Kuliner Unik dI Jawa Timur yang Mantab

Untuk anda yang memiliki hobi kuliner maka tentu saja anda juga tahu bahwa jawa timur memiliki kuliner unik yang siap untuk memanjakan lidah anda. Kuliner tersebut adalah makanan ringan hingga makanan berat yang biasanya sulit di temukan di tempat lain. Dan keunikan yang di sajikan di jawa timur tersebut tidak hanya dapat dirasakan berdasarkan rasanya saja namun juga tampilan dari menu tersebut memang benar benar berbeda dari menu lainnya dan bahkan nama dari menu tersebut juga sangat unik. Dan saat ini sudah banyak para pelancong yang mulai mencari informasi untuk mengetahui menu makanan di jawa timur ketika sedang mengunjungi beberapa kota yang ada di jawa timur. Untuk anda yang mungkin belum tahu makanan apa saja yang masuk dalam kategori kuliner unik jawa timur maka langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

  1. Rawon Setan

Untuk menu kuliner unik jawa timur yang pertama adalah rawon setan. Jika dilihat dari namanya saja maka anda sudah dapat menebak bahwa menu yang satu ini memiliki rasa yang pedas. Diketahui bahwa nama dari menu makanan ini diberikan karena makanan ini sering dijumpai pada malam hari yang biasanya terletak di Jl. Embong Malang di larut malam yaitu sekitar pukul 22.00. Dan karena rawon ini selalu memiliki banyak peminat maka menu ini kini juga sudah banyak ditemukan pada pukul 08.00 pagi yang lokasinya dekat dengan Tunjungan Plaza atau berseberangan dengan Hotel JW. Marriot. Menu rawon ini dijual dengan harga Rp. 34.000.

  1. Nasi Goreng Jancuk

Untuk kuliner unik jawa timur yang kedua ada menu nasi goreng jancuk. Kata jancuk yang biasanya dianggap sebagai kata kasar oleh sebagian orang luar jawa timur ini berawal dari keisengan yang dilakukan oleh chef eko ketika memasakkan teman temannya. Chef eko sengaja memasukkan cabe rawit dalam jumlah yang tidak wajar sehingga ketika teman temannya memakannya keluarlah respon dengan ucapan “Jancuk pedese cak”. Dan dari situlah kini nasi goreng pedas ini dikenal sebagai nasi goreng jancuk yang dijual dengan harga Rp. 150.000,- + 1 pitcher es teh untuk porsi 6 orang.

  1. Rujak Soto

Untuk kuliner unik jawa timur yang ketiga adalah menu rujak soto. Menu yang satu ini dapat anda temui di banyuwangi. Rujak soto ini adalah kombinasi dari menu rujak sayur dengan soto yang dapat dibuat dengan menggunakan daging atau babat. Menu rujak akan dibuat terlebih dahulu dan kemudian disiram dengan menggunakan soto. Dan menu rujak tersebut terdiri dari campuran syur dengan bumbu kacang petis dan biasanya disantap dengan minuman es temulawak. Menu ini dijual dengan harga Rp 15.000,-.

  1. Es Pleret Blitar

Untuk sajian kuliner unik jawa timur yang keempat ada es pleret blitar yang dapat dijumpai pada alun alun kota blitar. Diketahui bahwa nama dari kuliner ini diambil dari nama sesepuh yang ada di kota tersebut yang bernama Kyai Pleret. Pleret dalam menu es ini sendiri terbuat dari tepung dengan rasa gurih yang di dalamnya berisi gula dan berbentuk kubus atau bulat. Pleret ini disajikan bersama dengan dawet serta potongan serabi sehingga menambah kenikmatan dari menu ini. Menu ini di jual dengan harga Rp 2.500,-. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari kuliner unik jawa timur.

Leave a Reply