Kuliner Pati yang Wajib di Cicipi

Jika anda singgah atau berkunjung di kota pati, jangan lupa mencicipi makanan-makanan khas dari pati yang penuh dengan cita rasa maknyus. Berbagai macam kuliner pati sering menjadi buruan pecinta kuliner dari berbagai negara dan daerah yakni turis asing maupun local. Dengan ciri khas masakan yang sedikit manis ini yang membedakan kuliner khas pati dengan kuliner daerah lain. Hal ini menambah deretan ragam kuliner Indonesia yang menggugah selera para pecinta kuliner. Berikut macam kuliner yang bias Anda nikmati saat berkunjung ke kota Pati dan sekitarnya.

Nasi Gandul

Salah satu makanan khas kota Pati yang sangat popular bagi lidah pecinta kuliner yaitu Nasi Gandul. Makanan yang satu ini memiliki kombinasi rasa manis dengan irisan daging dan kuah santan yang kental sehingga menjadikan kuliner yang satu ini sebagai kuliner yang paling diminati saat berkunjung di Kota Pati. Ciri khas dari makanan ini yaitu dihidangkan dengan menggunakan daun pisang sebagai alas pada piringnya. Tidak hanya itu saja daging yang digunakan pun harus dari daging kerbau ataupun sapi.

Soto Ayam Kemiri

Selain nasi gandul, ada juga makanan khas lain yang juga bias dinikmati saat kita berkunjung atau sekedar mampir ke Kota Pati yaitu Soto Kemiri. Kuliner Pati yang satu ini memang memiliki kombinasi seperti soto pada umumnya. Perbedaan dari soto ini hanya terdapat pada rasanya saja. Namun yang pasti daging pada soto ini berasal dari ayam kampung. Rasa gurih yang terasa pada kuahnya pun sangat menggugah selera. Dengan aroma kemiri yang begitu kuat dengan suwiran ayam serta tauge pada kuliner ini banyak diburu oleh para wisatawan. Tidak hanya wisatawan local saja melainkan juga wisatawan asing. Hal yang menonjol dari kuliner ini adalah kuahnya yang encer dan juga aroma kemiri yang begitu kuat.

Petis Kambing Runting

Sesuai namanya, makanan petis kambing runting berasal dari desa Runting yang berada di daerah Kota Pati. Makanan yang satu ini diolah dari daging kambing yang tampilannya hampir mirip dengan gulai kambing. Tidak hanya itu saja, kuahnya juga memiliki warna kecoklatan yang sama dengan gulai kambing. Kuahnya pun memiliki tekstur yang kental tetapi dengan rasa yang lebih terasa pada bumbunya. Kuliner dari kota Pati ini merupakan campuran dari tepung beras kasar yang disangrai. Tentunya cita rasa dari kuliner yang satu ini tidak kalah dengan kuliner lainnya.

Gethuk Runting

Selain makanan yang bisa dikombinasikan dengan nasi, ada juga makanan ringan yang bisa menjadi salah satu camilan atau jajanan yang bias dinikmati bersama keluarga. Salah satu makanan khas Pati yang juga banyak diburu oleh pecinta kuliner adalah Gethuk runting. Makanan ini terbuat dari singkong yang sudah direbus lalu ditumbuk sampai halus kemudian di taburi dengan parutan kelapa atau bias juga dengan parutan kelapa yang sudah disangrai. Ada beberapa orang yang juga menikmati makanan ringan ini dengan gula dan juga disantap bersama dengan kopi hitam saat bersantai.

Sego Tewel

Dari beberapa makanan khas pati, Sego tewel menjadi salah satu makanan yang mudah dibuat dan sekarang ini sudah jarang ditemui. Hanya pada beberapa daerah saja Anda bias menemukan makanan yang satu ini. Kuliner ini berasal dari buah nangka muda atau orang jawa menyebutnya tewel. Nah itulah beberapa kuliner pati yang bias Anda coba saat berkunjung ke kota Pati Bumi Mina Tani.

Leave a Reply