6 Kuliner Populer Khas Serang yang Paling Lezat dan Nikmat

Tiap wilayah di negara kesatuan republik indonesia ini memiliki masakan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Sebuah masakan yang menjadi ciri khusus suatu daerah biasanya disebut dengan kuliner. Masakan kuliner tiap masing-masing daerah di wilayah indonesia ini pasti berbeda-beda, mulai dari nama, bentuk, dan rasa masakannya. Bahkan terkadang suatu daerah tertentu memiliki lebih dari satu macam masakan kuliner. Salah satu daerah yang mempunyai beberapa masakan kuliner tersebut adalah serang, banten. Masakan kuliner serang ini terdiri dari berbagai menu hidangan yang nikmat dan menggoda selera. Berikut ini beberapa nama masakan kuliner serang yang memiliki rasa lezat.

Nasi Sumsum

Menu kuliner khas serang yang pertama adalah nasi sumsum. Jenis hidangan kuliner serang yang satu ini terdiri atas nasi yang dicampur dengan sumsum kerbau. Cara memasak nasi sumsum ini pun sangat unik. Masakan khas serang ini diolah dengan cara dibakar. Bahkan bumbu untuk nasi sumsum ini masih menggunakan pengolahan tradisional, yakni dengan di tumbuk. Hal ini dilakukan agar bumbu meresap dan rasanya lebih alami. Dalam penyajiannya, nasi sumsum ini biasanya ditambah dengan irisan mentimun dan tomat.

Ketan Bintul

Masakan bernama ketan bintul merupakan salah satu kuliner khas serang. Menu makanan kuliner ketan bintul ini dalam penyajian masih menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Dalam penyajiannya, masakan berupa ketan ini dinikmati dengan campuran serundeng. Cara pengolahan ketan bintul pun cukup sederhana. Nasi ketan hanya dibungkus daun pisang yang kemudian dikukus sampai matang. Untuk urusan rasa, ketan bintul ini sangatlah nikmat. Rasa masakan ketan khas serang ini begitu legit dan gurih di lidah.

Sate Bandeng

Kuliner serang selanjutnya bernama sate bandeng. Hidangan yang berbahan dasar ikan bandeng ini adalah sebuah ide dari sultan banten pada abad ke-16. Menu masakan berbahan ikan ini memiliki cita rasa yang nikmat. Bahkan rasa asli dari ikan bandeng ini tersamarkan dengan sedapnya bumbu yang diberikan pada kuliner yang satu ini. Uniknya lagi, olahan daging ikan bandeng ini disajikan tanpa duri, sehingga para penikmat kuliner ini tinggal menyantapnya.

Nasi Belut

Ragam kuliner daerah serang berikutnya bernama nasi belut. Sesuai dengan namanya, masakan kuliner ini dalam penyajian berupa nasi yang dihidangkan dengan daging belut goreng yang nikmat. Agar belut terasa lebih nikmat, dalam pengolahannya biasanya di tambahkan bumbu rempah-rempah. Sealain hal tersebut, tulang dari belut ini terasa sangat empuk atau lunak. Hal ini dikarenakan saat jeroannya dibersihkan, belut-belut tersebut dikeprek, sehingga tulangnya menjadi hancur.

Rabeg Banten

Rabeg banten adalah salah satu ikon dari kuliner khas serang provinsi banten. Masakan jenis ini merupakan hasil olahan dari jeroan dan daging kambing yang dipadukan dengan kayu manis, pala, daun jeruk dan serai. Rasa yang dihasilkan oleh olahan daging kambing dan jeroannya ini begitu gurih dan manis. Masakan khas yang satu ini biasanya dihidangkan sangat acara pernikahan, khitanan dan berbagai acara lainnya.

Nasi Uduk Serang

Kuliner serang berikutnya yaitu nasi uduk serang. Masakan yang satu ini juga menjadi ciri khas dari daerah serang, banten. Menu hidangan berupa nasi uduk ini banyak di jumpai ketika pagi hari. Hal ini dikarenakan menu hidangan tersebut banyak dinikmati oleh para pekerjaan maupun anak sekolah yang akan berangkat beraktifitas. Dalam penyajiannya pun menu ini tergolong sangat sederhana. Hidangan nasi uduk serang ini hanya terdiri dari nasi uduk, tempe goreng, sayur tempe, bakwan dan telur yang terasa pedas.

Leave a Reply