Kuliner Kudus yang Akan Menggoyang Lidah Anda

Setiap kita berkunjung ke suatu tempat, kuliner merupakan sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Terlebih lagi kuliner setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda dengan olahan yang juga berbeda tentunya dengan daerah lainnya. Salah satu tempat yang akan dibahas kulinernya di sini adalah Kudus. Kudus sendiri ternyata juga memiliki deretan kuliner yang cukup menarik. Banyak kuliner yang nikmat dan tentu akan menggoyang lidah anda ketika mencoba kuliner Kudus. Oleh karena itu, berikut ini beberapa kuliner khas Kudus yang tidak boleh anda lewatkan dan sangat direkomendasikan untuk anda coba ketika berkunjung ke sana.

Beberapa Deretan Kuliner Kudus Yang Harus Dicoba

  1. Lenthog Tanjung

Lenthog tanjung ini merupakan salah kuliner yang akan anda temui ketika berkunjung ke Kudus. Lenthog ini adalah lontong yang mana penjualnya dulu berasal dari Tanjung sehingga dinamai dengan Lenthog Tanjung. Keunikan dari lontong ini adalah ukurannya yang sebesar betis orang dewasa. Lenthog Tanjung ini biasanya digunakan sebagai menu untuk sarapan yang terdiri dari 3 bahan yaitu lontong yang dipotong kecil-kecil, sayur gori dan juga lodeh tahu.

  1. Garang Asem Kudus

Menu kuliner yang satu ini bisa anda temui di pintu gerbang utama Kudus. Warung garang asem ini sangat terkenal di kota Kudus ini. Garang asem itu sendiri adalah sejenis lauk yang dimasak dengan dikukus menggunakan daun pisang. Ada garang asem yang dibuat dari ayam yang disuwir kecil, ada juga yang dibuat dari jeroan ayam, ikan maupun tahu. Garang asem ini memiliki cita rasa asam pedas yang dihasilkan dari tomat hijau dan juga potongan cabe.

  1. Soto Kudus

Soto yang terkenal sebagai kuliner Kudus adalah soto Kudus. Soto khas Kudus ini berbeda dengan soto yang ada di daerah lainnya. Soto Kudus ini ada dua macam, yaitu soto ayam dan juga soto kerbau. Awalnya soto Kudus ini dibuat dari daging kerbau karena konon katanya dulu penyembelihan sapi dilarang oleh Sunan Kudus karena untuk menghargai pemeluk agama Hindu yang mendominasi daerah Kudus saat itu. Isi dari soto Kudus ini pun tidak sebanyak isi soto dari daerah-daerah lainnya yaitu irisan kol, tauge, taburan bawang goreng dan seledri. Cita rasanya juga khas manis gurih.

  1. Sate Kerbau

Di kota Kudus, sate kerbau lebih mudah ditemui daripada sate daging sapi. Selain itu, menu kuliner dari Kudus ini juga merupakan menu favorit masyarakat di sana. Sate kerbau ini pun memiliki tekstur tidak keras karena pembakaran satenya tidak terlalu lama. Selain itu, pengolahan daging kerbau ini pun dicincang lebih dulu lalu dimemarkan baru kemudian dibumbui dan dimasak. Baru setelah itu didiamkan beberapa jam kemudian ditusuk dan baru dibakar. Sate kerbau ini disajikan dengan bumbu yang dibuat dari kacang tanah, serundeng, bawang merah, bawang putih dan juga kentang yang dihaluskan.

  1. Pecel Pakis

Menu kuliner yang satu ini juga merupakan salah satu menu khas Kudus yang berasal dari Desa Colo. Bahan dari pecel ini menggunakan sayuran daun pakis dan bahan lainnya seperti tauge dan juga kacang panjang. Konon katanya, pecel pakis ini awalnya dibuat oleh salah seorang warga yang dulu adalah juru masak di Keraton Solo Colo. Namun setelah tidak menjadi juru masak di Keraton, kemudian ia membuka warung pecel pakis ini di daerahnya.

Inilah 5 kuliner Kudus yang cukup unik dan juga memiliki cita rasa yang tentu tidak kalah nikmat dengan kuliner yang ada di daerah lainnya. Apalagi sate kerbau ini merupakan menu kuliner yang sangat jarang kita temui, terkecuali di daerah Kudus ini. Jadi, untuk anda yang berkunjung ke kota Kudus ini, jangan sampai melewatkan menu-menu kuliner yang unik dan juga menarik untuk dicoba. Bukan hanya bahan yang digunakan yang berbeda dengan kuliner pada umumnya yang membuat kuliner dari Kudus ini menarik. Namun juga pengolahannya yang cukup unik.

Leave a Reply