Kuliner Khas Salatiga yang Wajib Anda Coba

Salatiga merupakan salah satu kota yang terletak di jawa tengah yang memiliki cukup banyak ragam kuliner yang menggugah selera anda. Untuk datang sampai kekota ini, anda hanya butuh waktu perjalanan sekitar 1.5 hingga 2 jam dari pusat kota semarang. Oleh karena itu, jika anda mengunjungi kota ini, rasanya ada yang kurang jika anda tidak mencari Kuliner khas salatiga yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh saat pulang. Berbagai masakan juga bisa anda jumpai disini yang tentunya memiliki cita rasa unik yang mampu menggiurkan lidah saat anda mencicipi makanan tersebut.

5 Kuliner khas Salatiga yang wajib anda cicipi

Berikut ini ada 5 menu khas salatiga yang wajib anda cicipi saat anda datang ke salatiga. Salah satu alasan mengapa anda perlu mencicipinya adalah karena makanan tersebut bisa dibilang hanya bisa ditemukan di salatiga sehingga anda wajib mencicipinya. Inilah beberapa kuliner yang wajib anda cicipi saat disalatiga.

  1. Sate Sapi Dan Bakso Suruh

Kuliner pertama yang wajib anda coba adalah sate dan bakso suruh. Warung ini sudah beroperasi sejak tahun 1987 dimana sate yang berasal dari desa Suruh ini menyediakan berbagai hidangan sate daging sapi yang empuk dan beraroma lezat. Sate sapi ini dibalut dengan berbagai aneka bumbu dan rempah seperti kunyit, kencur, kayu manis dan berbagai rempah lainnya membuat cita rasa sate sangat khas dan digandrungi oleh banyak orang setelah mencicipi masakan ini. Oleh karena itu, tidak heran jika warung ini tidak pernah sepi dari pembeli karena menu masakannya yang cukup lezat.

  1. Gecok Kambing Mbah Tini

Sedangkan Kuliner khas salatiga yang kedua yang perlu anda coba adalah Gecok Kambing Mbah Tini. Menu ini bisa anda dapatkan didaerah Tlogo Tuntang, Salatiga yang menjadi pusat dari menu Gecok Kambing. Namun,  di warung Gecok kambing Mbah tini, anda akan menemukan cita rasa yang agak berbeda jika dibandingkan dengan diwarung-warung lain. Untuk anda yang belum tahu apa itu Gecok Kambing, menu ini pada dasarnya terbuat dari daging kambing yang dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah. Karena memiliki berbagai rempah-rempah, maka menu ini pun memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas.

  1. Nasi Kucing Senjoyo Pak Sus

Sedangkan kuliner khas lain yang bisa anda cari adalah nasi kucing senjoyo pak sus yang merupakan sebuah warung lesehan namun selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang. Meskipun menu yang disajikan disini cukup sederhana seperti sajian khas angkringan seperti sego kucing, aneka sate, dan berbagai gorengan tersaji di warung ini. Walaupun terlihat sederhana, cita rasa yang disajikan disini sangat spesial dan membuat banyak orang ketagihan sehingga banyak yang datang kesini.

  1. Waroeng Goenoeng Kopeng

Untuk kuliner salatiga lain yang bisa anda cicipi adalah menu-menu di waroeng goenoeng kopeng. Disni, anda akan mendapatkan berbagai menu masakan khas indonesia khususnya yang berasal dari salatiga. Beberapa makanan favorit yang ada di restoran ini adalah aneka hidangan iga dan menu lainnya seperti timlo solo, nasi goreng jagung, ayam gongso dan lain sebagainya. Dengan bumbu khas salatiga, sajian yang anda dapatkan akan menggugah selera dan akan membuat anda ketagihan untuk menicipi lagi.

  1. Soto Estolatiga Kuliner khas salatiga

Untuk masakan yang terakhir, anda bisa mencoba untuk mencicipi soto esto yang hanya bisa ditemukan di Salatiga. Soto dengan kuah santan yang ringan dan tidak terlalu pekat bisa anda coba pada hidangan ini. Yang menjadi salah satu Kuliner khas salatiga adalah cara penyajiannya dimana soto ini disantap dengan kerupuk beras yang sering disebut karak. Soto ini juga bisa disantap dengan berbagai sate jerohan yang akan menambah lidah anda semakin bergelora ingin mencicipi kuliner ini.

Leave a Reply