Kuliner Pekalongan, Rasanya Dijamin Bikin Kamu Kangen!

Kabupaten Pekalongan ternyata tidak hanya terkenal akan batiknya, tetapi juga kulinernya. Para wisatawan ini memang selain untuk berwisata karena keindahan alam Pekalongan yang indah, mereka juga akan berburu kuliner Pekalongan yang terkenal menggoyang lidah dan rasanya ngangenin. Nah, sebenernya apa aja sih kuliner khas Pekalongan yang dijamin enaknya dan ngangenin rasanya? Berikut ini beberapa kuliner khas Pekalongan yang bisa anda nikmati.

Kuliner Pekalongan yang rasanya ngangenin

  1. Nasi Megono

Nasi megono bisa dibilang kuliner Pekalongan yang paling hits. Disebut juga sego megono, makanan ini merupakan nasi liwet yang lengkap dengan lauk pauknya yang mendampingi nasi ini. Biasanya lauk pauknya berupa urap nangka muda (lauk utamanya), telur balado, orek tempe, sayur lodeh dan daging. Lebih lengkap lagi kalo kita nikmati bareng sama tempe mendoan, sambel terasi dan ikan asin. Udah kebayang kan nikmatnya?

  1. Tauto atau soto tauco

Merupakan soto khas asal Pekalongan. Soto ini bisa dibilang sebagai kuliner Pekalongan yang unik karena rasanya perpaduan dari rasa yang khas tauco, manis, pedas dan segar. Uniknya terletak pada penggunaan tauco sebagai penyedap utamanya. Isi dari soto tauco ini terdiri dari daging sanding lamur, telur rebus, emping, bihun, bawang goreng, seledri dan jeruk nipis. Isi dari soto ini kemudian disiram kuah panas soto yang memiliki rasa yang unik. Rasanya pasti enak banget deh.

  1. Pimdang tetel

Kalo kamu akrab dengan pindang bandeng, kuliner Pekalongan ternyata punya pindangnya sendiri, yaitu pindang tetel. Kuliner ini akan terasa enaknya karena terdapat tetelan daging sapi dan aromanya harum karena ada irisan daun bawangnya. Bumbu yang dipakai adalah bumbu kluwak yang dicampur dengan rempah-rempah lain. Kuliner ini biasanya dilengkapi dengan kerupuk warna-warni yang digoreng dengan pasir.

  1. Lontong leprak

Kuliner ini dinamakan lontong lemprak karena cara menikmatinya dengan duduk lesehan atau dalam bahasa Jawa disebut ‘ngelemprak’. Satu porsi lontong lemprak ini disajikan bersama opor yang menggunakan ayam kampung, atau bisa ditambahkan juga ayam goreng. Makanan ini dilengkapi dengan kuah yang dibuat dari rempah khas Indonesia.

  1. Kluban

Makanan ini sama dengan urap di daerah lain, isinya ada kacang panjang, kol, tauge, bayam dan kangkung. Kluban ini biasanya dijual pada malam hari, dan terdapat pada saat lebaran.

  1. Garang asem

Makanan khas Pekalongan ini bisa dibilang makanan yang cukup mewah, bahkan beberapa restoran di Jakarta menyediakan menu ini dengan harga yang lumayan mahal. Garang asem ini terbuat dari tetelan aging sapi yang disiram dengan kuah yang rasanya asam. Kuah garang asem ini biasanya dilengkapi dengan potongan tomat. Selain tetelan, biasanya terdapat jeroan sapi, daging sapi ataupun telur ayam. Garang asem ini akan lebih segar bila disantap dengan rasa yang pedas.

  1. Kue Lumpang

Kue khas Pekalongan ini sangat cocok jika disanta untuk makanan ringan dan sebagai makanan pembuka. Kue ini berbentuk bulat seperti kue mangkok dan berwarna hijau. Kue ini terbuat dari gula jawa yang dipadukan dengan daun pandan dan ditambahi dengan taburan kelapa.

  1. Keripik tahu

Makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Pekalongan ini berbeda dengan keripik tempe yang teksturnya lebih keras. Keripik tahu ini lebih renyah dan lezat. Merupakan oleh-oleh favorit dari Pekalongan.

Sebenarnya masih banyak lagi kuliner Pekalongan yang bisa kamu coba. Ingat ya! Jangan lupa coba makanan ini jika berkunjung ke Pekalongan.

Leave a Reply