut. Mata air itu sudah ada sejak candi penataran dibuat. Air yang ada di mata air itu sudah muncul ribuan tahun lamanya. Konon, mata air yang ada di Candi Penataran merupakan mata air tempat yang digunakan untuk acara pemujaan Dewa Agung. Air suci ini merupakan tempat hidup ikan lele. Tulang belulang ikan lele ini dipercaya dapat mengabulkan permintaan apapun, seperti memberi kekayaan, awet muda. Kini tulang belulang ikan lele itu sudah tak terlihat, namun mata air ini telah menjadi tempat tinggal ikan lele yang besar. Masyarakat sekitar percaya bahwa siapapun yang membasuhkan tubuhnya di air suci akan menjadi awet muda. Tak hanya itu, bila anda melempar koin sambil menghadap ke belakang dan koin yang anda lempar berhasil masuk ke dalam kolam, maka keinginan anda dapat terkabul dengan segera.

Cerita Misteri Nyata yang ada di Blitar seperti legenda Sinden Nguri dan Misteri Mata Air yang tak pernah surut di Candi Penataran memang benar ada. Namun, sebaiknya kita lebih menyerahkan urusan kematian dan rejeki kepada Tuhan yang Maha Esa, karena segala sesuatu yang terjadi di dunia adalah atas izin Tuhan yang Maha Esa.

Leave a Reply