6 Masakan Kuliner Unik Khas Temanggung yang Wajib Dicoba

Pada dasarnya pengertian dari sebuah kuliner yaitu suatu resep masakan yang menjadi ikon atau simbol suatu daerah. Hampir setiap daerah di nusantara ini memiliki sebuah masakan yang menjadi ikon atau kulinernya. Bahkan terkadang dalam sebuah daerah di wilayah negara kesatuan republik indonesia ini memiliki lebih dari 1 macam masakan kuliner sebagai ikonnya. Salah saru daerah di negara yang terdiri atas beribu-ribu pulau dari sabang sampai merauke yaitu temangung. Di wilayah yang berada pada provinsi jawa tengah tersebut memiliki kuliner temanggung yang lezat. Bagai anda pecinta masakan khas suatu daerah, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai jenis masakan kuliner temanggung berikut ini.

Ndas Borok

Dalam bahasa jawa, ndas memiliki arti kepala dan borok berarti luka yang terdapat pada kepala akibat kutu. Akan tetapi, bagi bagi warga di daerah kabupaten temanggung, ndas borok merupakan salah satu masakan kuliner yang terkenal. Masakan khas temanggung yang satu memiliki bentuk lingkaran dan berwarna kecoklat-coklatan. Kuliner ini dibuat dari bahan singkong dan kelapa yang dihaluskan dengan cara diparut. Kemudian parutan tersebut diukus dan diatasnya diberi ditaburi dengan menggunakan gula jawa. Alhasil masakan kuliner khas kabupaten teamanggung ini memiliki citarasa manis yang nikmat di lidah.

Lento

Menu masakan khas temanggung berikutnya adalah lento. Menu makanan yang satu ini memiliki bentuk bulat. Makanan yang satu ini sama seperti lento pada umumnya yang terbuat dari parutan singkong. Akan tetapi terdapat sebuah perbedaan yang menjadikan masakan tersebut istimewa. Hidang yang berasal dari temanggung ini terbuat dari bahan dasar berupa parutan singkong yang dicampur dengan tepung dan juga kedelai. Jenis masakan kuliner temanggung bernama lento ini terdiri dari berbagai jenis tergantung campurannnya. Misalkan saja lento kedelai, lento kacang hijau, dan lain sebagainya.

Sego Urap

Sego urap atau nasi urap adalah salah satu dari sekian banyak masakan kuliner yang berasal di kabupaten temanggung. Kuliner ini terbuat dari nasi putih yang dipadukan dengan gurihnya parutan kelapa yang terdapat sedikit rasa pedas. Bahkan jenis masakan ini dalam penyajiannya sering dihidangkan dengan tempe, tahu rebus, daging ayam dan lain sebagainya. Sungguh kuliner yang membangkitkan selera makan.

Sego Gono

Masakan unik khas unik khas temanggung selanjutnya benam sego gene. Masakan yang terdiri dari nasi putih dengan tambahan sayuran buncis, daun lembayung dan kol ini terkesan sederhana. Akan tetapi sego gono ini tetap memiliki citarasa yang nikmat di lidah. Dalam penyajiannya, hidangan yang satu ini sering dipadukan dengan ikan teri, tempe, parutan kelapa, sayur-sayuran dan juga kentang.

Empis-Empis Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe termasuk salah satu bahan masakan yang sangat terkenal di wilayah negara republik indonesia. Jenis bahan makanan yang kaya akan protein ini dibuat dari bahan dasar berupa kedelai. Di kabupaten temanggung pun kedua bahan makanan tersebut sering dijadikan sebagai masakan kuliner yang bernama empis-empis tahu dan tempe. Sesuai dengan namanya, masakan khas temanggung ini terbuat dari bahan dasar berupa tahu dan tempe yang dipadukan dengan berbagai jenis bahan campuran lainnya. Dengan adanya campuran bahan tersebut, maka rasa dari masakan yang satu ini sangatlah nikmat.

Bajingan

Bajingan merupakan salah satu kuliner temanggung yang terkenal. Salah satu makanan yang berasal dari kabupaten temanggung ini terbuat dari bahan dasar berupa singkong yang dipotong dalam ukuran kecil. Singkong tersebut kemudian direbus dan di tambah dengan santan. Tidak lupa untuk menambahkan gula dalam rebusan singkong tersebut. Alhasil, makanan tersebut memiliki rasa yang manis dan nikmat dilidah.

Leave a Reply