Kuliner Pedas Salatiga yang Wajib Untuk Anda Coba

Kuliner merupakan hal pertama yang dicari ketika kita berkunjung ke suatu tempat. Terlebih lagi setiap tempat pasti memiliki khas kulinernya masing-masing dengan cita rasa yang unik. Banyak kota di Indonesia yang menyuguhkan kuliner dengan cita rasa yang sangat nikmat. Apalagi kuliner pedas yang akan menggoyang lidah ketika kita santap. Berbicara kuliner pedas, anda tentu sudah cukup banyak menyantap beragam jenis kuliner pedas dari kota-kota yang berbeda yang anda kunjungi. Apakah anda juga sudah mencoba kuliner pedas yang ada di kota Salatiga? Salatiga sendiri merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Tengah. Di sana banyak juga beragam jenis kuliner khas yang dapat anda coba, termasuk kuliner pedas Salatiga ini.

Berbagai Macam Kuliner Pedas Salatiga

  1. Sate Sapi Suruh

Sate memang merupakan salah satu menu khas yang dimiliki oleh beberapa daerah di Indonesia. Selain sate maringgi yang terkenal di daerah Purwakarta, ada juga sate sapi suruh yang terkenal di daerah Salatiga. Sate ini merupakan salah satu menu yang cukup diminati karena cita rasanya yang nikmat dan lezat tentunya. Rasa manis, pedas dan juga gurih menjadi sensasi dari cita rasa sate sapi suruh ini yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu sate ini juga memiliki tekstur yang lembut dan juga empuk. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang mengalami proses perendaman yang diolah dengan menggunakan jeruk nipis kemudian ditutupi daun pepaya. Anda bisa mengunjungi dan datang ke kios yang berlokasi di dekat Polsek Pasaraya 2 jalan jenderal sudirman, Salatiga.

  1. Pecel Keong Mbak Toen Muncul

Menu pecel keong mbak Toen Muncul ini merupakan salah satu kuliner pedas Salatiga yang bisa anda temui di Jalan Raya Muncul 25 Desa Rowoboni (jalur alternatif Salatiga-Ambarawa). Keong ini dimasak menyerupai oseng-oseng pedas dengan aroma jahe yang sangat kuat. Selain itu juga menggunakan banyak bumbu yang digunakan pada pembuatan menu makanan ini, yaitu jahe, cabe, kemiri, kunyit dan juga kecap. Daging keong ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan kerang, namun lebih kenyal lagi. Selain itu, menu makanan ini juga memiliki manfaat yang mana katanya dapat menghilangkan rematik.

  1. Gudeg Koyor Bu Jono Reksa

Menu gudeg koyor sangat banyak dijumpai di Salatiga, namun yang paling terkenal adalah gudeg koyor Bu Jonoo Reksa. Lokasi dari gudeg koyor Bu Jono Reksa ini terletak dibelakang eks gedung bioskop Reksa. Koyor dari Bu Jono Reksa ini memiliki tekstur yang tidak banyak mengandung minyak atau berlemak dan juga lebih padat. Selain itu koyor ini juga dimasak semacam gulai ala Padang yang menggunakan kuah santan dengan warna kekuningan. Dalam menu makanan ini diberi cabai rawit utuh yang dapat anda gerus jika ingin menambah rasa pedas. Namun sebenarnya gulai ini pun sudah memiliki rasa pedas yang mantap tanpa perlu ditambah gerusan cabai.

  1. Tongseng Kambing Pak Mahmud

Tongseng kambing pak Mahmud ini merupakan salah satu menu makanan pedas Salatiga yang cukup banyak diminati. Kambing biasanya memiliki aroma yang cukup menyengat, namun di tempat ini bau prengus kambing sama sekali tidak tercium. Untuk tingkat pedas dari tongseng pak Mahmud ini pun bisa menyesuaikan dengan selera pelanggan. Sehingga untuk anda penyuka pedas, anda dapat meminta tingkat pedas yang mantap. Tongseng kambing pak Mahmud ini buka mulai pukul 18.00 sampai habis.

Inilah empat menu kuliner pedas Salatiga yang sangat wajib untuk anda coba ketika berkunjung ke kota Salatiga ini. Keempat menu makanan pedas Salatiga ini cukup populer dan banyak dikenal masyarakat sekitar, sehingga anda akan lebih mudah untuk menjumpainya. Anda pun pasti akan ketagihan dengan cita rasa kuliner di Salatiga ini, khususnya bagi anda penyuka kuliner pedas. Jangan lupa untuk mengunjungi dan mencicipi kuliner-kuliner ini ya.

Leave a Reply