Kuliner Khas Purwokerto yang Membuat Lidahmu Menari

Menjelajah suatu daerah tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Termasuk dari daerah Purwakarta yang tentunya memiliki makanan khasnya sendiri. Jika kalian memang sedang berkunjung atau sedang merencanakan untuk berkunjung ke kota ini, bisa banget tuh mencicipi berbagai kuliner Purwakarta berikut ini.

Daftar kuliner khas di Purwakarta

Sama seperti kota-kota di Jawa Barat lainnya, Purwakarta tentunya memiliki kuliner khasnya sendiri. kuliner khas Purwakarta selain berupa makanan berat, kalian juga bisa menemukan aneka cemilan yang bisa kalian bawa sebagai oleh-oleh untuk orang-orang di rumah.

Berikut adalah kuliner Purwakarta yang sangat kami rekomendasikan untuk kalian coba, yaitu:

  1. Sate Maranggi

Sate maranggi masih menjadi kuliner primadona khas Purwakarta. Rasanya yang nikmat membuat sate ini dikenal seantero nusantara. Tekstur dagingnya yang empuk serta terdiri dari berbagai macam bumbu seperti irisan tomat, kecap, dan cabai hijau. Daging yang disajikan adalah daging ayam, kambing atau sapi yang dibakar hingga renyah. Untuk satu porsi sate maranggi juga cukup murah, hanya 40 ribu untuk satu porsinya dan dengan harga 4 ribu per tusuknya.

  1. Ayam goreng Sajolna

Saat berkunjung ke Purwakarta, rasanya tidak lengkap jika kalian tidak mencoba ayam goreng sajolna ini. Ayam goreng kampung ini digoreng setengah matang lalu disantap dengan sambal dadak yang memiliki rasa pedas dan dihidangkan diatas cobek yang terbuat dari tanah liat. Rasanya akan lebih nikmat apabila disajikan dengan nasi panas dan lalapan yang segar.

  1. Colenak

Kuliner Purwakarta yang harus anda cicipi selanjutnya adalah colenak. Colenak ini terbuat dari bahan peyeum atau tape yang dibakar, lalu ditambahkan bumbu manis yang terbuat dari gula merah dan kelapa yang disangrai. Rasanya manis dan gurih.

  1. Soto Sadang

Soto ini ada dua jenis, yaitu soto sadang kuah bening dan soto sadang kuah santan. Kalian bisa mengkombinasikannya dengan daging sapi atau daging ayam. Sekilas memang soto sadang santan ini mirip dengan soto betawi.

  1. Surabi kedai Koka

Surabi di tempat ini memiliki rasa yang enak dan gurih. Hidangan yang disajikan juga memiliki banyak varian, kalau untuk surabi manis terdiri dari rasa keju susu, cokelat, susu hingga spesial. Kalau untuk surabi asin tersedia rasa telur keju, ayam, oncom spesial, telur, ayam keju, sosis dan sebagainya. Makanan ini cocok untuk cemilan.

  1. Peyeum Bendul

Ini merupakan oleh-oleh yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu bertandang ke Purwakarta. Peyeum bendul merupakan makanan khas Purwakarta yang terbuat dari tape singkong dan digantung jadi terlihat mencolok dari jauh. Rasanya enak dan nikmat saat disantap.

  1. Simping

Merupakan camilan yang terbuat dari adonan tepung terigu dan tepung tapioka yang dibuat dengan cara dipanggang menggunakan cetakan. Dahulu simping hanya memiliki satu varian rasa saja, namun kini ada rasa bawang, pisang, nangka, pandan, coklat stroberi sampai rasa keju. Varian rasa ini bisa dibedakan sesuai dengan warnanya. Makanan khas ini bisa kamu beli dengan harga 5 ribu hingga 10 ribu saja.

  1. Es ciming

Es ini hampir sama dengan es campur namun memiliki sesuatu yang khas. Yaitu es ini mencampurkan cendol buatan sendiri yang terbuat dari hun kue kualitas super yang didatangkan dari Bandung. Es ciming ini harganya juga sangat terjangkau. Hanya 11 ribu per porsinya.

Itulah 8 kuliner Purwakarta yang kamu harus coba jika kamu sedang berkunjung ke kota ini.

Leave a Reply